Disqus Comment System Merugikan Website, Apa Alasannya?
Disqus Comment System Merugikan Website, Apa Alasannya?

Jasa Penulis Artikel SEO Murah – Disqus comment system merupakan plugin sistem komentar yang memiliki jumlah download terbanyak di repository wordpress. Namun, tahukah Anda bahwa Disqus juga merupakan plugin sistem komentar yang paling banyak diberi rating rendah oleh penggunanya dan paling banyak diberi review buruk?

Bagi Anda yang penasaran dengan review penggunannya tentang disqus comment system, Anda dapat memeriksanya di situs: wordpress.org/plugins/disqus-comment-system/#reviews.

Beberapa kerugian yang akan Anda dapatkan saat memakai Disqus comment system pada website, di antaranya:

  1. Performa Website Menjadi Semakin Lambat

Beberapa pengguna menemukan bahwa Disqus membuat performa website di Gtmetrix melambat. Jika dipersentasekan menjadi 90% menjadi 68%. Beberapa sumber pun mengatakan bahwa Disqus ini juga memperlambat respon time dari server. Memasang Disqus menjadi salah satu kerugian fatal karena algoritma google menilai nilai page dari kecepatan website juga.

  1. Banyak Mengalami Error Atau Gangguan

Terdapat error ketika disqus me-load script ads. Ternyata Disqus memang bisa mengalami error jika kita menggunakan `https`. Dulu, website bernama NginY juga menggunakan plugin Disqus comment system. Namun terlalu banyak gangguan yang muncul dari developer console. Dan ternyata disqus ini memang penyebabnya

  1. Menaruh Iklan Tanpa Izin

Iklan tentu sangat mengganggu pengguna. Karena hal tersebut, bahkan terdapat beberapa review dari wordpress.org yang mengatakan bahwa Disqus ini seharusnya dibanned atau diblokir saja di WordPress.org repository.

Beberapa review di WordPress Beginner menyatakan, dibagian code plugin Disqus, terdapat link affiliate bersama dengan viglink. Berdasarkan blog disqus sendiri, rencana pada tahun 2017 memang bertujuan untuk memasang iklan pada versi yang gratis, namun tidak memasang iklan pada versi yang bisnis.

Kerugian memasang Disqus yang satu ini merupakan kerugian yang paling banyak dibenci, karena tidak transparan dalam memberi jasa. Matt Mullenweg, selaku founder WordPress pun membahas spam ads pada Disqus di blog pribadinya.

Baca Juga: Ternyata, Ini Keunggulan Plugin Yoast SEO dan Cara Settingnya

  1. Kerugian Memasang Disqus Pada SEO

Disqus ini memasukkan komen yang telah disimpan di database-nya melalui javascript. Jadi, saat pertama kali website di load, komentar dari Disqus sama sekali tidak dapat dilihat dan di crawl oleh search engine kecuali hanya oleh google. Beberapa search engine seperti Yahoo, Bing, atau Yandex bahkan tidak dapat membaca konten yang di load dari javascript.

Jika Anda tidak memaksimalkan SEO pada search engine selain google, maka kerugian memasang Disqus ini tidak akan begitu berpengaruh.

  1. Mengurangi Keinginan para Visitor Untuk Menambahkan komentar

Untuk berkomentar di disqus comment system, pengunjung membutuhkan akun disqus terlebih dahulu. Hal ini membuat visitor atau pengunjung enggan berkomentar. Ditambah dengan para blogger lain yang mengetahui soal SEO, mereka jadi enggan juga untuk berkomentar karena tidak bisa menambahkan backlink pada komentarnya.

Oleh karena itu, banyak blog yang mengklaim bahwa dengan menguninstall Disqus, komentar di blog tersebut dapat bertambah secara signifikan. Review dari wordpress beginner menyebutkan bahwa komentar di website mereka meningkat 304% setelah melepas Disqus ini.

Jadi pada kesimpulannya, perlu Anda ketahui bahwa menyimpan data membutuhkan resource. Terlebih untuk Disqus sendiri yang menyimpan data komentar bagi semua penggunanya. Dapat dipastikan disqus membutuhkan banyak resource untuk menyimpan dan menganalisis data yang masuk tersebut.

Tentu saja setiap perusahaan pasti menginginkan profit dalam bisnis yang tengah digelutinya itu, dan Disqus pun memiliki caranya sendiri untuk menghasilkan profit. Tapi berhati-hatilah dalam memilih, karena bisa saja hal tersebut akan menimbulkan kerugian yang tak jauh berbeda dengan permasalahan Disqus Comment System di atas.