Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ilustrasi dan Contoh Marketing Mix untuk Diterapkan pada Bisnis Anda

Jasa penulisan artikel murah – Marketing mix merupakan kumpulan unsur marketing yang mempermudah dalam mencapai tujuan marketing pada pasar yang ditargetkan, serta mengefektifkan strategi bisnis. konsep tersebut terdiri dari product, price, place, promotion, physical evidence, people dan proses.

Contoh Penerapan Marketing Mix pada Bisnis

Untuk mengaplikasikan konsep-konsep dari marketing mix pada bisnis Anda, tentu Anda memerlukan penjelasan tentang contoh penerapannya. Yuk simak pembahasannya melalui perumpamaan berikut ini:

Menentukan Jenis Produk yang Dibutuhkan Oleh Banyak Orang (Product)

Ada sebuah perusahaan jam tangan bernama PT. AdWatch. Sebelum memproduksi jam tangan, tentu perusahaan ini harus melakukan riset pasar agar produk bisa sesuai dengan kebutuhan banyak orang. 

Perusahaan harus mencari tahu masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen, serta menghadirkan solusinya melalui produk yang dibuat. Misalnya, PT. AdWatch dapat membuat jam tangan yang waterproof serta tidak mudah pecah. Selain itu, perusahaan ini dapat menambahkan keunikan lain untuk menarik minat pembeli.

Menetapkan Harga Produk (Price)

Setelah membuat produk, perusahaan juga harus menentukan harga produk yang akan dijual. Harga produk yang ditetapkan harus bisa menguntungkan perusahaan namun tidak memberatkan pembeli. PT. AdWatch menggunakan rumus Break Even Price agar bisa menentukan harga produk yang akan dijual dengan tepat.

Menentukan Lokasi Bisnis (Place)

Untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja, PT.AdWatch memasarkan produknya melalui toko offline maupun toko online. Perusahaan ini telah memiliki berbagai toko yang tersebar di daerah Jawa Barat. Selain itu, PT. AdWatch juga memiliki online shop yang dapat diakses melalui websitenya.

Merancang Strategi Promosi atau Periklanan (Promotion)

Karena jam tangan yang dihasilkan oleh perusahaan ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan, maka PT.AdWatch menggunakan strategi promosi melalui media sosial maupun media massa lainnya. PT.AdWatch mempromosikan produknya melalui youtube, instagram, facebook, website serta memasang iklan pada majalah dan sponsor acara TV.

Baca juga: Tips dan Strategi Jitu Mengembangkan Start Up Baru Anda

Memberikan Physical Evidence Terbaik (Physical Evidence)

Selain menghasilkan produk sepatu berkualitas, PT.AdWatch juga menyiapkan berbagai bukti fisik lainnya yang digunakan selama proses penjualan maupun promosi. Perusahaan ini menyediakan brand perusahaan, brosur, serta souvenir untuk menunjukan keberadaan perusahaan.

Merekrut SDM yang Berkualitas (People)

Salah satu konsep dari marketing mix ini sangat penting untuk diperhatikan. PT.AdWatch melakukan seleksi ketat dalam merekrut tenaga kerja yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan tenaga kerja sangat berpengaruh dalam keberlangsungan perusahaan.

Membuat Standar Prosedur (SOP) Perusahaan (Process)

Standard of Procedure sangat penting dalam menentukan kesamarataan kualitas dari produk yang dihasilkan. Ini dapat memudahkan para karyawan PT.AdWatch untuk merancang produk yang akan dipakai oleh konsumen serta menimbulkan rasa puas pada konsumen.

Demikian ilustrasi yang dapat disampaikan sebagai contoh penerapan marketing mix pada bisnis. Semoga bisnis Anda semakin maju setelah menerapkan strategi ini.