Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Siapa Sangka, 6 Kesalahan Marketing di Sosial Media Ini Bisa Berakibat Fatal

Jasa penulis artikel – Pada era digital seperti sekarang, memuat marketing di sosial media bukanlah hal yang aneh dilakukan. Bahkan, memasarkan produk di sosial media dianggap lebih efisien dan praktis supaya menggaet lebih banyak pembeli maupun peminat, sekaligus sebagai alternatife supaya brand yang dijual kian banyak yang mengetahui. Kali ini kita akan membahas kesalahan marketing di sosial media.

Berbagai platform pun sudah dibuat demi menunjang pemasaran lewat online atau marketing di sosial media. Contohnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per-satu. 

Kesalahan Marketing di Sosial Media Saat Menawarkan

Namun, tentu saja marketing di media sosial sendiri bisa berdampak buruk dan tidak mendapat hasil yang maksimal apabila masih ada kesalahan dalam pelaksanaannya. Apa sajakah kesalahan tersebut? Simak beberapa poin berikut ini:

Tidak Mendengar saran atau masukan dari audiens

Kesalahan paling mendasar yang paling sering dilakukan para pelaku mitra marketing di media sosial adalah tidak mau mendengarkan saran atau bahkan kritikan yang diberikan pengguna. Sebenarnya, kritik atau bahkan saran bisa jadi dapat membantu supaya produk yang ditawarkan lebih berkembang lagi.

Bahkan sebuah saran bisa sekalian membuat riset lebih dalam melalui sudut pandang pengguna terhadap produk Anda sendiri. Ya,  sosial media adalah sarana yang sangat tepat untuk melakukan komunikasi secara real-time antara pelaku marketing dengan pengguna. 

Menjalin komunikasi dengan baik bersama pengguna pun dapat membuat mereka nyaman dan bisa menaikkan kepuasan mereka terhadap pelayanan marketing Anda. Ingat, fokuslah pada audiens, karena penilaian dan tanggapan mereka akan sangat berarti untuk bisnis Anda kedepannya.

Memposting Konten yang Sama Berulang Kali di Beberapa Platform

Konten sama yang muncul terus-menerus di satu platform akan membuat calon pembeli merasa jenuh. Apalagi jika postingan yang disuguhkan sama sekali tidak menggugah, justru membosankan dan membuat jenuh. 

Maka, buatlah konten sebagus dan sekreatif mungkin, postinglah di beberapa platform dengan konten berbeda. Mempostingnya dua platform berbeda dengan satu konten serupa, tidak berarti akan menghasilkan sesuatu yang sama pula. Karena itu, usahakanlah untuk membuat konten yang berbeda di setiap platform yang Anda miliki.

Jangan Membeli Ketenaran

Pernah dengar istilah jual-beli followers? Itu bukan hal aneh lagi mengingat sekarang banyak sekali yang menyediakan jasa tersebut untuk membuat akun bisnis Anda tampak besar secara instan. Namun, ternyata hal tersebut bukan hal yang dianggap efisien untuk mempertahankan pamor marketing Anda.

Ketenaran yang didapat secara pasif tidak akan bertahan dengan masif. Hal tersebut, selain bisa membuat Anda merugi, juga dapat mengakibatkan penghapusan akun secara permanen karena dianggap ilegal, tidak sah.

Menggunakan Banyak Tag yang Tidak Sesuai dengan Produk

Kesalahan lain yang sangat mengganggu adalah penggunaan hashtag yang terlalu banyak. Namun tidak dalam penempatan yang benar demi mendapat trending di sosial media. 

Cara ini mungkin memang membuat postingan Anda dilihat banyak orang, tetapi hal tersebut bisa sangat mengganggu  khususnya apabila hastag yang disediakan tidak sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Baca juga: Simak! Inilah Definisi Google Trends dan Cara Mengoperasikannya 

Kurang Mendalam Melakukan Analisis

Hal ini dapat menjadi fatal apabila tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Bisa-bisa bisnis Anda tidak berkembang dan tetap jalan ditempat jika tidak melakukan analisis secara menyeluruh. 

Khususnya pada setiap konten atau postingan yang dikirim. Tanggapan audiens juga berpengaruh besar dalam proses improvement marketing di sosial media milik Anda. 

Perhatikanlah setiap penurunan atau kenaikan pada metode pemasaran yang Anda lakukan, buat analisis, teliti lebih dalam, supaya Anda tahu dimana letak kurangnya marketing yang tengah digeluti.

Tidak Kreatif dalam Membuat Postingan

Memang sekilas terdengar sepele, namun sebenarnya postingan yang menarik dengan desain kreatif cenderung disukai karena tampak lebih menarik dan memikat ketimbang konten dengan template biasa saja yang tampak monoton dan biasa-biasa saja. 

Maka, buatlah konten atau postingan semenarik mungkin, namun ingat! Selalu sesuaikan dengan konten yang dipilih. Informasi dan pesan dalam postingan juga sangat penting supaya calon pembeli bisa mengetahui apa yang dapat Anda berikan untuk mereka jika bermitra nanti.

Itulah beberapa kesalahan dalam marketing di sosial media yang sering dijumpai. Semoga, Anda sekalian dapat menjalankan bisnis online dengan baik berkat saran di atas, ya!