Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bagaimana Panduan WordPress dalam Berkomentar? Ini Ulasannya

Jasa Penulis Artikel Terbaik – WordPress memiliki bagian penting, yaitu komentar yang nyaris dimiliki oleh semua situsnya. Memiliki kolom komentar khusus yang disediakan di bagian bawah halaman situs Anda jelas menjadi hal yang sangat penting.

Namun selalu saja ada spam dan hal menyebalkan lainnya dalam komentar. Dalam tutorial ini, Anda akan diberikan informasi rinci mengenai cara moderator untuk mengamankan, mengelola komentar per post bahkan page, serta cara menggunakan layanan komentar eksternal. Mari simak penjelasan di bawah ini!

Berkomentar dalam WordPress

Jika komentar diaktifkan, pengunjung yang datang ke situs Anda dapat berbagi pendapat mengenai konten Anda di bawah posting dan Inilah yang disebut komentar. Komentar yang besar pada konten di salah satu website akan membuat artikel tersebut menjadi populer. Selain itu juga menunjukkan betapa pengunjung Anda sangat tertarik pada yang Anda tulis tersebut.

Pingbacks Komentar

Ketika orang mengutip atau menggunakan seluruh posting blog Anda dan menghubungkanya pada Anda, WordPress secara otomatis mengirimkan pingback untuk penulis konten tersebut.  Dengan cara ini, Anda dapat melihat siapa saja yang terhubung ke Anda. Selain itu sumber dari artikel tersebut juga diketahui.

Anda akan melihat ping balik di bagian komentar dari admin. Mereka akan terdaftar di antara komentar biasa. Anda dapat membedakan ping balik dari komentar biasa karena akan menampilkan teks link ke situs Anda secara otomatis ditempatkan dalam bentuk kurung persegi oleh situs sendiri.

Baca Juga: Disqus Comment System Merugikan Website, Apa Alasannya?

Konfigurasi Komentar

Melakukan pengaturan komentar memang gampang-gampang susah, Anda perlu memahami setiap pilihan yang akan dilakukan. Pengaturan ini sebagian besar berisikan pilihan yang harus Anda centang dan tidak.

Jika admin WordPress sudah Anda ubah menjadi bahasa Indonesia maka akan sangat mudah di pahami tapi jika terbiasa dengan bahasa Inggris maka ini bukan menjadi hal yang sulit.

Pengaturan Komentar

Pada halaman ini, ada beberapa pengaturan penting yang harus Anda ubah tergantung pada kebutuhan, yaitu:

  • Mengizinkan Orang Berkomentar di Artikel Baru

Pengaturan ini menangani apakah komentar di bawah posting baru diaktifkan atau dinonaktifkan secara otomatis. Perhatikan bahwa mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di bawah postingan tertentu akan menimpa pengaturan ini.

  • Comment Must be Manually Approved

Apabila Anda ingin memoderatori setiap komentar yang masuk situs sebelum ditampilkan secara otomatis, aktifkan opsi ini.

  • Menunjukkan Avatar

Secara default, situs akan menghubungkan alamat email dengan Avatar dan pengunjung komentar miliknya di Gravatar. Hal itu terjadi jika Anda dan mereka memilikinya. Dengan pilihan ini, Anda dapat menyembunyikan atau menampilkan avatar di samping komentar.

  • Melindungi Artikel dari Komentar Spam

Menggunakan plugin Akismet untuk situs WordPress Anda adalah salah satu hal penting, karena plugin Akismet ini sudah otomatis terinstall pada WordPress.

Mengenal Lebih Lanjut Tentang Akismet Anti Spam

Spam merupakan masalah global dan sering terjadi pada bagian komentar, dimana bot mencoba memasukkan konten palsu penuh link ke situs mereka. Akismet adalah layanan eksternal untuk membasmi spam.

Akismet juga dilengkapi database email, alamat IP dan nama yang digunakan untuk mengirimkan spam. Ketika pengunjung website Anda menyampaikan komentar, maka secara otomatis akan diperiksa oleh Akismet dan dimasukkan ke dalam folder spam khusus.

Jika cocok dengan kriteria bahwa komentar tersebut adalah spam, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke situs web Akismet dan mendapatkan Key untuk plugin tersebut. Pada halaman selanjutnya, cukup masukkan kunci Akismet dan tekan tombol Use key ini.

Akismet Anda akan diatur dan bekerja di situs ini. Anda akan mendapat konfirmasi ini dan informasi tentang status server Akismet.

Menonaktifkan Komentar

Untuk melakukan hal ini, buka post itu sendiri dan scroll ke bawah sampai Anda mencapai menu Discussion dan hapus centang izinkan komen dan izinkan pingbacks dan trackbacks untuk menyembunyikan kolom komentar pada postingan atau halaman yang Anda inginkan.

Cara Moderasi Komentar

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengelompokan komentar. Karena komentar yang masuk dari pengunjung Anda secara otomatis ini masih dalam keadaan tertunda atau pending. Anda dapat melakukan tindakan sesuai dengan keinginan setelahnya.

Itu dia beberapa contoh cara mengotak-atik komentar di WordPress, semoga artikel ini membantu.