Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bagaimana Pengertian dan Konsep Marketing Mix Pada Bisnis

Jasa penulisan artikel – Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda juga perlu mengetahui tentang konsep marketing mix. Jika Anda masih merasa asing dengan istilah ini, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Marketing Mix

Istilah ini dicetuskan oleh Neil Borden (1948). Marketing mix merupakan kumpulan unsur marketing yang bertujuan untuk mencapai tujuan marketing dari pasar yang ditargetkan. 

Strategi marketing ini dapat digunakan untuk usaha bisnis baru maupun lama. Strategi ini sudah lama digunakan oleh banyak pebisnis di berbagai negara untuk mengefektifkan strategi bisnis mereka.

Fungsi Marketing Mix Bagi Bisnis

Marketing mix dapat membantu mengefektifkan strategi marketing, mengatasi penurunan jumlah pemasaran produk serta mengkomunikasikan produk pada target pasar yang tepat. 

Fungsi lainnya juga bisa menjadi salahsatu metoda dan tolak ukur dalam menentukan arah bisnis Anda. Hal yang terpenting adalah Marketing mix bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Konsep Marketing Mix 

Menurut Jerome McCarthy (1960 E), marketing mix hanya memiliki 4 unsur atau disebut dengan konsep 4P. Tetapi, konsep ini kini sudah dikembangkan oleh Booms dan Bitner menjadi 7P. Apa saja unsur yang terdapat pada konsep 7P? Berikut ini penjelasannya:

Product

Pada unsur ini, usaha bisnis harus menciptakan produk virtual, barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Survey pasar perlu dilakukan sebelum membuat produk. 

Hal paling penting dalam produk adalah menciptakan produk yang memiliki demand, apalagi produk Anda adalah produk solutif, atau dengan kata lain dengan menggunakan produk Anda maka permasalahan pelanggan bisa selesai.

Price

Harga produk yang ditentukan harus menyesuaikan dengan kesediaan konsumen dan keberlangsungan bisnis. Selain menguntungkan pebisnis, harga produk juga harus membuat pelanggan tidak merasa terbebani.

Dalam menentukan harga bisa dilakukan dengan banyak perhitungan, mulai dari perhitungan produksi, harga bahan, packaging, jasa hingga akhirnya diketahui harga atau biaya produksi.

Dari sini Anda bisa mulai menetapkan berapa margin atau keuntungan yang akan dipatok dan tentunya agar bisnis terus berkembang.

Place

Dalam bisnis, Anda perlu menentukan tempat yang ideal: dapat menjangkau target pasar serta sesuai dengan fungsi dan biaya sewa. Tetapi kini Anda juga bisa berjualan melalui media sosial atau membuka online shop.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis Start Up? Inilah Tips Membuat dan Mengelolanya

Promotion dan People

Anda perlu merencanakan strategi promosi untuk memasarkan produk. Di era telekomunikasi seperti saat ini, Media sosial bisa menjadi media periklanan terbaik untuk berpromosi.

Selain merekrut tenaga kerja yang berkualitas juga diperlukan agar produktivitas bisnis Anda bisa meningkat.

Physical Evidence

Bukti fisik tidak hanya sebatas produk saja. Layanan, bonus, dan brand produk juga termasuk di dalam bukti fisik. Bukti fisik bisa membantu meyakinkan konsumen untuk membeli.

Process

Pada proses, isi iklan harus sesuai dengan kualitas produk atau layanan yang akan diterima konsumen. Hal ini sangat mempengaruhi penilaian dan niat membeli dari para konsumen.

Intinya proses adalah pengalaman yang dirasakan oleh pembeli, apakah sudah sesuai dengan ekpektasi dan perencanaan. Proses yang baik adalah proses yang bisa memberikan pengalaman baik bagi pembeli.

Demikian pengertian serta konsep dari marketing mix. Semoga bisa menambah wawasan serta bermanfaat bagi bisnis Anda.