Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Delegasi dalam Bekerja
Perhatikan Ini Sebelum Melakukan Delegasi dalam Bekerja

Penulis Artikel Seo Murah – Tujuan melakukan delegasi dalam bekerja bagi leader adalah agar fokus pada pekerjaan lain, sedangkan bagi anggota tim untuk mengembangkan diri. Delegasi merupakan pemberian tugas maupun tanggung jawab terhadap sekelompok orang, delegasi dapat memotivasi karyawan untuk fokus pada target.

Cara Leader Mendelegasi

Ada delapan cara melakukan delegasi dalam bekerja ke anggota tim. Pertama, leader harus mengetahui siapa yang memiliki kapasitas untuk mengemban tugas, siapa yang tertarik, dan lainnya.

Kedua, delegator sukses akan membiarkan timnya mengetahui dengan pasti seperti apa tanggung jawabnya, dan hal yang bukan menjadi tanggung jawabnya. Ketiga, delegator juga harus memberikan penjelasan mengenai ekspektasi yang diharapkan pada hasil pekerjaan terkait.

Serta memberikan gambaran mengenai tugas yang diemban, dan mengungkapkan kriteria yang digunakan dalam mengukur kesuksesan. Keempat, ketika melaksanakan tanggung jawab, tim harus memiliki sumber daya yang digunakan untuk menunjang pekerjaannya, seperti, peralatan, pendanaan, pelatihan, dan sebagainya.

Kelima, menetapkan checkpoint, jeda, serta peristiwa penting merupakan umpan balik bagi atasan. Hal ini dilakukan agar delegator mengetahui kelebihan dan kelemahan seseorang yang didelegasikan.

Delegator dapat memberikan saran atau pelatihan, ketika sudah mengetahui kelemahan seseorang yang mengemban suatu tanggung jawab atau pekerjaan. Keenam, beri kebebasan pada suatu tim untuk bekerja dengan lebih kreatif dan melakukan hal baru dalam rangka menggapai tujuan bersama.

Delegator jangan mengikat suatu tim untuk menyelesaikan pekerjaan, dengan cara yang telah dilakukan sebelumnya. Ketujuh, delegator baik pasti mengetahui waktu yang tepat untuk coaching, memandu, membuat dirinya ada bagi orang-orang yang diberi tanggung jawab.

Lingkungan kerja yang memotivasi akan membuat seseorang mampu melaksanakan tanggung jawabnya dan mencapai tujuan bersama. Kedelapan, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, sikap toleransi terhadap resiko dan kesalahan pada sebuah tim memang diperlukan.

Hal ini menjadi pelajaran bagi delegator, untuk tidak mendelegasikan orang maupun tim terkait sejak awal.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Sudah Tahu Perbedaan Bos dan Leader?

Strategi Melakukan Delegasi Tugas

Cara melakukan delegasi dalam bekerja tidak terlihat sulit, namun bisa saja menjadi hal yang sulit. Berdasarkan artikel Harvard Business Review yang berjudul To Be a Great Leader, You Have to Learn How to Delegate Well.

Berikut ini strategi yang dapat dilakukan dalam mendelegasi pada semua tingkat pekerja.

1. Memulai dengan Alasan

Sebagai delegator, Anda harus menjelaskan kepada orang yang bersangkutan mengenai alasan mengapa dirinya dipercayakan dalam suatu pekerjaan. Delegator juga harus mengungkapkan peluang yang didapatkan ketika mengerjakan tanggung jawab itu, untuk meningkatkan komitmen seseorang.

2. Menginspirasikan Komitmen

Seseorang akan membangun komitmen ketika memahami perannya dalam suatu tanggung jawab atau menggapai tujuan. Setelah orang yang bersangkutan paham, Anda bisa berbicara empat mata atau konfirmasi interpretasi agar tidak terjadi salah tafsir.

3. Libatkan pada Level yang Tepat

Sebelum mendelegasikan tanggung jawab, Anda harus menyesuaikan gaya bekerja dengan level orang-orang yang akan didelegasikan. Jadi, sesuaikan level seseorang atau tim dengan delegasi tanggung jawab yang diemban.

4. Melatih Kata Ya, Tidak serta Jika

Anda harus cermat menyikapi permintaan yang dihadapkan pada diri Anda, menyesuaikan suatu tanggung jawab dengan kontribusi yang mampu diberikan. Permintaan disini seperti, saran, pendapat orang yang Anda beri delegasi, serta pertolongan.

Melakukan delegasi dalam bekerja memang tidak semudah yang dilihat, jadi Anda membutuhkan jam terbang tinggi untuk menjadi delegator sukses. Anda juga harus mengetahui strategi dalam delegasi kerja dan menerapkannya dari sekarang, agar delegasi berjalan sesuai rencana.