Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Inilah Bedanya Teknik SEO On Page Dengan Off Page

Jasa penulis artikel – Dalam mengelola website, ada istilah yang namanya teknik SEO on page dan off page. Apakah Anda tahu apa pengertian dari masing-masing istilah tersebut, dan apakah perbedaan dari keduanya.  

Teknik SEO ini dibutuhkan dalam proses penulisan konten, hingga tahap memposting tulisan website atau blog tersebut. Dua teknik kinerja SEO ini, sangat mendukung hasil yang sangat baik bagi website Anda.

Hal-hal Penting Tentang SEO On Page dan SEO Off Page

Untuk menggunakan atau memanfaatkannya, ada harus mengetahui terlebih dulu apa perbedaan dari kedua teknik ini. Karena, mengetahui perbedaannya bisa memberikan Anda gambaran teknik mana yang akan cocok dengan website dan bisnis Anda. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut:

Optimasi Halaman

Teknik SEO merupakan cara mengoptimasi halaman website Anda, agar mesin pencari google bisa mencari atau menemukan website Anda. perbedaannya pada teknik SEO on page dilakukan dalam halaman website itu sendiri, sedangkan off page dilakukan di luar website yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikannya.

Cara Efektif Mempromosikan Website

Melakukan teknik SEO memang sangat penting dalam pembuatan dan pengelolaan website, berdasarkan masing-masing teknik memiliki cara efektif tersendiri. Yaitu, pada SEO on page, ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dilakukan. Diantaranya adalah heading tag, meta description, title tag dan konten. Sedangkan, untuk SEO off page bisa dilakukan menggunakan social buzz dan backlink.

Komponen yang Membentuk

Pada teknik SEO on page, komponen yang membentuk lebih banyak dibandingkan SEO off page. Komponen pada SEO on page antara lain headings, struktur URL, alt text, konten halaman, page speed, mobile friendliness, internal link. Sedangkan , komponen yang terdapat pada SEO off page adalah backlink, domain authority dan promosi sosial.

Baca juga: Perbedaan Website Dengan Blog Berdasarkan Konten, Apa Saja?

Kesempatan Posisi Tinggi 

Berikutnya adalah berbicara mengenai kesempatan untuk mendapatkan posisi tinggi atau posisi teratas pada mesin pencarian, dimana kesempatan tersebut lebih besar dimiliki oleh teknik SEO on page dibandingkan SEO off page.

Bentuk Promosi Website

Pada SEO off page, memaksimalkan teknik ini lebih cenderung mempromosikan website melalui media sosial. Namun, jika dengan SEO on page hanya bersifat memperbaiki konten dan halaman website itu sendiri. 

Walaupun begitu, Anda masih bisa melakukan keduanya dengan mudah dan cepat. Yang terpenting adalah semuanya mengarah pada promosi yang efektif.

Memiliki Masing-masing Kualitas

Dari semua penjelasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik SEO on page bisa membuat konten dalam website Anda terlihat berbobot dan berkualitas. Sedangkan, untuk teknik SEO off page membuat website Anda menjadi tampil dan memiliki kredibilitas tinggi dan performa yang sangat meyakinkan. 

Artinya, semua itu tidak boleh dilakukan atau terjadi hanya salah satu tapi harus bersinergi dan bekerjasama antara keduanya. Dengan begitu, tampilan website Anda yang benar-benar berkredibilitas tinggi, bisa memiliki konten-konten yang juga sangat berkualitas dengan cara yang cukup efektif dan bertanggung jawab.

Jika sudah mengetahui perbandingan dan perbedaan antara SEO on page dengan SEO off page, pastinya hal tersebut bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan teknik mana yang akan Anda gunakan dalam melakukan SEO demi perkembangan dan kemajuan website Anda. 

Tetapi, pada prinsipnya jika Anda ingin melakukan SEO off page ada baiknya Anda memperbaiki SEO on page nya terlebih dulu. Namun, pada dasarnya semua itu dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung yang akan datang ke website Anda.