Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Customer Relationship Management: Apa Keuntungannya?

Content Writer Online Bahasa Inggris – Customer Relationship Management atau disingkat CMR adalah strategi bisnis yang memiliki tujuan mengelola hubungan dengan pelanggan. Metode ini juga memadukan proses antara manusia dan teknologi. Sistem CRM membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi orang lain menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Maksud dan Cara Kerja CRM

CRM mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual dalam berhubungan dengan pelanggan tersebut.

Di tahun 2020, perkembangan teknologi membuat strategi ini menjadi kebutuhan utama dalam setiap bisnis. Sehingga sistem yang diimplementasikan kedalam sebuah software berbasis aplikasi ini sangat diperlukan agar bisnis dapat meningkatkan nilainya kepada pelanggan.

Peran Customer Relationship Management

Ketika dunia kita menjadi lebih terglobalisasi, jenis hubungan berbasis teknologi secara otomatis telah menjadi norma. Nah, disinilah peran dan pentingnya CRM dalam bisnis.

Beruntung bagi kita dalam penjualan, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan memungkinkan untuk berkolaborasi dengan mudah serta efektif, terlepas dari jarak yang ada. Baik di seluruh kota atau di seluruh dunia, fungsi utama bagi penjualan adalah menjual produk dan layanan kepada pelanggan.

Tenaga penjualan inipun bertugas mencari solusi untuk masalah pelanggan sambil memastikan prosesnya sebebas mungkin dan berjalan seperti seharusnya. Kunci keberhasilan tenaga penjualan adalah pemahaman menyeluruh tentang  pelanggannya.

Yang banyak diandalkan oleh para profesional penjualan adalah perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan. Penggunaan yang tepat dari Aplikasi CRM dapat membuat penjualan menjadi berkembang dan membuat pengelolaan akun klien jauh lebih mudah.

Fungsi CRM

Ketika berhasil diterapkan, CRM membantu Anda membangun hubungan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan pendapatan perusahaan, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul.

CRM itu sendiri merupakan strategi bisnis pada perusahaan yang dirancang untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya.

Software CRM menyatukan semua informasi dari berbagai departemen di seluruh perusahaan untuk memberikan satu pandangan menyeluruh setiap pelanggan.

Baca Juga: Mengapa Desain Logo Menentukan Nilai Produk Suatu Perusahaan?

Strategi Customer Relationship Management

CRM dapat memberikan perusahaan tidak hanya wawasan atau peluang untuk mengembangkan bisnis, tetapi juga cara mengukur nilainya.

Statistik tahun 2017 oleh Gartner menemukan bahwa pendapatan perangkat lunak CRM kini telah melampaui sistem manajemen basis data untuk menjadi yang terbesar dari semua pasar perangkat lunak lainnya.

Software CRM membantu memprioritaskan upaya penjualan dan pemasaran untuk sebuah grup. Hal tersebut juga memberi perusahaan cara yang baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan, sifat dan perilaku pembelian mereka, semakin besar kemungkinan penawaran Anda sesuai bahkan melampaui target.

Manfaat Customer Relationship Management

Selain mampu merespons prospek dengan teramat cepat, perwakilan penjualan atau tenaga sales Anda juga dapat segera melakukan transaksi. Sama-sama berharga, semua transaksi yang dibuat oleh tenaga penjualan mudah ditemukan dalam Aplikasi CRM yang praktis ini.

Profesional Penjualan Dapat Melacak Banyak Hal Seperti:

  • Kontak
  • Note
  • Pesanan penjualan
  • Faktur atau invoice penjualan
  • Kunjungan klien atau meeting bersama klien

CRM Membuat Anda Dapat Bekerja Secara Praktis

Tenaga profesional penjualan bekerja dari banyak tempat yang berbeda. Dari kantor ke rumah, ke kedai kopi dan bahkan ada di jalan. Tapi dengan menggunakan sistem CRM berbasis cloud, tenaga sales profesional akan dapat menyelesaikan pekerjaannya dimanapun mereka berada selama memiliki Wi-Fi dan perangkat untuk mengakses internet. Manfaat lain memiliki akses CRM di mana saja Anda berada adalah menggunakan ponsel atau laptop untuk membuat catatan real time

Aplikasi CRM Sebagai Senjata Pemasaran Perusahaan

Aplikasi ini akan membantu Anda memastikan bahwa bisnis Anda memiliki apa yang pelanggan butuhkan dan bahwa Anda dapat melacak aktivitas mereka. Perhatian harus fokus pada saluran penjualan, peluang yang lebih besar, kegiatan lain, dan penjualan yang menghilang.

Walaupun semua atribut lain dari aplikasi Anda bagus tetapi tidak dapat menggantikan nilai laporan. Berbekal data ini, Anda dapat mengelola tim penjualan hingga maksimal.

Menggunakan CRM Ke Seluruh Karyawan

Jika Anda ingin sistem Anda berhasil, maka hal tersebut harus menjadi bagian dari budaya organisasi dalam jalur penjualan. Jadi pastikan Anda memberikan pelatihan dan mendukung kebutuhan tim untuk membantu tim tersebut beradaptasi dengan CRM.

Menggunakan Customer Relationship Management akan sangat berguna bagi kelangsungan bisnis Anda, entah mandek di tempat atau berkembang pesat. Segeralah coba dan buktikan sendiri!