Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Penggunaan Cloudflare untuk Mengoptimasi Lalu Lintas Website

Jasa pembuatan artikel murah – Secara umum, penggunaan Cloudflare sangat penting dalam situs website. Cloudflare merupakan metode dari layanan CDN yang digunakan untuk mengamankan serta mempercepat proses pengelolaan situs website. 

Mungkin sebagian dari Anda, terkhusus untuk kaum pemula di dunia IT, ada yang masih merasa asing dengan istilah ini dan belum mengetahui pengertian, fungsi dan kegunaan dari salah satu metode CDN ini.

Tidak perlu khawatir. Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, fungsi serta cara penggunaan dari Cloudflare, yang sedang menjadi pertanyaan dalam benak Anda, terutama para kaum pemula. Namun sebelum mengetahui lebih lanjut tentang seluk-beluk dari Cloudflare, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu tentang CDN dan prosedur kerjanya.

Pengertian CDN

CDN atau yang biasa disebut dengan Content Delivery Network merupakan backbone transparan dalam jaringan internet yang memiliki tanggung jawab dalam pengiriman konten atau content delivery. Setiap saat kita dapat berinteraksi dengan berbagai CDN secara tidak terlihat pada saat membaca artikel, melihat iklan yang tertera pada media sosial, ataupun saat melakukan transaksi belanja online. 

CDN berperan dalam mengurangi periode waktu yang anda butuhkan untuk menunggu server lainnya yang menyimpan berkas situs website. Dalam hal ini, CDN memberi kemudahan kepada penggunanya untuk bisa lebih cepat saat mengakses website dengan menjaga jarak fisik antar server website dan pengguna, serta memberikan keamanan.

Prosedur Kerja CDN

Content Delivery Network ini digunakan untuk mengurangi latensi atau durasi waktu penundaan saat mengakses website lain. Sebagai contoh, jika visitors Indonesia ingin melihat konten yang berasal dari luar negeri pasti membutuhkan durasi pemuatan atau loading yang cukup lama. 

Maka dengan adanya CDN ini maka waktu yang digunakan untuk mengakses konten dari website asing tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Hal ini dikarenakan CDN telah menempatkan cache dari situs website Anda pada beberapa lokasi penyimpanan geografis di seluruh dunia atau yang biasa disebut sebagai ‘Point of Presence atau PoP’ sehingga sangat memudahkan ketika mengakses situs website manapun.

PoP bertanggung jawab untuk mengirimkan konten yang dibutuhkan oleh pengguna sehingga kecepatan kinerja website pun meningkat.

Pengertian dari Cloudflare

Cloudflare adalah salah satu metode content delivery. Ini merupakan jaringan yang berfungsi sebagai proxy atau perwakilan antara visitors atau pengunjung website dengan server atau pengguna website, untuk menghubungkan keduanya. 

Cloudflare memiliki banyak server website yang tersebar di beberapa negara. Tujuannya yaitu untuk mempercepat website dengan menggunakan cache.

Konten statis yang berada di lokasi terdekat dan metode CDN ini juga bertujuan untuk memberikan keamanan dengan menghindarkan website Anda dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh para visitors. 

Pengunjung website pun diklasifikasi menjadi 3 jenis, yaitu: Visitors yang merupakan pengunjung berupa manusia yang mengunjungi website; Robot atau Perayap, pengunjung berupa program yang mengunjungi website dengan tujuan untuk memindai tiap halaman website dan dapat menghabiskan banyak bandwidth server; dan yang terakhir adalah Attackers yang melakukan kunjungan website untuk melakukan serangan.

Baca juga: Pahami Strategi dan Peluang Usaha Potensial di Masa Pandemi

Kegunaan Cloudflare

Jika terdapat penggunaan Cloudflare pada website Anda, maka nameserver akan berubah secara otomatis mengikuti nameserver pada Cloudflare. Hal ini memungkinkan website dapat diakses dengan cepat, karena seluruh aktifitas dari pengunjung website akan terlebih dahulu melalui Cloudflare.

Penggunaan Cloudflare ini bisa membantu Anda mengoptimasi  pengiriman konten web dengan menyimpan duplikat konten statis seperti CSS, JavaScript dan file gambar di server-nya. Konten dari website Anda dilayani dari server Cloudflare yang berada paling dekat dengan visitors. 

Jika server pada jaringan Cloudflare sedang sangat sibuk maka lalu lintas web akan dialihkan secara otomatis ke server lain yang masih berdekatan dengan visitors. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika terjadi penggunaan Cloudflare pada website Anda. Berikut ini penjelasannya:

  • Mengarahkan pengunjung pada koneksi yang paling cepat dibanding website yang tidak menggunakan Cloudflare.
  • Penggunaan Cloudflare dapat  mengontrol aktifitas yang berbahaya pada website melalui IP.Resource. jika pihak Cloudflare menemukan sebuah ancaman, maka website attackers tersebut akan segera diblokir.
  • Dapat menjadi cache konten statis pada website Anda

Penggunaan Cloudflare dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kinerja website, karena memiliki beberapa alasan, yaitu:

  1. Dapat mengoptimasi pada perangkat mobile website, seperti Rocket Loader dan Auto Minify.
  2. Memberi perlindungan pada website agar terlindung dari ancaman, bot, dan komentar spam yang dapat menurunkan ranking website.
  3. Memberi peringatan pada pengunjung jika komputer terinfeksi virus. Karena pada saat pengunjung memasukan CAPTCHA dan terdeteksi memiliki virus, maka pengunjung akan disarankan untuk melakukan pembersihan.
  4. Dapat melakukan mode offline. Ketika mengalami gangguan maka pengunjung dapat mengakses website secara offline.
  5. Mengurangi penggunaan resource server dan dapat membuat beban server tetap aman.
  6. Dapat menampilkan jenis pengunjung yang mengunjungi website Anda.

Penggunaan Cloudflare ini terintegrasi dengan CMS atau Content Management System. Juga Control Panel, penyedia layanan hosting, platform e-commerce dan lainnya yang bertujuan untuk menyediakan layanan untuk meningkatkan keamanan dan kinerja sistem yang digunakan. 

Cloudflare yang terdapat pada WordPress dapat mempercepat kecepatan untuk memuat halaman website, menaikkan kualitas SEO, dan melindungi situs website dari serangan ancaman.  Anda dapat memanfaatkan fitur ini pada panel pengelola hosting dengan menyambungkan domainnya juga. 

Anda juga dapat menggunakan Cloudflare berbayar untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Demikian penjelasan tentang Penggunaan Cloudflare, semoga bermanfaat bagi Anda.