Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Mau Memulai Bisnis Start Up? Inilah Tips Membuat dan Mengelolanya

Jasa penulis artikel – Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah start up dalam sebuah bisnis. Karena jenis bisnis ini memang termasuk salah satu bisnis yang sedang laris selain bisnis waralaba. Anda ingin memulai bisnis start up yang terkenal ini?

Membuat start up mungkin tidak terlalu sulit, tapi menjalankannya belum tentu semudah membuat awalnya. Karena, mengelola sebuah bisnis yang Anda sendiri belum tahu ilmunya jangan dianggap enteng. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memang berniat mencoba bisnis start up karena ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti yaitu:

Temukan Ide Untuk memulai Bisnis start up

Seperti memulai bisnis pada umumnya Anda harus menentukan lebih dulu jenis atau ide bisnis apa yang ingin Anda kelola agar tidak salah memilih bisnis.

Mulailah dengan memilih ide yang berhubungan dengan keahlian Anda, misalkan Anda mahir dalam merias wajah, Anda bisa memilih bisnis yang berhubungan dengan merias wajah, semisal lipstik, foundation, bulu mata, lensa mata dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan keahlian yang telah Anda miliki, setidaknya Anda menjadi tidak buta dalam bisnis tersebut.

Buat Rencana dengan Matang dalam memulai bisnis start up

Begitu ide berhasil Anda putuskan, selanjutnya adalah membuat rencana langkah-langkah bisnis Anda dengan sangat matang.

Seperti kata pepatah Hati-hati dalam menyusun rencana, Anda bisa menyusun rencana kegagalan atau rencana kesuksesan. Rencana ini sebaiknya dipikirkan dan diperhitungkan dalam waktu yang tidak terlalu cepat namun tidak terlalu lama juga.

Bila memang memerlukan bantuan ahli lain, jangan sungkan untuk menanyakan pendapatnya. Karena bisa jadi jawaban dari ahli lain lebih bagus daripada apa yang Anda pikirkan.

Baca juga: 4 Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ranking Website di Google Search

Cari Sumber Dana

Membangun sebuah bisnis pastinya harus memiliki modal biarpun sedikit, tapi Anda bisa melakukannya dengan mencari dana atau biasa disebut istilah mencari dana dari investor.

Modal awal yang paling penting adalah Anda sendiri, seberapa Anda menilai diri Anda untuk memulai bisnis ini. Apakah Anda pesimis atau optimis.

Setelah diri Anda siap, buat daftar investor yang sekiranya bisa Anda ajak sebagai investor di bisnis Anda.

Bentuk Tim atau Partner

Untuk melakukan sebuah bisnis, memang ada baiknya Anda membentuk sebuah tim atau bekerja sama dengan partner minimal satu orang. Dengan begitu, Anda bisa makin memperkuat dalam menjalani dan mengembangkan bisnis yang dimulai dari sangat awal.

Bentuk Bisnis Secara Online dan Offline

Jika Anda ingin menjalani sebuah bisnis di era digital ini, memang disarankan untuk membangun bisnis secara offline maupun online. Kalau hanya salah satu saja tidak akan cepat bisnis start up Anda berkembang.

Meskipun dalam kasus tertentu bisnis memang hanya bisa dilakukan di offline atau di Online. Jadi gunakan media seperlunya karena bukan harus offline atau online, namun apakah bisnis Anda bergerak di offline atau online, apakah pasarnya berada di offline atau di online, dsb.

Bina Hubungan Baik Dengan Konsumen

Poin yang satu ini berfungsi sebagai tips untuk mengembangkan bisnis start up Anda, yaitu menjalin hubungan baik dengan semua konsumen Anda. Agar kedepannya konsumen tersebut bisa membantu Anda melakukan promosi dari mulut ke mulut. 

Tingkatkan Produk dan Layanan

Hal kedua yang dijadikan cara untuk mengembangkan bisnis start up adalah meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda, agar konsumen bisa betah dan bertahan menjadi pelanggan setia Anda.

Perluas Networking

Yang terakhir menjadi tips menjalani start up ini adalah dengan memperluas networking, agar makin banyak yang tahu mengenai bisnis Anda yang sudah makin populer.

Ikutilah semua petunjuk tersebut, dijamin mulai dari membuat hingga mengembangkan start up ini Anda kecil kemungkinan mengalami kegagalan tapi sukses meraih keuntungan besar.