Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Kenali WhatsApp Business sebagai Asisten Virtual pada Pemilik Usaha

Jasa pembuatan artikel seo – Apakah Anda pernah mendengar seputar WhatsApp Business? Saat ini, aplikasi ini tidak cuma digunakan untuk keperluan spesial seperti chat, voice call, atau video call

Aplikasi tersebut juga digunakan untuk keperluan bisnis. Pada tanggal 18 Januari 2018, Facebook resmi merilis versi bisnis. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pebisnis sehingga lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna.

Informasi Seputar WhatsApp Business

Melalui aplikasi ini, pebisnis tidak hanya mengfungsikan aplikasi untuk mengirim pesan pribadi. Namun, juga dapat memperkenalkan bisnis kepada para pengguna aplikasi lainnya.

Perbedaan WhatsApp Business dan Versi Messenger

Bagi yang belum tahu aplikasi ini akan berpendapat bahwa mengfungsikan aplikasi versi messenger pun bisa menjalin komunikasi kepada para konsumen. Namun harus Anda ketahui, kedua aplikasi ini memiliki fitur yang berbeda. Berikut ulasannya:

Logo Aplikasi

Pada versi messenger, gambar logo berbentuk icon telepon, sedangkan logo pada aplikasi versi bisnis menggunakan huruf B dengan huruf kapital. Tetapi, background logo kedua aplikasi tersebut senantiasa menggunakan warna hijau. Warna ini menjadi ciri khas WhatsApp.

Profile

Jika profil pada versi messenger hanya menampilkan nama, info singkat, dan juga nomor telepon pengguna. Pada versi bisnis menampilkan lebih dari satu info tentang bisnis Anda. Misalnya uraian bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, serta website.

Bisa Menambahkan Alamat Melalui Google Maps

Melalui versi bisnis, Anda pun bisa menambahkan alamat (lokasi) bisnis. Lokasi ini telah terhubung ke Google Maps.

Fitur Pesan Otomatis

Hal lain yang bisa Anda dapatkan di versi bisnis adalah Anda bisa membalas pesan otomatis kepada konsumen. Contohnya greeting message baru. Tujuannya untuk menyambut pelanggan sebagai sapaan awal. Tentu ini tidak bisa Anda dapatkan di versi messenger kan?

Statistik Pesan

Melalui versi bisnis Anda juga bisa meninjau kuantitas statistik pesan yang sudah terkirim dan pesan yang masuk dari konsumen. Di mana hal ini  tidak bisa Anda dapatkan di versi messenger.

Kategori Bisnis

Pada kolom profil di versi bisnis, Anda memilih kategori bisnis yang cocok dengan bisnis Anda. Sementara pada versi messenger, tidak ada fitur ini. Hal ini tentunya bisa mempermudah para pelanggan untuk tahu bisnis apa yang tengah Anda jalankan.

Pengelompokan Pesan

Dengan adanya fitur pengelompokan pesan akan mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan konsumen.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Apa Saja 5 Plugin Afiliasi WordPress yang Gratis

Manfaat WhatsApp Business

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi versi bisnis, diantaranya:

  • Meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) pembeli pada bisnis Anda 
  • Sebagai salah satu sarana menaikkan brand awareness 
  • Menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen
  • Mempermudah Anda mempromosikan bisnis kepada konsumen.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

  1. Pertama, unduh aplikasi lewat Google Play atau App Store di smartphone Anda.
  2. Kedua, sign-up. Sama halnya dengan versi messenger, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan Anda gunakan.
  3. Ketiga, tambahkan foto profil nama akun, dan kategori bisnis.
  4. Keempat, lengkapi profile. Anda bisa menambahkan lebih dari satu info mengenai bisnis Anda. Mulai dari alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, address, e-mail dan website.
  5. Kelima, lengkapi fitur pesan otomatis. Langkah selanjutnya yaitu isilah form pada fitur pesan otomatis lewat menu “Setting” dan klik “Greeting Message”.
  6. Keenam, tambahkan lebih dari satu foto produk bisnis Anda pada fitur “catalog”.
  7. Ketujuh, Anda pun bisa menambahkan quick replies untuk menunjang Anda menanggapi pesan pembeli secara cepat.

Menggunakan account WhatsApp Business merupakan hal yang sangat baik untuk menunjang Anda dalam berbisnis. Dengan fitur-fitur yang disediakan, pemilik bisnis bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya. Mulai dari menjaga komunikasi lebih baik, menyesuaikan waktu, dan juga memudahkan di dalam mempromosikan produk.