Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Mengenal Payment Gateway dan Manfaatnya untuk Toko Online Anda

Jasa pembuatan artikel murah – Dengan maraknya kehadiran online shop, pembayaran dalam bisnis online menjadi salah satu hal yang sangat penting di zaman ini. Berkaitan dengan produk yang diperjualbelikan maupun teknik periklanan pada toko pada umumnya dan toko online tidak jauh berbeda. Namun ada juga beberapa hal yang menjadi pembeda dari kedua toko ini. 

Perbedaan Online dan Offline Shop yang Bersifat Prinsipal

Yang menjadi faktor pembeda antara kedua toko ini adalah: di toko pada umumnya, seller dan customer bertemu secara tatap muka atau bertemu secara fisik. Sedangkan di toko online, customer tidak selalu bertemu secara langsung saat terjadi proses jual beli. 

Saat melakukan transaksi pembayaran dari toko yang bersistem tatap muka, pembeli atau customer bisa langsung bertemu dengan penjual atau seller untuk melakukan pembayaran. Sedangkan di toko online, pembeli tidak langsung bertemu dengan penjual untuk melakukan pembayaran.  Transaksi pembayaran dilakukan dengan mentransfer uang ke rekening penjual sesaat setelah atau sebelum barang pesanan diterima oleh pembeli.

Mengapa Payment Gateway Sangat Penting? 

Payment gateway sangat penting dalam bisnis online karena metode ini bisa menjadi kemudahan pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran. Jika pembayaran dalam bisnis online bisa dilakukan dengan mudah, maka pembeli juga akan senang untuk terus melakukan pembelian produk di toko online tersebut. 

Jika Anda merupakan salah satu pebisnis online, maka Anda sangat disarankan untuk menggunakan payment gateway dalam transaksi pembayaran di bisnis anda agar memudahkan pembeli dalam proses payment. Namun sebelum membahas secara lebih jauh tentang payment gateway, ada baiknya kita mengetahui apa itu payment gateway. 

Baca juga: Kenali WhatsApp Business sebagai Asisten Virtual pada Pemilik Usaha

Payment gateway adalah layanan yang digunakan untuk mempermudah proses pembayaran antara penjual (seller) dan pembeli (customer). Payment gateway dapat membantu toko online untuk memastikan transaksi pembayaran berjalan dengan aman meskipun dilakukan dengan cara apapun, misalnya pembayaran melalui bank, gerai supermarket dan credit card.

Bagi Anda yang merupakan customer dari toko online, Anda tidak perlu takut jika data Anda yang terlihat pada layanan payment gateway akan disalahgunakan. Jaminan keamanan di payment gateway sudah sangat menjanjikan dapat dipercaya, sudah berstandar, memiliki address verification system, card security code dan 3D secure password.

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Cara kerja payment gateway (PG) ini pun sangat mudah. Setelah pembeli memilih produk yang akan dibeli serta sistem pembayaran yang digunakan, toko online akan memberitahukan informasi data Anda ke pihak keuangan yang menjadi pilihan metode pembayaran Anda. 

Setelah memproses transaksi pembayaran bisnis online Anda, pihak PG akan memberi info pada penjual tentang berhasil atau tidaknya proses pembayaran dan ketika proses berhasil, maka pembayaran akan dilanjutkan kepada penjual atau pemilik toko online.

Selain mempermudah proses transaksi pembayaran bisnis online, layanan Payment gateway ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan pembayaran yang beragam, dapat mempercepat pembayaran, memberi jaminan keamanan data  saat Anda melakukan pembayaran, memudahkan Anda untuk melakukan banyak transaksi, dan dapat menjangkau seluruh daerah baik nasional maupun internasional.

Saat ini sudah terdapat banyak sekali payment gateway yang ada di daerah nusantara ini, misalnya: DOKU, Midtrans, Faspay, iPaymu, Finpay, dan masih banyak lagi payment gateway yang lainnya.  Demikian pembahasan tentang Payment gateway yang digunakan dalam pembayaran bisnis online, semoga informasi ini dapat bermanfaat.