Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Singkat dan Jelas! Inilah Perbedaan Http Dibanding Https

Jasa penulis artikel – Sekilas terlihat sama, namun terdapat perbedaan http dan https. Dalam sebuah domain, biasanya ditemukan http atau https di depannya. Hal ini sudah sangat umum, mengingat hampir semua domain menggunakannya. 

Cara untuk mengetahui sebuah website menggunakan http atau https, dengan melihat link yang ada di addres bar, browser yang digunakan. Menurut data yang dikemukakan oleh SSL Labs pada Februari 2018, penggunaan https oleh website populer sebanyak 65,5% dari 135.004 website. 

Dapat dikatakan https, merupakan faktor yang menentukan ranking website. Dari sudut pandang SEO, terdapat keuntungan lain yang akan didapatkan, ketika sebuah website menggunakan https di belakang domainnya.

Apa Itu Http?

Http merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, adalah sebuah protokol yang mengatur komunikasi yang terjadi dengan client dan server. Client disini merujuk kepada web browser maupun device lainnya, yang digunakan untuk mengakses atau menampilkan konten pada web. 

Cara komunikasi secara umum adalah, client mengirimkan request pada server, lalu server membalasnya dengan memberikan respon terhadap client. Bentuk dari respon berupa file HTML yang tampil di browser, ataupun data lain yang sesuai dengan request client. Proses itu diatur oleh protokol yang biasa disebut http.

Apa Pengertian Https?

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS), hampir sama dengan http. Bedanya, http dilindungi oleh secure, yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.  

Jika data yang dikirimkan browser ke server, tidak ada enkripsi pada http, sehingga rentan disalahgunakan. Maka, lain halnya dengan https yang lebih aman, karena ditambah kata secure di belakangnya. 

Perbedaan HTTP Dan HTTPS 

Ada beberapa poin yang harus diketahui mengenai aspek perbedaan http dan https. Berikut adalah hal-hal penting tersebut:

Keamanan Mengirim Data

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, http tidak menyediakan fitur keamanan yang ditranmisi oleh client ke server. Namun, https akan mengamankan data yang dikirim oleh client. Terdapat tiga aspek yang ditangani oleh https dalam keamananan data, yaitu mengautentifikasi server untuk meyakinkan pengguna berkomunikasi dengan server yang dituju. 

Merahasiakan data yang ditransmisi, sehingga pihak lain tidak bisa memahaminya, karena ada fitur enkripsi data. Aspek yang terakhir yaitu, integritas data yang ditransmisi tidak bisa diubah pihak lain, karena tervalidasi oleh Message Authentication Code (MAC). 

Baca juga: Apa Persyaratan Bikin Website yang Harus Diketahui Para Webmaster?

Port yang Digunakan Berbeda

Secara default, dalam melakukan proses komunikasi, http memakai port 80. Berbeda dengan https yang menggunakan port 443, yang koneksinya dienkripsi oleh SSL atau TLS Dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol), data akan dikirim dan diterima melalui port 443, yang sambungannya terenkripsi oleh SSL maupun TLS (Transport Layer Security). 

Http Membutuhkan SSL

Hal mendasar lainnya dari perbedaan http dan https adalah, untuk mengaplikasikan protokol https, diperlukan sertifikat Secure Socket Layer (SSL). Teknologi keamanan ini berfungsi untuk mengenkripsi data, yang ditransmisi oleh client dan server. Dengan SSL, seseorang dapat mengirimkan informasi penting dengan aman. Contohnya, seperti mengirim nomor kartu kredit.

Keuntungan Menggunakan Https Bagi SEO 

Pada tahun 2014, Google mengumumkan jika Https merupakan salah satu faktor yang menentukan ranking website. Bukan berarti, ranking website naik signifikan, jika langsung beralih ke https. 

Pengguna mungkin pernah berkunjung ke website atau memasukkan data, dan mendapatkan pesan not secure. Kemungkinan pengguna akan beralih ke website lain yang lebih aman, karena not secure ini yang menyebabkan ranking website menurun. 

Setelah mengetahui perbedaan http dan https. Jadi, protokol apa yang ingin digunakan untuk website Anda? Sebaiknya penggiat SEO menggunakan https yang lebih aman, dan berpotensi mendatangkan pengunjung website.