Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Info Penting Tentang Cara Membangun Brand Awareness 

Jasa pembuatan artikel murah – Membangun brand awareness merupakan hal yang penting. Mengapa disebut penting? Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa Anda jumpai dalam bagian selanjutnya. 

Dalam artikel ini juga akan dibahas mengenai apa saja tingkatan yang terdapat pada brand awareness. Sekaligus juga mengenai cara membangunnya. Maka dari itu, yuk simak uraian lengkapnya untuk memperoleh penjelasan lengkap. 

Pentingnya Membangun Brand Awareness

Brand awareness sangat penting dalam sebuah bisnis. Sebab, hal tersebut bisa mengundang calon konsumen untuk berbelanja produk yang Anda tawarkan. 

Bahkan, bukan hanya untuk calon customer target yang berbelanja pertama kali, tetapi juga bisa membuat mereka untuk terus berbelanja produk yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, konsumen menjadi percaya dengan produk yang Anda jual, kemudian melakukan repurchase berkali-kali. 

Seringkali orang cenderung membeli barang tertentu dari brand yang telah dipercaya. Jika para konsumen yang telah melakukan pembelian percaya terhadap produk Anda, maka mereka berpeluang untuk menyebarkan informasi sedemikian kepada orang lain. 

Informasi mengenai kualitas produk yang Anda tawarkan. Secara tidak langsung, hal ini juga bisa membuat pasar Anda semakin luas. 

Selain itu, brand awareness juga dipakai sebagai parameter guna mengukur kinerja suatu brand tertentu. Lalu, melalui brand awareness pula, bisa ditentukan strategi yang tepat agar bisnis semakin berkembang. Jadi, eksistensinya sangat penting untuk dilakukan. 

Tingkatan dalam Brand Awareness

Dalam brand awareness, terdapat tiga tingkatan yang berbeda. Apa saja itu? Pertama, yakni mengenai brand recognition. Yang juga sering disebut sebagai aided recall

Apabila diartikan, merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali suatu produk saat melihat produk yang bersangkutan. Sebab, tidak pasti konsumen akan mengetahui visualisasi produk, sekalipun mengenali namanya. 

Kedua, yaitu brand recall. Sering pula disebut sebagai unaided recall maupun spontaneous recall. Pada tingkatan ini, konsumen memiliki kemampuan dalam mengingat nama dari sebuah merek berdasarkan kategori produk. Manakala brand Anda telah berada dalam tingkatan ini, maka konsumen sudah mempunyai ingatan terkait brand Anda. 

Ketiga adalah top of mind awareness. Yang mana dalam tingkatan ini, konsumen akan langsung mencari brand tertentu berkaitan dengan produk yang akan dicarinya. Saat konsumen sedang memikirkan mengenai kategori tertentu, brand akan muncul dalam pikirannya. 

Cara Membangun Brand Awareness Bisnis 

Pada bagian selanjutnya, telah dijelaskan mengenai tingkatan dalam brand awareness. Untuk bisa menciptakan sebuah brand awareness sampai tingkatan tertinggi, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Antara lain:

Memanfaatkan Sosial Media

Dewasa ini, pengguna sosial media semakin banyak. Anda bisa berinteraksi dengan berbagai konsumen melalui sosial media. Melalui penciptaan sebuah brand experience yang sejalan seperti kebutuhan dan keinginan konsumen, Anda bisa melibatkan konsumen sebagai bagian dari brand narrative. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dari konsumen untuk brand Anda. 

Baca juga: Mengapa Menulis Konten Itu Penting? Simak Manfaatnya Disini 

Menggunakan Content Marketing 

Lalu, Anda pun dapat menggunakan content marketing untuk menciptakan sebuah brand awareness. Dalam hal ini, Anda harus menyusun sebuah artikel yang menarik, relevan, serta mempunyai nilai. 

Konten demikian bisa membawa Anda untuk menjadi expert dalam bidang yang ditekuni. Yang mana nantinya bisa meningkatkan jumlah konsumen. 

Memakai Video Marketing

Selain content marketing, Anda pun bisa memakai video marketing. Anda harus menyusun sebuah video yang menarik agar bisa menarik perhatian calon konsumen. Jangan lupa pula untuk memberikan informasi penting yang relevan di dalamnya. 

Kini, Anda sudah mengetahui mengenai cara membangun brand awareness. Selain itu, juga terkait tingkatan dan pentingnya brand awareness itu sendiri. Melalui strategi yang tepat, hal ini bisa menjadi optimal. Dengan tujuan, agar bisnis Anda semakin berkembang.