Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner!
Tips Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner!

Jasa Penulis Artikel Tercepat – Digital marketing untuk bisnis kuliner memerlukan beberapa komponen penting dalam pembuatan konten serta apa pun yang dapat menarik perhatian pelanggan untuk menerima jasa Anda. Berikut adalah tips dan apa-apa mengenai kiat sukses dalam digital marketing:

Tips Sukses dalam Digital Marketing Kuliner

Berikut adalah beberapa tips digital marketing bidang kuliner:

Optimalkan Penggunaan Internet

Jumlah orang yang mengakses internet semakin banyak. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat bahwa ada sekitar 171 juta penduduk Indonesia yang mengakses internet.

Angka ini setara dengan 64,8% keseluruhan memulai bisnis bagi penduduk Indonesia. Dengan jumlah pengguna sebesar itu, tak mungkin kalau internet tak akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari penggunanya. Makanya, pemasaran digital akan sangat menguntungkan untuk Anda.

Buat Konten Menarik

Konten menarik tentu bisa mendapatkan minat lebih dari calon pembeli. Pandai-pandailah dalam mendesain dan membuat kata-kata ajakan yang inspiratif. Karena hal tersebut biasanya yang memberikan kesan menonjol pada bisnis Anda, utamanya dalam pemasaran digital.

Tarik Calon Pelanggan dengan Retargeting

Dengan pemasaran digital, Anda bisa melakukan promosi produk dengan elegan. Digital marketer menyebut upaya ini senagai retargeting.

Lewat retargeting ini, Anda dapat menampilkan iklan produk secara spesifik pada calon pelanggan. Biasanya, hal ini dilakukan setelah calon pelanggan berinteraksi dengan website atau mengklik iklan yang sebelumnya telah Anda pasang.

Retargeting mampu meningkatkan pencarian nama brand sampai 1.046 persen. Retargeting pun terbukti meningkatkan jumlah pembelian hingga 70 persen.

Jangan Lupa Daftar Google Business

Hanya dengan menaruh alamat bisnis kuliner di Google Maps, Anda dapat menuntun calon konsumen langsung ke tempat. Mereka tak perlu takut tersesat, karena itu alamat harus akurat.

Menaruh lokasi bisnis di peta online juga penting sejak Google memperkenalkan pencarian lokal atau local search yang jelas mempermudah penggunanya.

Baca Juga: Bagaimana Panduan WordPress dalam Mengelola Komentar?

Local Search Permudah Informasi Bisnis Menyebar

Melalui local search ini, Google akan menyajikan informasi paling relevan dan dekat dengan penggunanya. Keuntungannya adalah bisnis Anda dapat diketahui oleh orang-orang hanya dengan berbekal koneksi internet saja. Asal mencantumkan alamat lengkap bisnis di peta online, mau di manapun lokasi bisnis Anda, itu tidak akan menjadi masalah.

Tampilkan Informasi Lengkap Soal Bisnis

Selain tentang lokasi, tentu ada hal yang jadi pertimbangan orang mengunjungi bisnis kuliner Anda. Kalau menurut survei, hal yang dimaksud termasuk foto, review, ranking di hasil pencarian, serta harga.

Anda juga bisa memasukkan info seperti:

  • Menu makanan dan minuman
  • Jam buka
  • Harga
  • Suasana tempat
  • Fasilitas

Semakin lengkap info yang dicantumkan, semakin yakin pula calon konsumen pada bisnis kuliner Anda. Namun, perlu diingat bahwa semua informasi ini harus berupa fakta, juga disajikan dengan rapi dan menarik.

Dekatkan Diri dengan Calon Pelanggan

Coba ciptakan image seolah Anda adalah teman pelanggan. Sebagai teman, terkadang Anda membagikan info bermanfaat, cerita lucu, behind the scene, tips, dan apapun yang memancing interaksi akrab dengan pelanggan. Sebisa mungkin, ciptakanlah kesan bersahabat yang baik pada pelanggan agar mereka nyaman.

Buat Foto dan Copywriting yang Unik

Beberapa oramg beranggapan bahwa semakin cantik tampilan sebuah sajian, maka semakin enak pula sajian tersebut di mulut.

Oleh karena itu, foto apik dan estetik akan membuat calon konsumen melirik tempat Anda. Apalagi kalau bisa ditambah deskripsi makanan yang detail dan terkesan hidup. Ini bisa jadi nilai tambah untuk bisnis Anda.

Selain promosi, orang tak pernah benar-benar tahu rasa makanan arau minuman yang Anda jual. Maka, untuk meyakinkan calon konsumen di era digital ini, banyak pebisnis kuliner yang bergantung pada foto produk.

Foto produk dibilang baik ketika berhasil menunjukkan kelebihan sajiannya tersebut. Entah dari tampilan, warna, tekstur, sampai cerita di balik makanan itu sendiri.

Manfaat Digital Marketing dalam Bisnis Kuliner

Selain tips, ketahui juga manfaat digital marketing untuk meningkatkan omzet bisnis makanan dan minuman berikut ini:

Digital Marketing Bisa Menghemat Biaya Promosi

Pemasaran digital adalah strategi yang relatif hemat. Lewat pemasaran digital tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Berbagai platform iklan semacam Google Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads memiliki skema pembiayaan fleksibel yang dapat Anda gunakan untuk promosi produk.

Mampu Menjangkau Target Pasar yang Spesifik

Kelebihan lain dari digital marketing ini ialah dapat menjangkau target pasar yang spesifik. Anda bisa dengan mudah menentukan kepada siapa iklan produk ditampilkan. Cukup atur saja jenis kelamin, umur, cakupan lokasi, dan topik.