Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

7 Psikologi Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Jasa pembuatan artikel seo – Kenapa harus menggunakan teknik psikologi marketing dalam berbisnis? Karena pada faktanya banyak orang yang memilih berbelanja karena beberapa alasan psikologis. 

Sebagai contoh, MCD yang menggunakan perpaduan warna merah dan emas yang memiliki tujuan untuk membangkitkan selera makan. Jika berniat untuk menggunakan psikologi marketing, berikut ini 7 teknik yang dapat Anda terapkan:

Timbal Balik

Teknik timbal balik merupakan suatu teknik psikologi marketing yang cukup mendasar dan telah banyak orang  yang menerapkannya. Anda biasanya menjumpai teknik ini pada beberapa sampel tester terkait produk yang sedang promo. 

Jika mencobanya, hal itu membuat mungkin akan membeli produk yang telah dicoba. Sebaiknya, dibuat kemasan khusus yang berukuran kecil untuk memastikan tester yang ada tidak berlebihan. 

Mengapa demikian? Agar ada rasa penasaran juga yang muncul dalam diri pengunjung. Bisa jadi, pengunjung yang sekedar lewat bisa jadi pembeli pada kesempatan berikutnya. 

Komitmen

Teknik marketing komitmen akan menumbuhkan kepercayaan dari pelanggan. Salah satu contohnya adalah janji bebas ongkir tanpa minimum order. Tentu Marketplace harus menepati janjinya tersebut. 

Jika tidak, bisa saja pengguna menjadi tidak nyaman dan memilih untuk meninggalkan marketplace yang tidak dapat mereka percaya. Gunakan teknik psikologi ini untuk membuat citra baik kepada para pelanggan.

Kewibawaan

Anda perlu menciptakan kewibawaan pada produk agar pelanggan tidak menyepelekan produk. Bagaimana cara menciptakan kewibawaan tersebut? Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan berkualitas, teruji klinis, dan dari ahli terbaik pada bidangnya. Dengan begitu, produk akan mendapat kewibawaan dari konsumen.

Social Proof

Teknik social proof dalam teknik marketing berangkat dari kebiasaan masyarakat yang percaya pada review dari seseorang yang pernah menggunakan suatu produk. 

Oleh karena itu, Anda haruslah menggunakan seseorang yang banyak orang anggap baik dalam mereview produk. Hal itu akan menjadikan produk akan dibeli oleh para pengikut orang tersebut. Bisa jadi beberapa pembeli akan menjadi pelanggan tetap.

Kelangkaan

Teknik psikologi yang satu ini dapat dipertimbangkan, mengingat banyak orang yang akan berbondong-bondong karena takut tak kebagian. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan menciptakan narasi yang membuat orang lain merasa perlu untuk membeli produk yang dijual. 

Anda dapat menuliskan bahwa stok produk tersebut sangat terbatas atau hanya tersedia pada hari itu saja. Hal itu akan menarik banyak orang untuk berbondong-bondong membelinya.

Baca juga: Fakta Unik Tentang Aplikasi Sosial Media Terbaru, Clubhouse

Unity

Teknik mempersatukan merupakan sebuah teknik marketing yang akan menarik minat pembeli sesuai dengan kepentingannya. Jadi, yang perlu dilakukan adalah mengetahui bagaimana pasar yang tepat untuk produk yang sedang dijual. 

Sebagai contoh, Anda dapat menjual produk frozen food kepada anak kos-kosan. Pasalnya banyak anak kosan yang sibuk dan perlu makanan cepat saji. Oleh karena itu teknik psikologi marketing ini perlu diterapkan pada sasaran yang tepat.

Verbatim Effect

Teknik psikologi ini adalah cara agar orang dapat mengingat produk melalui kata-kata atau tagline yang dibuat. Tagline tersebut akan merepresentasikan produk dan membuat orang menjadi teringat produk apabila mendengarnya. 

Sebagai contoh adalah produk Indomie dengan taglinenya yang sering terngiang, “Indomie , seleraku”. Seolah-olah kata-kata seleraku sangat merepresentasikan Indomie secara keseluruhan dan mempengaruhi alam bawah sadar seseorang.

Itu tadi 7 teknik psikologi marketing yang dapat Anda coba terapkan pada produk yang sedang Anda jual. Dengan penggunaan teknik marketing yang tepat tentu bukan menjadi hal yang mustahil untuk mendapatkan penjualan yang baik.