Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ternyata, Ini Cara Membuat Landing Page yang Lebih Efektif

Jasa penulis artikel jogja – Membuat landing page merupakan sesuatu yang harus seorang pebisnis pelajari. Manfaat dari landing page pada website adalah untuk menggaet pelanggan baru dan meningkatkan trafik untuk situs Anda. Sehingga landing page dapat menjadi sebuah online marketing yang cukup menjanjikan.

Bagaimana cara membuat landing page yang baik dan cara mengoptimalkannya? Inilah beberapa ulasannya.

Pengertian Landing Page

Landing page merupakan sebuah situs web statis yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung melalui aksi tertentu. Contohnya ialah berupa satu page yang masih berhubungan dengan situs web Anda atau bagian dari website utama.

Sebuah landing page berfokus pada beberapa tujuan yang variatif. Secara umum, landing page biasanya akan Anda temukan dalam bentuk pengarah pengunjung untuk mendaftarkan akun agar mendapat free trial. Dan setelah menjadi pengguna, seseorang biasanya berlangganan newsletter mingguan atau bahkan membeli beberapa produk.

Landing Page dalam Menghasilkan Conversion Rate

Langkah-langkah berikut ini dapat Anda terapkan sebelum membuat landing page:

Membuat Conversion Goal

Hal yang paling penting adalah Anda harus mengetahui tujuan utama membuat sebuah landing page. Dengan mengetahui tujuan yang terbaik, Anda dapat menentukan action  mana yang juga terbaik untuk landing page Anda nantinya.

Apakah Anda menginginkan pengunjung membeli produk? Menjadi pelanggan berbayar? Atau bahkan mendownload aplikasi. Anda perlu untuk memastikan tujuan utama agar dapat memecah tujuan tersebut menjadi lebih kecil untuk mendapatkan Langkah paling strategis.

Pastikan untuk selalu menganalisa audiens atau pengunjung web Anda. Sebab Anda perlu membidik target secara tepat yang sesuai dengan tujuan Anda.

Membuat Value Proposition Secara Jelas

Value proposition perlu Anda tuliskan secara singkat, spesifik, dan powerful. Sebagai contoh, Spotify meletakkan tulisan “Spotify Free” dengan tambahan tagline. Hal itu mengindikasikan bahwa Spotify menyediakan banyak lagu-lagu yang dapat penggunanya nikmati secara gratis.

Membuat Call-to-Action (CTA)

CTA dapat berupa formulir atau tombol. Buatlah CTA yang menarik dan kontras dari landing page agar pengguna tertarik untuk meng-klik CTA yang Anda buat.

Memulai Pembuatan Landing Page

Terdapat banyak website yang menyediakan jasa pembuatan landing page. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih wordpress dengan salah fitur a static page yang dapat Anda gunakan untuk membuat landing page secara gratis.

Baca juga: Bagaimana Data Penjualan Mempengaruhi Kesuksesan Bisnis?

Alasan Landing Page Menjadi Bagian yang Sangat Penting

Berbeda dengan Homepage, landing page lebih fokus untuk suatu tujuan. Biasanya homepage cukup berantakan karena penuh dengan menu, link, sidebar, hingga daftar postingan. Melalui fokus dari landing page, pebisnis akan sangat diuntungkan karena pelanggan akan memfokuskan tindakan hanya pada satu page. Hal itu tentu dapat meningkatkan conversion rate.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat Google Docs. Perhatian dari pengguna berfokus pada frasa call to action dan value proposition. Dengan demikian, pengguna menjadi tertarik untuk menggunakan Google Docs saat mereka ingin membuat dokumen secara daring.

Sebuah landing page mampu meningkatkan respon dari pengunjung website. Hal itu terjadi karena kita dapat menunjukkan apa yang harus pengguna lakukan. Rata-rata conversion rate dari adanya landing page adalah sekitar 2,35% atau bahkan hingga lima kali lebih tinggi dari prosentase tersebut.

Anda dapat menempatkan sistem pemasaran, pengiklanan, dan social media outreach dalam sebuah landing page. Strategi tersebut dapat membawa dampak positif apabila landing page bekerja secara efektif dan juga optimal.