Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Tak Terduga! Ini 6 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Manusia

Jasa penulisan artikel – Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan yang ada pada manusia dalam memandang suatu hal dengan sudut pandang yang berbeda. Setiap manusia lahir dengan kemampuan ini, hanya saja pertumbuhan dalam lingkungannya membuat kemampuan tersebut menjadi menurun. 

Meski begitu, Anda tetap perlu mengasah kemampuan berpikir kreatif. Berikut ini 6 cara untuk berlatih berpikir kreatif:

Membekali Diri dengan Pengetahuan

Pengetahuan yang luas merupakan modal awal untuk dapat berpikir kreatif. Pasalnya dengan bekal pengetahuan luas, Anda dapat memandang suatu hal dalam perspektif yang berbeda. 

Contohnya saat membaca buku, Anda akan mengetahui perspektif penulis dalam menguraikan gagasannya. Hal itu akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kreatif.

Menulis

Anda dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif melalui media menulis. Bagaimana itu bisa terjadi? Jawabannya ada pada proses menuangkan pikiran kedalam tulisan. 

Hal itu terasa cukup sulit untuk dilakukan pertama kali. Namun, jika terbiasa dengan hal tersebut maka menulis juga bukan hal yang menyulitkan. Dengan menulis, Anda akan mengalami proses imajinasi yang dapat meningkatkan daya berpikir kreatif.

Menonton Film

Menonton film sebenarnya secara tidak langsung manusia mulai mengaktifkan daya imajinasinya. Dengan menonton film secara berkala, daya kreatif pun akan terasah melalui proses imajinasi manusia itu sendiri. 

Anda akan dapat menyelami cerita dan imajinasi dari penulis ceritanya. Selain itu, Anda mungkin akan menebak-nebak bagaimana akhirnya dan akhirnya akan mendapatkan plot twist yang tak terduga.

Baca juga: Mengapa Harus Mulai Membuat Website Pribadi? Ini Alasannya

Memilih Makanan yang Sesuai

Dalam meningkatkan daya berpikir, asupan nutrisi cukup berperan penting dalam memelihara Kesehatan otak. Beberapa kandungan dalam makanan seperti Omega 3 sangat baik untuk membantu Anda berpikir kreatif.

Omega 3 dapat Anda temukan pada bahan makanan seperti ikan laut atau beberapa suplemen. Selain omega 3, beberapa gandum juga memiliki kandungan antioxidant yang sangat baik untuk tubuh.

Pergi Berlibur Saat Memiliki Waktu Luang

Dengan berlibur ke beberapa wilayah yang memiliki karakteristik berbeda dengan wilayah Anda juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Dalam hal ini,  bertemu beberapa orang dan belajar tentang budaya setempat akan membuka cakrawala berpikir menjadi lebih luas. 

Anda akan belajar memahami sudut pandang orang lain. Dengan begitu meningkatkan daya berpikir menjadi lebih kreatif.

Berpegang pada Prinsip Diri 

Banyak tokoh besar mengakui berpikir kreatif bukan berarti harus menciptakan sesuatu yang benar-benar baru dan orisinil. Berpikir kreatif merupakan sebuah kemampuan mengasosiasi informasi yang sudah pernah didapatkan sebelumnya sebagai sebuah inspirasi. 

Kemudian manusia merangkai inspirasi yang telah mereka dapatkan untuk menjadi sebuah ide baru. Prinsip sederhana ini perlu terpatri dalam diri dalam memulai berpikir kreatif. 

Istilahnya adalah ATM atau amati, tiru, dan juga modifikasilah cara sukses orang lain. Jadi, dengan menyesuaikan berdasarkan karakteristik pribadi, strateginya pun akan lebih tepat sasaran. Ditambah lagi, Anda pun bisa makin kreatif.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari sebuah gagasan yang benar-benar baru. Anda hanya perlu berpegang pada apa yang telah dipelajari sebelumnya. Setelah itu, mulailah untuk menyusun ide kreatif tersebut.

Itulah 6 cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif manusia. Beberapa cara tampak mudah dan mungkin telah menjadi kebiasaan sehari-hari. 

Oleh karena itu, berpikir kreatif tidak hanya milik orang-orang yang kreatif. Anda juga bisa, hanya memerlukan beberapa latihan dan belajar lebih giat lagi untuk meningkatkatkan diri.