Tips Jitu Menulis Artikel yang Logis dan Mudah Dipahami
Tips Jitu Menulis Artikel yang Logis dan Mudah Dipahami

Jasa pembuatan artikel termurah – Artikel logis merupakan artikel yang tidak membingungkan dan masuk akal. Selain logis, sebuah artikel juga harus mudah dimengerti oleh para pembaca, serta tidak menimbulkan lonjakan emosi secara tiba-tiba.

Artikel yang baik dapat memberikan rasa nyaman pada para pembaca saat membaca, serta alurnya pun terkesan mengalir. Sedangkan artikel yang kurang baik biasanya membingungkan dan tidak memiliki alur penulisan yang benar.

Jika artikel Anda termasuk logis, mudah dipahami dan dan memiliki alur yang benar, maka pembaca akan bertahan untuk membaca artikel hingga selesai. Jika artikel terkesan membingungkan dan alur yang kurang tepat, maka pembaca akan merasa jenuh dan bisa saja mereka tidak membaca artikel hingga selesai.

Sebelum Menulis, Pahami Jenis Artikel

Apapun jenisnya, artikel harus tetap menjadi artikel logis. Mungkin sebagian dari Anda terbiasa dengan beberapa jenis artikel saja. Nah, kali ini akan dijelaskan juga tentang beragam jenis artikel:

  1. Artikel deskripsi. Artikel ini bertujuan untuk membantu pembaca dalam memahami gambaran tentang suatu fakta.
  2. Artikel narasi. Seperti namanya, artikel ini mengisahkan tentang suatu cerita atau kejadian. Artikel ini umumnya terdapat pada dongeng, komik, dan film.
  3. Artikel eksposisi.  Artikel eksposisi berperan sebagai pengurai topik. Artikel ini biasanya memiliki urutan angka, tahapan langkah dan menjabarkan definisi. Artikel ini terkadang juga memuat opini, namun tidak semua artikel eksposisi berisi opini.
  4. Artikel persuasi. Artikel ini bersifat membujuk atau meyakinkan. Artikel persuasi juga biasa disebut dengan artikel motivasi. 

Tips Membuat Artikel dengan Alur yang Logis 

Membuat artikel dengan alur yang logis sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa tahap untuk bisa membuat artikel beralur logis. Berikut penjelasannya:

Membuat Urutan Paragraf yang Logis

Sebelum mulai menulis, Anda sebaiknya terlebih dahulu membuat plot point untuk artikel yang akan ditulis. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika menulis ide pokok dari setiap paragraf berdasarkan plot point. Ide pokok dari setiap paragraf harus terurut dan saling berkaitan agar artikel bisa menjadi artikel logis.

Secara umum, ide pokok dalam setiap paragraf bisa digambarkan sebagai segitiga terbalik. Setiap penjelasan dijelaskan dari umum hingga khusus. Peralihan dari tiap plot juga sangat dipengaruhi oleh perspektif, tanda baca, penggunaan spasi, gaya penulisan, dan kata penghubung.

Gunakan Teknik Show Don’t Tell

 Teknik ini sebenarnya sudah sangat terkenal di kalangan penulis. Penggambaran suasana, peristiwa, proses dan rasa dalam sebuah artikel logis biasanya lebih menarik jika menggunakan teknik showing. Sedangkan teknik telling biasanya digunakan untuk menjelaskan hal yang tidak memerlukan penjabaran lebih lanjut.

Baca juga: Sebelum Membuat Artikel Pilar, Kenali Ciri dan Kegunaannya untuk Bisnis

Menempatkan Diri sebagai Pembaca

Setelah artikel selesai, anda perlu membacanya kembali dan menempatkan diri sebagai pembaca. Mungkin artikel memerlukan kajian ulang tentang gaya penulisan atau bahasa yang digunakan. 

Artikel akan menjadi artikel logis jika memiliki urutan plot yang runut, tidak bertele-tele, menarik dan juga bersifat meyakinkan atau persuasif.

Dalam kaitannya dengan menempatkan diri sebagai pembaca, Anda juga harus mengetahui karakter dari calon pembaca artikel. Hal ini berkaitan dengan kelogisan artikel dan diperlukan agar gaya bahasa yang dipilih sesuai dan bisa menarik minat calon pembaca.

Demikian penjelasan tentang tips jitu menulis artikel logis dan mudah dipahami. Kesimpulannya, selain memperhatikan isi artikel, urutan serta penggunaan tanda baca juga perlu diperhatikan untuk membuat sebuah artikel yang logis. Semoga bermanfaat.