Yuk, Ketahui Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran dalam Bisnis

Jasa pembuatan artikel murah – Istilah konsep penjualan dan konsep pemasaran pastinya sudah bukan merupakan hal yang asing dalam dunia bisnis. Umumnya, kedua konsep ini hadir dengan tujuan yang sama, yakni untuk memperoleh banyak keuntungan dari hasil penjualan.

Meskipun memiliki persamaan dalam hal tujuan, konsep penjualan dan konsep pemasaran juga memiliki banyak perbedaan yakni dari segi definisi, orientasi, prosedur kegiatan, tata kelola dan beberapa hal penting lainnya. 

Perbedaan Umum Antara Konsep Penjualan dan Pemasaran

Perbedaaan secara umum antara konsep penjualan dan konsep pemasaran adalah, konsep penjualan lebih mengutamakan kebutuhan pada saat penjualan. Dalam konsep ini Anda hanya akan merancang berbagai macam strategi untuk proses pemasaran supaya bisa mendapat banyak keuntungan terlepas dari bagaimana kualitas produk dan kenyamanan dari konsumen produk Anda. 

Dalam menyusun strategi pemasaran, Anda yang merupakan seorang pebisnis, dituntut untuk mengenali pasar. Sedangkan konsep pemasaran cenderung lebih fokus dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar dengan memperhatikan kenyamanan dan kualitas produk. Karna dalam penjualan, pembeli adalah raja.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak faktor-faktor pembeda dari konsep penjualan dan konsep pemasaran.

Baca juga: Apa Faktor Pembeda Harga dalam Pembuatan Website?

Konsep Penjualan

Sesuai dengan nama dan apa yang sudah diuraikan di awal, konsep penjualan hanya berfokus pada kebutuhan penjualan. Strategi pemasaran menjadi salah satu kebutuhan penjualan yang penting untuk diperhatikan selain keinginan pasar. 

Dalam konsep penjualan ini, Anda bisa menyusun strategi penjualan dengan menentukan kira-kira strategi penjualan atau media seperti apa yang cocok untuk usaha produk Anda. Contohnya jika Anda merupakan pebisnis toko pakaian, mungkin selain penjualan tatap muka, Anda juga bisa menjual produk Anda secara online. 

Dalam konsep ini kualitas dari produk Anda belum dipertimbangkan dan biasanya akan dipertimbangkan setelah ditetapkannya strategi pemasaran. Biasanya konsep ini direalisasikan lebih intens pada produk-produk yang kurang diminati oleh khalayak ramai, seperti ensiklopedi. 

Dalam hal ini Anda membutuhkan usaha ekstra untuk dapat melariskan produk Anda. Setelah penjelasan dipaparkan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:

  • Produk yang dijual harus sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen. Karena pada dasarnya, konsumen akan membeli produk yang dibutuhkannya.
  • Strategi penjualan dan kemasan produk yang digunakan harus menarik agar bisa meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
  • Inti dari konsep penjualan ini adalah untuk meningkatkan jumlah pembeli dan mempertahankannya agar para pembeli tersebut selalu membeli produk atau dengan kata lain para pembeli tersebut bisa menjadi pelanggan Anda.

Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran merupakan konsep yang berfokus pada pasar atau konsumen. Strategi yang digunakan pada konsep pemasaran hanya untuk menarik minat konsumen agar produk laku keras di pasaran. 

Kemudian, konsep pemasaran adalah strategi yang digunakan bertujuan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen demi membuat para konsumen merasa puas.

Yang dikedepankan pada konsep penjualan adalah banyaknya keuntungan yang didapat. Jadi, dalam konsep pemasaran ini Anda harus bisa menjalin relasi yang baik dengan konsumen dengan menciptakan produk-produk berkualitas.

Ditambah lagi, juga ada tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dalam pelayanan agar mereka ingin menjadi pelanggan. Dalam artian lain tujuannya adalah agar produk Anda menjadi salah satu kebutuhan pokok konsumen yang harus selalu dibeli.

Berikut ini adalah hal-hal lain yang masih memiliki kaitan dengan konsep pemasaran:

  • Produk harus menjadi salah satu kebutuhan primer konsumen
  • Kegiatan pemasaran harus dilakukan dengan terencana atau integrated marketing.
  • Pemasaran harus bertujuan untuk menciptakan produk yang dapat memberi rasa puas pada konsumen dan dapat mewujudkan tujuan dari perusahaan atau tempat usaha.

Pada akhirnya kita dapat menarik kesimpulan bahwa konsep penjualan dan konsep pemasaran sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Konsep penjualan berfokus pada kebutuhan penjualan (ketersediaan produk dan strategi penjualan), sedangkan konsep pemasaran berfokus pada kebutuhan dan keinginan konsumen serta tujuan perusahaan.  Setelah mengetahui perbedaan dari kedua konsep ini, maka Anda dapat menentukan konsep apa yang cocok dengan bisnis Anda.