Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Perbedaan Website Dengan Blog Berdasarkan Konten, Apa Saja

Jasa penulis artikel seo – Secara nama dan fungsinya, perbedaan website dengan blog atau yang biasa disebut weblog sudah banyak yang mengetahui. Karena, perbedaan antara keduanya cukup kentara. 

Bahkan, persamaannya pun juga tidak asing. Sedangkan perbedaan antara keduanya berdasarkan konten bisa diketahui secara detail, ada beberapa faktor seperti misalnya: 

Berhubungan Dengan Pengguna

Perbedaan pertama yang sangat terlihat adalah penggunanya, karena pengguna dari dua istilah tersebut berbeda visi dan tujuannya. Pengguna blog adalah orang-orang yang hobi tulis menulis dan menginginkan hanya untuk dijadikan sebuah media penampung tulisannya, yang berasal dari bervariasi pengguna dan ingin menampilkan hasil tulisan pada banyak orang. 

Untuk website, penggunanya adalah orang-orang profesional yang memanfaatkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu yang bernilai dan secara komersil. Bentuk konten atau tulisan hampir sama, hanya penyajian saja yang berbeda. 

Tujuan Kegunaannya

Tujuan dari website dengan blog memiliki perbedaan yang sangat jelas. Dimana blog memiliki tujuan kegunaan pribadi yaitu sebagai media untuk mencatat atau menuliskan catatan ataupun informasi pribadi dan dibagikan kepada semua kenalan Anda. 

Sedangkan, website memiliki tujuan yang didasarkan untuk keperluan bisnis atau komersial. Namun, makin berkembang banyak blogger sebagai pemilik blog yang menggeser fungsi dan tujuan blog juga sebagai media bisnis.

Biaya yang Dikeluarkan

Berdasarkan dari biaya yang dikeluarkan , fungsi dari website dengan blog yang pastinya hampir semua orang tahu sudah sangat jelas. Karena, yang sudah kita ketahui bahwa penggunaan blog memang bisa dipakai secara gratis. 

Mengapa demikian? Karena, subdomain dan web hosting sudah disediakan pada masing-masing platform blog. Adapun, untuk website adalah kebalikan dari blog. Yaitu, sebuah media yang dapat dipakai dengan cara berbayar.

Kemudahan yang Dirasakan

Di era serba canggih, tentunya berbagai kemudahan dapat kita rasakan. Terlebih lagi era teknologi ini, memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan. Dalam penggunaan website dengan blog, kemudahan yang didapat lebih cenderung pada blog dibandingkan website. 

Karena, blog tidak perlu melakukan banyak proses dan fiturnya lebih sederhana dan friendly. Sedangkan, untuk website karena bersifat komersial maka prosesnya pun sedikit lebih rumit. Pengolahannya memanfaatkan tenaga ahli yang khusus pada bidang pemrograman.

Baca juga: Seberapa Penting Backlink Bagi Sebuah Website? Inilah Jawabannya

Desain Template

Perbedaan selanjutnya antara website dengan blog adalah berbicara mengenai desain template, yaitu desain template pada website terlihat lebih bagus dan berseni dibandingkan desain template sebuah blog. Karena, website memiliki programmer sendiri atau desainer untuk khusus template maka bentuk desain bisa menyesuaikan kebutuhan dari pemilik, jenis website dan pengunjung.

Performa

Karena website sedikit lebih rumit dan lebih sempurna dalam hal operasi dan desain, membuat penampilan dan performanya memang terlihat jauh lebih baik dibandingkan blog. 

Website yang juga menggunakan programmer juga menjadikannya berkesan professional, berbeda dengan blog yang bisa dilakukan oleh siapapun. Karena, blog memang hanya sebatas media yang sudah secara otomatis bisa mempublish berbagai konten yang ingin Anda tampilkan dan publish. 

Itulah beberapa perbedaan yang memang diketahui terdapat antara dua variasi media konten ini. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat kentara dan bertolak belakang. 

Tapi dua istilah untuk media konten ini sangat mendukung kita untuk kreatif dalam dunia digital ini. oleh karena itu, antara website dengan blog memang memiliki perbedaan yang sangat terlihat tapi juga memiliki kekhasannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.