Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Seberapa Penting Backlink Bagi Sebuah Website? Inilah Jawabannya

Jasa penulis artikel seo – Backlink seperti yang Anda ketahui, berhubungan erat dengan sebuah website. Karena, backlink berhubungan juga dengan SEO yang menjadi syarat agar website Anda bisa masuk peringkat teratas pada mesin pencarian google. 

Istilah Penting yang Berhubungan Dengan Backlink

Backlink dan website mempunyai ketergantungan. Backlink bisa memberitahukan pada Google mengenai kualitas konten sebuah website yang bisa dikatakan berkualitas. Ada beberapa istilah yang berhubungan dengan istilah backlink ini, diantaranya adalah:

  • Anchor Text

Istilah ini adalah teks yang digunakan untuk meletakkan link pada backlink, membuat anchor text harus disesuaikan dengan kata kunci yang sudah ditargetkan sebelumnya. Lalu gunakan kata tersebut pada backlink.

  • Link Juice

Backlink yang berkualitas, ketika website lain melakukan backlink pada website Anda maka juice link akan membantu meningkatkannya.

  • No Follow Link

Ketika sebuah website sudah memberikan link pada website lain, tapi link tersebut terdapat tag no follow link maka google tidak akan mengindeks website tersebut.

  • Dofollow Link 

Hal ini merupakan kebalikan dari no follow link, bahwa jika ada website memberikan link pada website lain maka Google akan mengindeksnya.

  • Internal Link

Link yang terdapat pada satu halaman website, namun mengarah pada halaman lain pada domain yang sama. 

  • Linking Root Domain

Yang terakhir adalah linking root domain, yaitu link yang mengacu pada banyaknya jumlah backlink yang memang mengarah pada website Anda.

Baca juga: 5 Aspek yang Membedakan Desain UX Dan UI, Apa Saja?

Manfaat dan Kriteria Backlink Berkualitas

Selain bisa berpengaruh pada posisi website dalam urutan mesin pencari Google, ada beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati sebagai pemilik sebuah website. Manfaat tersebut antara lain, adalah:

Menjaga Reputasi Sebuah Website

Website yang Anda miliki harus memiliki reputasi yang baik, agar bisa selalu dipercaya oleh para pengunjungnya untuk setia mengunjungi website Anda dan membaca seluruh konten. 

Tahukah Anda, bagaimana Google menilai sebuah website itu populer atau tidaknya, pastinya dengan melihat backlink yang ada pada website tersebut. Semakin banyak link mengarah pada website, maka website tersebut semakin naik reputasinya.

Meningkatkan Kredibilitas

Berikutnya adalah manfaat yang dapat meningkatkan kredibilitas website, yaitu Google juga akan menilai backlink pada website Anda berdasarkan relevansinya. Sebuah backlink yang relevan, merupakan backlink yang biasa didapat dari website ataupun blog.

Google menemukan Website Melalui Backlink

Manfaat yang ini juga cukup membuat kita senang, karena Google menemukan website Anda melalui backlink tersebut. Karena, Google memang akan memprioritaskan website yang mempunyai banyak sekali link yang mengarah pada website tersebut. 

Meningkatkan Trafik

Karena bisa membuat posisi website menjadi yang teratas, maka manfaat backlink salah satunya juga bisa meningkatkan trafic. Bagi sebuah website, traffic merupakan hal yang sangat penting. 

Menciptakan Relationship

Manfaat berikutnya adalah dapat menciptakan relationship atau hubungan, dimana hubungan tersebut adalah dengan banyak pihak terkait. Maka website bisnis Anda akan cepat dikenal orang lain.

Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat terakhir dari backlink pada sebuah website adalah dapat meningkatkan brand awareness. Karena, melakukan sebuah brand awareness adalah sebuah cara jitu untuk membentuk brand produk Anda pada website.

Jika Anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari backlink, maka Anda pun harus mengetahui kriteria backlink yang berkualitas. Yaitu, dengan cara memeriksa apakah backlink terindeks google, traffic website, memiliki otoritas yang baik, kualitas outbound link, dan relevansinya.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa strategi jitu. Strategi jitu tersebut antara lain, menempatkan backlink pada website dengan otoritas yang tinggi. 

Selain itu, menggunakan backlink dengan anchor text keyword. Bahkan, bisa juga dilakukan dengan menanam backlink dengan konten yang informatif. Jadi, Anda bisa selalu memantau sumber backlink dari kompetitor.