Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Meningkatkan Omzet dengan Mengefektifkan Big Data Marketing Bisnis

Jasa Content Writer Online Bahasa Inggris dan Indonesia – Para pebisnis banyak yang mengefektifkan big data sebagai penunjang dalam aktivitas bisnis, seperti penjualan maupun menemukan konsumen yang potensial. Big data sendiri membantu para owner bisnis untuk mengamati kondisi pasar, karena kondisi pasar cenderung berubah-ubah tergantung tren.

Apa Itu Big Data?

Secara umum, big data merupakan istilah yang menggambarkan tentang sebuah volume dari besarnya data, yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Volume data tersebut berdasarkan apa yang terjadi dalam bisnis sehari-hari.

Hal yang terpenting bukan bukan banyaknya jumlah data, tetapi cara pebisnis mengelola data tersebut. Big data dapat dianalisis untuk memahami bagaimana mengambil keputusan yang tepat, serta menyiapkan strategi bisnis yang baik.

Baca Juga: Penjualan Meningkat dengan Tips Optimalkan Teknologi Cloud Ini

Manfaat Big Data Bagi Marketing Bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi, pengembangan marketing dalam bisnis bisa dilakukan dengan bantuan internet. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa hasil dari analisis big data mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dalam bisnis.

Big data juga berperan dalam mempercepat inovasi, serta mendongkrak pertumbuhan bisnis agar lebih kompetitif. Berikut ini manfaat yang Anda dapatkan ketika mengefektifkan big data untuk keperluan bisnis marketing.

1. Mengenali Klien Potensial

Sumber data besar berasal dari informasi mengenai calon customer tentang perilaku serta minatnya yang dapat dikumpulkan melalui berbagai media sosial. Data-data tersebut membantu para marketer membidik customer potensial hanya berdasarkan dari sumber data besar.

Marketer maupun sales person bisa mendapatkan informasi tentang lokasi, level pendidikan, status pernikahan, usia, serta demografis melalui data besar. Informasi penting mengenai demografis dapat menciptakan kampanye promosi yang ternilai efektif.

Salah satu platform yang dapat digunakan untuk menemukan klien potensial adalah Facebook, melalui fitur Facebook Insight. Melalui data insight, perusahaan dapat meningkatkan keputusan mengenai pertimbangan keuangan serta perencanaan.

2. Brand Berpeluang untuk Ditemukan

Penggunaan data besar atau nama lainnya adalah big data dapat membantu owner bisnis untuk mengembangkan produk atau jasa yang ditawarkan. Melalui big data, marketer bisa mengamati pola konsumen, bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memperbaiki produk agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

3. Menunjukkan Kebutuhan Customer dengan Lebih Akurat

Dengan memanfaatkan big data, Anda berpeluang melakukan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan membuatnya sulit untuk ditolak. Bahkan, online retail seperti Amazon, sebanyak 35% aktivitas penjualannya berdasarkan dari penggunaan big data yang dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan kata lain, Amazon melakukan penjualannya berdasarkan pada rekomendasi produk yang search engine tayangkan.

4. Membantu Marketer Membuat Iklan yang Menghasilkan Keuntungan

Big data serta analisisnya dibutuhkan agar penargetan customer meningkat secara lebih efektif. Melalui informasi yang big data sediakan, Anda bisa memakai media sosial serta search engine dengan lebih efektif.

Hal yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengefektifkan big data adalah membuat kampanye atau iklan yang menarik perhatian banyak orang. Anda juga bisa memperluas sales dengan memanfaatkan big data.

Platform yang bisa digunakan untuk membuat iklan yang menguntungkan seperti, Google Adwords dan Facebook Ads.

5. Terdapat Pengukuran Akurat

Data yang tersedia bisa digunakan untuk mengukur performa atau kesuksesan terhadap keseluruhan iklan yang Anda tayangkan di berbagai macam media sosial. Karena hasilnya terbilang akurat, Anda bisa mengatur uang yang keluar secara bijaksana dan efisien, agar memperoleh performa yang tinggi.

Dengan mengefektifkan big data, Anda bisa mengenal lebih detail bagaimana karakteristik konsumen potensial dalam suatu bisnis. Bahkan, retail besar pun memanfaatkan big data untuk mendongkarak penjualannya, Anda juga bisa melakukan hal yang sama.