Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

6 Tools Social Media Monitoring Ini Akan Membantu Pemasaran

Jasa penulis artikel – Tools social media monitoring merupakan hal mutlak untuk memantau informasi di medsos terkait dengan bisnis. Dalam dunia pemasaran digital, salah satu kunci kesuksesannya adalah memfungsikan alat untuk monitoring medsos. 

Oleh sebab itu, pebisnis mutlak untuk memahami alat apa saja yang dapat digunakan. Yuk, simak review 6 tools social media monitoring di bawah ini:

Sprout Social

Sprout Social adalah alat yang banyak disukai pengguna. Alasannya karena terdapat fitur analitik. Analisis yang terdapat di Social Sprout merupakan information yang mutlak untuk meningkatkan engagement di medsos.

Seluruh keperluan pemantauan medsos dapat diakses lewat satu dashboard. Di mana dashboard ini dapat digunakan lebih dari satu orang untuk kolaborasi tim. Karena amat mudah digunakan, Sprout Social pun jadi pilihan banyak orang di bidang digital marketing.

Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu alat pantau medsos yang paling banyak digunakan. Alasannya karena fiturnya lengkap. Dengan Hootsuite, Anda dapat memantau aktivitas medsos di bermacam platform. Misalnya, LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+, Foursquare, serta WordPress.

Fitur menguntungkan dari Hootsuite adalah laporan mingguan yang dibuat khusus untuk Anda. Selain itu juga kemampuan Hootsuite untuk digunakan lebih dari satu pengguna. 

Hal ini agar Anda dapat dengan mudah mendelegasikan tugas lewat alat ini. Selain itu, Anda dapat memantau search query atau kata yang digunakan user untuk mencari informasi di medsos. 

Langkah ini dapat Anda lakukan secara real time. Hootsuite dapat Anda download gratis, tapi beberapa fitur premiumnya membutuhkan pembayaran.

Brandwatch Consumer Research

Brandwatch Consumer Research punya banyak fitur dan aplikasi. Alat pantau medsos ini dapat mencari segala hal terkait dengan bisnis dari satu tempat.

Brandwatch Consumer Research punya fitur query builder yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan fitur ini Anda dapat mencari segala kata kunci atau topik dari yang amat umum sampai spesifik.

Awario

Awario punya banyak fitur profesional dengan harga yang relatif lebih murah. Apalagi jika dibandingkan dengan alat pantau medsos profesional lainnya.

Anda dapat mengfungsikan Awario untuk memantau bermacam informasi di medsos. Misalnya, percakapan mengenai brand, kompetitor, industri usaha yang digeluti, dan lain-lain. Bahkan, Anda pun dapat membuat query yang kompleks untuk pencarian tertentu.

Selain itu, Awario termasuk dapat membantu memahami jika ada konten Anda yang diplagiasi. Juga menemukan brand mention yang tidak punya link untuk ditambahkan linknya. Fitur lainnya yakni memantau backlink baru ke situs yang Anda punya.

Baca juga: Siapa Sangka, 6 Kesalahan Marketing di Sosial Media Ini Bisa Berakibat Fatal

Keyhole

Keyhole adalah alat yang dapat dipakai untuk memantau Twitter dan Instagram. Dengan Keyhole, Anda dapat dengan mudah mendapat informasi dari banyak hal. Misalnya, variasi kata kunci, hashtag, URL, serta username. Data ini pun dapat diperoleh secara real-time.

Selain itu, Keyhole juga memberikan informasi heat map yang memberikan informasi mengenai level aktivitas. Seperti di beberapa bagian dunia mengenai suatu topik yang relevan untuk bisnismu.

Informasi yang Anda peroleh dengan Keyhole amat bermanfaat untuk perkembangan bisnis. Data yang dibuat oleh Keyhole dapat digunakan untuk mengoptimasi kampanye digital marketing yang dijalankan. Hal ini berdasarkan information total post, engagement rate, total reach, serta impression dari suatu hashtag.

Digimind Social

Digimind Social adalah tools social media monitoring dengan kecerdasan buatan. Alat ini tidak cuma dapat digunakan untuk memantau medsos. Namun, juga untuk social media listening.

Dengan Digimind Social, Anda dapat tahu perbincangan di medsos mengenai brand, membagi informasi lebih dari satu kategori, serta memberikan mention sebuah rating. Misalnya reaksi positif, negatif, atau netral.

Tools medsos monitoring ini termasuk dapat digunakan untuk mengukur performa konten yang dibuat dan dipublikasi. Digimind Social akan menganalisa dan menjalankan benchmarking performa konten tersebut di bermacam platform medsos.

Nah, itu dia 6 tools social media monitoring yang dapat Anda gunakan untuk digital marketing. Sudahkah Anda mencatatnya?