Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Siapa Sangka, 3 Tools Gratis Ini Bisa Mengecek Kecepatan Website Anda

Jasa Pembuatan Artikel SEO – Kecepatan website merupakan hal yang menjadi prioritas utama bagi para pemilik website yang ada di dunia. Tanpa kecepatan yang memadai, tentu sebuah website tidak akan dilirik oleh banyak pengunjung. 

Anda harus bisa menyusun strategi terbaik jika ingin website yang Anda miliki diserbu oleh pengunjung berkat kecepatannya. Pahamilah bahwa setiap orang selalu menghindari website yang lemot karena hal itu akan membuang lebih banyak waktu. 

Untuk itu, Anda harus bisa membuat website lebih cepat agar mudah diakses oleh siapapun. Nah, bagaimana caranya? Berikut ini 10 tools yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan website secara gratis.

Pingdom

Apa itu Pingdom? Namanya yang begitu unik membuat tools ini sangat mudah diingat oleh siapapun. Pingdom menjadi salah satu tools monitoring website yang paling populer di belahan dunia manapun saat ini. 

Kepopulerannya sudah terbukti dari banyaknya klien yang menggunakannya. Beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest terdaftar menjadi klien tools ini.

Fitur gratis cek kecepatan website yang ditawarkan oleh tools ini dapat digunakan untuk menilai kecepatan menggunakan skala 0 sampai 100. Jika website yang Anda cek mendapatkan nilai yang tinggi, maka kualitas website tersebut sudah baik. Bahkan di dalam fitur ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam saran yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

Google PageSpeed Insight

Salah satu indikator penilaian untuk SEO adalah kecepatan website. Hal ini diungkapkan secara resmi oleh Google sejak tahun 2010. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, Google merilis Google PageSpeed Insight. 

Tools ini berfungsi dengan baik untuk membantu Anda mengecek kecepatan website yang ada di perangkat desktop dan perangkat mobile. Tools yang dihadirkan oleh Google ini bekerja dengan cara menilai kecepatan loading website menggunakan skala persen. 

Jika website yang Anda cek memiliki skala persen 0 – 49, maka website tersebut tergolong lambat. Jika website yang Anda periksa memiliki skala persen 50 – 89, maka website tersebut tergolong dalam kecepatan rata-rata. 

Baca juga: Jenis Backlink Pada Digital Marketing SEO yang Perlu Anda Ketahui

Namun jika website yang sedang dicek memiliki skala persen 90 – 100 maka hal ini menandakan website tersebut sudah cepat. Selain itu, tools ini juga akan memberikan saran untuk Anda jika ingin meningkatkan kualitas di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool

Pihak Google merilis tools ini karena memahami bahwa para pengunjung akan cepat meninggalkan sebuah website yang tidak nyaman dipakai di mobile. Website yang tidak mobile friendly tersebut tentu lebih dihindari oleh pengunjung dengan berbagai alasan yang ada. Didukung dengan teknologi dari Google PageSpeed Insight, tools ini akan bekerja dengan baik untuk menilai website di perangkat mobile.

Anda akan menerima penilaian kecepatan dalam skala 0 – 100 yang dilengkapi dengan saran. Sehingga, tools ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memeriksa kecepatan sebuah website di perangkat mobile. 

Anda pun juga bisa mendapatkan laporan kecepatan yang sudah diperiksa melalui email. Selain itu, laporan tersebut juga bisa langsung dikirimkan ke developer webmaster.

Melakukan cek kecepatan website merupakan kegiatan yang wajib untuk para pemilik website. Tanpa melakukan pengecekan secara teratur, maka Anda tidak akan mengetahui seberapa cepat website yang Anda miliki secara akurat. Hasil dari pengecekan yang Anda lakukan akan membantu dalam peningkatan kualitas website yang nantinya berguna menarik lebih banyak pengunjung.