Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ternyata, Inilah Pengertian Copyright dan Jenis-jenisnya

Jasa penulis artikel seo – Apakah Anda tahu pengertian dari copyright, dan bagaimanakah cara Anda untuk mendapatkannya. Jika Anda ingin mengetahui mengenai copyright, dapat Anda temukan di bagian bawah sebuah website ataupun sebuah video klip musik. 

Pengertian Copyright

Dengan bentuk tulisan Copyright atau C, nama perusahaan dan all right reserved secara berurutan. Pengertiannya sendiri  adalah merupakan sebuah hak cipta bagi seseorang yang sudah berhasil menciptakan sebuah karya, baik dalam bentuk konten website, artikel, buku maupun video klip musik dan masih banyak lagi jenis karya. 

Artinya copyright bersifat melindungi hasil karya seseorang, agar tidak direbut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan mengakui menjadi hak milik. Apakah syarat untuk bisa menciptakan sebuah copyright pada sebuah karya tersebut, tidak lain adalah karya yang memang asli milik sendiri yang ditunjukkan dengan beberapa bukti dan berwujud nyata bentuk karya tersebut. 

Adapun beberapa hasil karya yang bisa dijadikan copyright contohnya adalah seperti karya tulis, konten website, program komputer, animasi dan audio, musik, jenis karya artistik, serta desain arsitektur. 

Baca juga: Agar Tak Salah, Ketahui Perbedaan WordPress(dot)com dan WordPress(dot)org

Jenis-jenis Copyright

Selain itu, ada beberapa jenis dari copyright yang mungkin belum Anda ketahui. Jenis-jenis dari copyright ini yang memperjelas keberadaan hak cipta sebuah karya tersebut,  yaitu antara lain:

  • Full Copyright

Jenis pertama dari copyright adalah full copyright, yaitu merupakan sebuah jenis hak cipta yang berhasil menunjukkan bahwa semua karya yang bisa dijadikan hak cipta tersebut sudah dilindungi. 

Jika ada yang memang ingin menggunakan karya tersebut untuk keperluan masing-masing, sudah pasti harus melakukan perizinan pada pemilik karya secara langsung. Permasalahannya adalah proses perizinan tersebut akan memakan waktu yang  tidak sebentar.

  • Public Domain

Jenis copyright kedua disebut dengan public domain, yaitu salah satu jenis hak cipta yang ternyata memiliki masa kadaluarsa tapi setelah bertahun-tahun dari karya tersebut dilisensikan ataupun pemilik karya sudah meninggal dunia. Apabila karya tersebut pada akhirnya masuk dalam masa kadaluarsanya, maka siapapun berhak untuk menggunakannya tanpa izin tertentu.

  • Creative Commons

Yang terakhir adalah creative common, yang artinya merupakan sebuah lisensi terhadap sebuah karya yang sudah dilindungi hak cipta. Dimana  jenis hak cipta seperti ini, memberikan kemudahan untuk bisa berbagi karya yang memang sudah dilakukan lisensi atau dilisensikan. Tapi bukan berarti oran-orang bebas mengakuinya menjadi hak milik diri sendiri.

Begitu Anda mengetahui apa saja jenis-jenis dari copyright, Anda juga harus mengetahui beberapa istilah sejenis dengannya. Yaitu hak paten dan trademark yang merupakan istilah yang tidak terlalu jauh berbeda. 

Apa yang membedakannya dengan copyright. Untuk trademark biasa disebut pada istilah sebuah merek produk atau branding, karena trademark adalah sebuah tanda yang diberikan untuk membuat perbedaan antara pebisnis yang satu dengan pebisnis yang lain agar tidak dianggap saling curi ide bisnis. 

Trademark bisa berbentuk logo dari brand produk tersebut, yang dijadikan simbol dagang dari bisnis tersebut. Seperti tanda centang pada brand Nike, ataupun gambar 3 buah daun yang terdapat pada simbol Adidas. 

Trademark tersebut akan dilindungi atau dilisensikan, syaratnya adalah dengan terdapatnya ciri khas pada produk tersebut. Sedangkan untuk istilah hak paten juga ada sedikit perbedaan, yaitu merupakan sebuah lisensi untuk sebuah penemuan baru. 

Karena, penemuan tersebut dapat dibuat ataupun digunakan dan menjadi sebuah karya yang harus dilindungi. Pemilik dari penemuan baru yang sudah dilakukan hak patennya, berhak melarang atau mencegah orang lain untuk menggunakan atau bahkan mengimpor barang penemuan tersebut. 

Semua itu merupakan jenis perlindungan dari bentuk-bentuk plagiarism, dengan adanya copyright dan jenis-jenisnya maka seluruh karya yang ada akan aman karena akan ditindak dengan sesuai bagi yang melanggar.