Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pentingnya Tag Heading Dalam Sebuah Artikel SEO

Jasa pembuatan artikel terbaik – Bila membicarakan tentang SEO akan ada banyak elemen yang bisa di optimasi dan ditingkatkan kualitasnya. Mulai dari skala yang paling mudah dilakukan seperti memberikan tag html yang benar, hingga yang cukup rumit seperti memberikan backlink atau meriset keyword.

Namun pada dasarnya semua optimasi ini terjadi pada dua hal yaitu on-page dan off-page. Apa on-page dan off-page? singkatnya onpage adalah optimasi pada halaman artikel tersebut, contohnya gambar, judul dsb. Sedangkan off-page adalah optimasi diluar halaman, contohnya backlink.

Pentingnya Tag Heading

Kali ini kita akan membahas tentang optimasi on-page, yaitu optimasi tag “heading”. Pernah mendengarnya? atau baru kali ini?

Jadi heading tag akan Anda jumpai pada judul dan sub judul. Contohnya pada judul artikel ini yang menggunakan heading H1, lalu sub judul mulai dari H2 dan seterusnya hingga ada H6, meskipun sangat jarang ditemui H5 dan H6.

Lalu apa saja pengaruh tag heading terhadap SEO, berikut akan kita jabarkan beberapa poin penting tentang Heading.

Heading sangat penting bagi Crawler mesin pencari

Tahukan bahwa mesin pencari itu adalah sumber utama trafik yang masuk ke artikel kita, maka dari itu penting memberikan pemahaman kepada mesin pencari, apa saja isi dari artikel kita.

Setiap kata yang dimasukkan kedalam Heading akan menjadi acuan bagi mesin pencari apakah konten yang ada di artikel tersebut memang layak untuk ditampilkan di ranking atau peringkat teratas halaman pencarian.

Misalnya saja jika suatu artikel membahas Heading, namun tidak ada kata “heading” dalam heading artikelnya, maka mesin pencari tidak akan mengenali artikel tersebut tentang “heading”

Heading menambah estetika

Tahukan kalau tulisan hanya berisi huruf yang ukurannya sama semua, hanya akan menimbulkan kebosanan.

Ada nilai seni keindahan ketika suatu artikel memiliki struktur Heading yang rapi dan tentunya artikel yang rapi juga.

Pada akhirnya akan menjadikan pembaca merasa dilayani dengan sepenuh hati oleh pemilik website.

Membantu pembaca artikel

Pernahkah Anda mencari sebuah informasi dengan membaca artikel, namun hanya memerlukan informasi tertentu saja diartikel tersebut.

Nah, dengan menggunakan Heading yang tepat, pembaca bisa menemukan info yang dia butuhkan dengan lebih cepat.

Selain itu dengan adanya Heading ini jug, memungkinkan pembaca untuk menuju bagian yang mungkin tadinya tidak dibutuhkan namun ketika bertemu dengan heading tersebut menjadi tertarik untuk membaca.

Baca juga: 7 Psikologi Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Cara penggunaan tag heading yang baik dan benar

Penggunaan tag heading memang tidak bisa sembarangan, namun bukan berarti penggunaannya cukup sulit. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

H1 terletak pada judul artikel

Heading H1 biasanya sudah disetting secara default oleh template bawaan. Jadi tidak perlu merisaukan soal Heading H1, hanya saja sebaiknya H1 cukup satu saja di judul paling atas.

H2 dan seterusnya sesuai kebutuhan.

Subjudul yang pertama , gunakan H2, apabila judul dari sub judul H2 ini masih ada pembagian lagi, maka gunakan H3, begitu seterusnya.

Heading tidak bisa digunakan bersamaan dengan numbered list atau bullet list

Dari bahasa pemogramannya sendiri yaitu HTML, memang tidak bisa menggunakan tag Heading pada list. Jadi jika ingin membuat listicle dan menggunakan misal A, B, C atau 1, 2, 3. Maka buat secara manual.

Kesimpulan

Itulah fungsi dan penjelasan tentang tag Heading, pastikan Anda selalu menggunakan Heading di artikel Anda sesuai dengan kebutuhan. Semoga Bermanfaat.