Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Apa Saja Tolak Ukur Keberhasilan Strategi Digital Marketing

Jasa penulis artikel – Dalam berbisnis dengan strategi digital marketing, Anda perlu tahu langkah yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Alasannya karena taktik ini punya peran kritis yang berpengaruh langsung pada penjualan dan peningkatan profit. 

Oleh karena itu, diperlukan siasat pemasaran digital dengan rencana yang matang. Di samping itu juga perlu perhitungan website analytics yang pas sehingga mendapatkan profit yang maksimal. 

Indikator Keberhasilan Strategi Digital Marketing

Lalu, apa sajakah tolak ukur kesuksesan strategi digital marketing? Berikut cara mengetahui kesuksesan siasat pemasaran yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa cara mengukur kesuksesan digital marketing:

Penjualan Online

Hal pertama yang bisa menjadi cara mengukur kesuksesan pemasaran digital adalah dengan melihat hasil penjualan online. Anda bisa mengetahuinya lewat Google Analytics maupun platform website analytics lainnya. 

Anda pun dapat mengidentifikasi campaign digital marketing yang mana yang berhasil mendorong penjualan paling tinggi. Mengetahui penjualan tertinggi juga bisa menjadi acuan untuk menyusun taktik pemasaran bagi e-commerce.

Melihat Penjualan Online dan In-store

JIka punya toko online dan offline, langkah mengukur kesuksesan pemasaran digital adalah dengan mengamati penjualan online dan in-store. Anda bisa lakukan hal ini dengan cara tawarkan kode potongan harga pada website. 

Dengan taktik diskon, Anda bisa mendeteksi berapa persen customer yang mengunjungi website dan tertarik dengan penawaran yang tersedia pada website tersebut.

Jika e-commerce yang dijalankan punya member card, hal ini tentu akan lebih gampang. Karena sistem ini bisa mendeteksi campaign apa yang menarik banyak pelanggan secara online. Tujuannya agar pelanggan membeli produk di toko secara langsung.

Baca juga: Pentingnya Peran Media Sosial dalam Mengembangkan Bisnis Online

Traffic Website Secara Keseluruhan

Salah satu hal paling basic untuk mengukur kesuksesan strategi digital marketing adalah dengan mengukur traffic website secara keseluruhan. Apakah ada kenaikan sesudah dilakukan campaign tertentu? Jika ya, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa taktik pemasaran yang Anda lakukan telah berhasil.

Selain itu, mengamati traffic website secara keseluruhan dan rinci bisa sangat mendukung. Misalnya untuk menyusun model siasat digital marketing seperti apa yang ingin Anda buat di masa depan.

Perbandingan antara Traffic Baru dengan Lama

Cara mengukur kesuksesan taktik pemasaran online selanjutnya adalah dengan mengamati perbandingan antara traffic baru dengan lama. Jika mengamati persentase traffic baru meningkat, maka siasat pemasaran Anda telah pas. Khususnya untuk menjaring customer baru yang tidak pernah membuka website sebelumnya.

Namun, kalau traffic lama (returning traffic) lebih tinggi, hal itu berarti ada banyak orang yang kembali ke website sebelum membeli. Dalam kata lain, orang itu belum percaya dengan produk yang ditawarkan. 

Oleh karena itu, Anda perlu membuat siasat pemasaran baru untuk menjaring traffic lama. Sehingga pelanggan kembali mengunjungi website dan tertarik untuk membeli produk dengan segera.

Sumber Traffic

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengidentifikasi bagaimana orang-orang bisa mendapatkan website. Misalnya, kata kunci apa yang mereka manfaatkan sebelum mendapatkan website. Adakah website pada mulanya yang mereka kunjungi sebelum membuka website.

Lama Saat Kunjungan Traffic

Lama setiap orang dalam mengunjungi website tentu berbeda-beda satu orang dengan orang lainnya. Anda bisa mengidentifikasi lama kunjungan traffic sebagai langkah mengukur kesuksesan pemasaran online. 

Semakin lama orang-orang membuka website Anda, berarti siasat pemasaran telah sukses menarik perhatian mereka.

Bounce Rates

Bounce rates adalah persentase berapa orang telah mengklik tombol “kembali” sesudah mereka membuka website. Jika persentase bounce rates terbilang cukup tinggi, itu berarti siasat yang telah dilakukan kemungkinan belum sukses memikat mereka. 

Hal-hal diatas adalah langkah mengukur kesuksesan strategi digital marketing yang perlu diketahui. Dengan penerapan siasat pemasaran online yang tepat, usaha Anda pun tentu akan sukses.