Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pentingnya Persiapan Transformasi Digital untuk Bisnis

Artikel SEO Murah – Transformasi digital untuk bisnis harus sudah disiapkan sejak awal. Supaya Anda mengetahui apakah proses transformasi digital untuk bisnis Anda berjalan dengan baik, perhatikan artikel di bawah ini!

Apa Pengertian Transformasi Digital dan Bisnis?

Transformasi digital untuk bisnis adalah salah satu bentuk dari transformasi bisnis. Baik dalam menjalankan bisnis skala menengah, bahkan besar. Tingkat keefisienan kerja juga menjadi harga mahal untuk mengoptimalkan pendapatan pada perusahaan. Namun, tak sedikit pembuat keputusan yang masih menyepelekan transformasi digital bisnis.

Menurut Peter Bendor-Samuel, kontributor Forbes yang fokus membahas transformasi bisnis, banyak perusahaan yang tidak memperhitungkan nilai daya saing saat melakukan transformasi digital. Akibatnya, hal ini bisa berbanding balik jadi beban untuk perusahaan itu sendiri. Padahal, anggaran untuk transformasi digital sama saja dengan investasi.

Alasan Kenapa Transformasi Digital Wajib Ada

Transformasi digital menjadi hal penting untuk dipertimbangkan, terutama di bidang pemasaran. Tapi, sekarang transformasi digital menjadi sesuatu yang wajib ada dalam suatu usaha. Bob Davis dari Forbes Councils menyatakan ada 2 alasan mengapa hal tersebut sangat diperlukan.

Pertama, adanya perubahan yang tidak bisa dihindarkan. Era digital telah banyak merubah kebiasaan sehari-hari, mulai dari cara bekerja, belajar, dan lainnya. Hal tersebut merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari.

Pun dengan munculnya sistem Cloud dimana Anda tidak lagi membutuhkan storage fisik untuk menyimpan dokumen digital. Sebelum adanya Cloud, banyak perusahaan yang bergantung pada storage untuk kebutuhan dokumen digital secara fisik. Jika kita tidak bisa beradaptasi dengan teknologi Cloud, bagaimana bisa beradaptasi dengan teknologi lainnya?

Kedua, menjadi perusahaan inovatif atau gagal. Di era digital banyak bisnis yang dituntut untuk berinovasi. Karena banyak pesaing baru di pasar. Sekarang, business entry barrier sudah tidak sulit sebelum ada era digital sebab akses Informasi semakin tidak terbatas, semua orang bisa memiliki network yang mereka butuhkan untuk membangun bisnis.

Yang akan menjadi point penentu apakah bisnis tersebut akan berkembang atau tidak adalah dengan inovasinya. Salah satu inovasi yang paling masuk akal bagi semua pelaku bisnis lakukan yaitu dengan transformasi digital untuk bisnis anda.

Harga Terjangkau yang Mempermudah Bisnis

Hadirnya internet dan sistem cloud memungkinkan para developer mengembangkan produk digital menggunakan metode cloud-sharing. Metode tersebut memungkinkan beberapa pengguna berbagi kapasitas cloud untuk menyimpan data. Jadi, biaya yang digunakan untuk membeli hardisk dan hardware penunjang lainnya dapat dialihkan untuk aktivitas lain.

Baca Juga: Mau Pemasaran Anda Berhasil? Gunakan 5 Jenis Konten Visual Ini

Amankah Berbagi Kapasitas dengan Pengguna Lain di Cloud?

Untuk keamanan data dari pihak yang tak diinginkan atau yang sering disebut dengan cyber crime, penyedia layanan Cloud tentunya memiliki Cyber Security Expertise dapat  memastikan bahwa data Anda aman.

Selain hal tadi, Cloud juga memiliki hal menarik lainnya, yaitu: Anda hanya membayar kapasitas yang digunakan. Fleksibilitas kapasitas penyimpanan dapat mengurangi inventori perusahaan berupa storage penyimpanan data. Sekaligus upgrade fasilitas data jika perusahaan Anda butuh penyimpanan lebih banyak.

Software dan Kinerja Kerja Bisnis Baru

Kini, Anda tidak perlu lagi memikirkan pengembangan produk digital. Serahkan saja pengembangan produk digital pada Software House Professional dan fokuskan diri pada pengembangan bisnis. Anda juga dapat menggunakan metode website untuk promosi bisnis Anda. Biasanya, penyedia layanan website ini menggunakan metode pembayaran bulanan.

User dengan Experience yang Sederhana

Kini, developer semakin ahli dalam mempermudah pengguna dengan User Interface yang mudah dimengerti.  Alasannya karena user semakin dipermudah dan mempercepat proses penyelesaian task.

Contoh, pada perhotelan sebelum hotel menggunakan sistem web, hotel melakukan night audit setiap harinya. Namun, setelah mengadaptasi sistem perhotelan berbasis web, hanya dibutuhkan beberapa langkah membuat laporan audit harian. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Keunggulan dari sistem diatas adalah otomasi. Anda tidak perlu memasukan data satu per satu dalam sistem, karena sistem akan secara otomatis merekam data dan data tersebut akan tersusun sendiri.

Mengurangi Resiko Kecurangan Bisnis

Menurut salah satu perusahaan terbesar di dunia, Ernst & Young (EY), digitalisasi bisnis dapat mengurangi risiko kecurangan dengan otomasi. Data dari EY menunjukan 13% pendapatan perusahaan layanan umum hilang karena kecurangan. Transformasi digital bisnis tidak menjamin 100% menghapus kecurangan. Tetapi, setidaknya transformasi digital untuk bisnis sudah memperkecil kemungkinan kecurangan itu terjadi.

Untuk memulai transformasi digital bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Sumber daya manusia yang bisa beradaptasi pada perubahan.
  • Dana investasi pada teknologi
  • Jadwalkan evaluasi berkala yang efisien dan konsisten

Selain itu, ada 3 pihak yang bisa Anda pertimbangkan untuk memperlancar proses transformasi digital bisnis, di antaranya:

  • Software House, yang dapat melayani kebutuhan perusahaan sekaligus menjadi investasi.
  • Internet Provider, membandingkan harga dengan value yang ditawarkan provider, fleksibilitas produk, dan after sales dari produk yang ditawarkan akan sangat penting untuk bisnis kedepannya.
  • IT Staff, untuk membuat produk digital terawat dan baik.

Transformasi digital untuk bisnis merupakan cara efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Terdapat 2 alasan mengapa transformasi digital itu perlu bagi bisnis. Pertama, karena perubahan digital tidak bisa dihindari. Yang kedua adalah perihal inovasi.

Inovasi yaitu perihal bagaimana cara kerja perusahaan dan produk yang dikemas sedemikian apik hingga menarik minat banyak orang. Oleh sebab itu, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk melakukan transformasi digital bagi bisnis Anda.