Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Mengolah Market Demand dengan Ide Produk Baru untuk Start Up

Jasa pembuatan artikel termurah – Dalam ekonomi, market demand merupakan permintaan pasar. Sebelum menentukan ide produk yang akan diproduksi, sangat penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk mengetahui tentang permintaan pasar.

Permintaan pasar merupakan banyaknya konsumen yang menginginkan produk yang diproduksi dan bersedia untuk membayarnya dalam jangka waktu tertentu. Jumlah konsumen yang mencari produk, biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk serta banyaknya ketersediaan produk dapat menjadi faktor adanya permintaan.

Jika Anda memiliki usaha start up, maka Anda perlu mengetahui tentang keinginan pasar ini. Keinginan pasar dapat membantu Anda dalam banyak hal, seperti: menentukan strategi harga, pembelian dan strategi pemasaran.

Strategi Pengelolaan Permintaan Pasar untuk Start Up

Bisnis start up identik dengan produk-produk terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Jika produk sudah tersedia sebelumnya, maka pelayanan yang akan ditawarkan pasti berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan strategi market demand dengan cermat sangat diperlukan oleh bisnis start up.

Melakukan survey ke toko offline. Anda bisa mengunjungi toko atau pasar offline untuk mengamati jenis produk yang sangat diminati oleh konsumen. Fenomena ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis baru.

Misalnya, jika daging segar menjadi barang yang paling dicari di pasar tradisional, maka anda bisa menjual daging segar secara online. Anda bisa bekerja sama dengan para peternak. Salah satu supplier daging segar online yakni @jurassicshopz.

Rajin mencari informasi di situs jual-beli online. Informasi seputar produk terbaru yang diminati konsumen bisa didapat melalui e-commerce, marketplace dan online store dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dapat menambah wawasan tentang referensi produk terbaru.

Setelah itu, Anda bisa mengkaji dan memperkirakan kecocokan produk tersebut dengan market demand. Jika cocok, maka strategi pemasaran mulai dari harga hingga kegiatan promosi bisa mulai ditentukan dan dipertimbangkan.

Manfaatkan SEO Tools. Informasi tentang produk yang sedang trend bisa ditemukan melalui Google Trends. Anda cukup mengetik keyword, topik, atau frasa tertentu untuk mencari jenis produk yang sedang dibutuhkan atau diminati oleh konsumen. Ide produk baru dan pengembangan layanan bisa dikembangkan berdasarkan informasi yang diterima.

Melihat review produk dari pelanggan dan testimoni dari influencer. Produk terbaru biasanya juga diberi testimoni atau endorse oleh para influencer. Anda juga bisa mencari informasi terkait produk tersebut melalui review dari para konsumen. Hasil review dan produk tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha baru.

Baca juga: Bukan Plagiat! Inilah Pengertian dan Cara Membuat Artikel Rewrite

Menghitung Permintaan Pasar Untuk Sebuah Produk

Data penjualan dari setiap konsumen sangat diperlukan dalam proses penghitungan jumlah permintaan yang terjadi terhadap sebuah produk. Bagi Anda pengguna e-commerce atau online shop, data bisa diperoleh dengan mudah. 

Sistem pada e-commerce atau online shop akan langsung mencatat pembelian yang terjadi, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan setiap ada pembelian.

Ketika anda merubah harga dari produk yang dijual, perubahan tersebut tentu akan berpengaruh juga terhadap market demand. Misalnya jika ada diskon, maka akan banyak pembeli yang ingin membeli produk. 

Namun jika ada kenaikan harga, maka pembeli akan membeli produk lain yang sejenis dengan harga murah ataupun membeli produk yang berukuran kecil.

Kesimpulannya, market demand terjadi dengan adanya kebutuhan dan keinginan pasar. Oleh karena itu, produk baru yang dipasarkan oleh usaha start up harus sesuai dengan keinginan pasar agar terjadi pembelian.