Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ingin Menulis Artikel Konseptual yang Baik dan Benar Ini Penjelasannya

Jasa Pembuatan Artikel SEO – Artikel konseptual merupakan tulisan yang ditulis dengan tujuan sebagai pengembang teori penjelasan masalah yang merupakan hasil pemikiran penulis. Artikel ini berbeda dengan artikel ilmiah. Artikel yang konseptual bisa juga disebut dengan artikel non-penelitian.

Perbedaannya, artikel ini dapat ditulis tanpa melakukan penelitian. Sedangkan artikel ilmiah baru bisa ditulis setelah dilakukan penelitian. Artikel ilmiah ditulis berdasarkan fakta yang didapat dari hasil penelitian dengan mengikuti pola tertentu.

Selain mempelajari topik yang akan dibahas, struktur dari artikel ini juga perlu dipelajari. Struktur pada artikel berfungsi untuk memperjelas dan mempermudah para pembaca untuk memahami artikel yang ditulis. Berikut ini adalah struktur dan tata cara penulisan teks artikel konseptual yang baik dan benar:

Judul

Judul yang dipilih haruslah sesuai dengan topik bahasan yang akan dibahas pada artikel nantinya. Judul dapat ditulis dengan kalimat berita maupun kalimat tanya. Dalam penulisan judul, tiap kalimat harus diawali dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung. 

Nama Penulis

Sama seperti judul, penulisan nama penulis dalam artikel ini juga harus diawali dengan huruf kapital. Saat menulis nama penulis, yang juga perlu Anda perhatikan adalah penulisan gelar yang dimiliki oleh penulis. 

Tidak semua gelar yang dimiliki oleh penulis bisa dicantumkan. Gelar kebangsawanan dan gelar keagamaan bisa dicantumkan, namun gelar pendidikan tidak.

Jika artikel ditulis oleh lebih dari satu penulis atau berkelompok, maka tidak semua nama penulis dicantumkan. Anda hanya perlu mencantumkan nama penulis pertama yang kemudian disertai dengan dkk. Nama lembaga tempat kerja penulis bisa dicantumkan pada catatan kaki di halaman pertama.

Abstrak

Abstrak merupakan penjelasan secara garis besar tentang topik bahasan dari artikel konseptual yang ditulis. Abstrak tidak memuat pendapat dari penulis. Biasanya, abstrak ditulis lebih menjorok ke dalam daripada bagian lainnya. Dalam bagian abstrak, kata-kata kritis dan provokatif pun harus ada.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan memuat hal-hal yang dapat menarik perhatian para pembaca. Hal menarik tersebut harus berkaitan dengan acuan permasalahan yang dibahas pada artikel. Acuan tersebut dijelaskan dengan kalimat yang belum tuntas agar pembaca tertarik untuk membaca kalimat selanjutnya. Pendahuluan bisa saja memuat pendapat para ahli yang sesuai dengan topik bahasan.

Baca juga: Siapa Sangka, 3 Tools Gratis Ini Bisa Mengecek Kecepatan Website Anda

Bagian Inti

Pada bagian ini penulis dapat membahas tentang masalah yang menjadi topik dari artikel konseptual. Bahkan berbagai analisis, pendapat, uraian, keputusan dan hal-hal lain pun dapat termasuk. Bagian inti harus ditulis dengan menggunakan sistematika yang terurut dan logis agar artikel dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak menampilkan bagian inti ini terlalu panjang. Hal tersebut dapat membuat pembaca merasa bosan dan mungkin tidak selesai membaca. Jika bagian inti berisi penjelasan yang panjang, maka Anda harus menulisnya dengan bahasa yang menarik namun jelas dan logis.

Penutup

Biasanya bagian penutup berisi tentang kesimpulan topik bahasan dari artikel yang ditulis. Kesimpulan dapat ditulis menggunakan sub bab agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. 

Selain kesimpulan, pada bagian penutup ini pun anda dapat menambahkan saran. Saran yang ditulis dapat ditujukan kepada pembaca maupun objek yang ada pada topik bahasan. Saran merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui artikel.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi kumpulan sumber yang telah digunakan untuk mendukung penulisan artikel konseptual ini. Bagian daftar pustaka terletak di bagian paling akhir dari artikel. 

Daftar pustaka dibedakan menjadi beberapa bagian berdasarkan sumbernya. Terdapat daftar pustaka dari buku, daftar pustaka dari artikel pada media cetak, dan daftar pustaka dari internet.

Pada daftar pustaka dari buku, Anda dapat mencantumkan berbagai hal tentang buku tersebut. Mulai dari nama penulis, tahun buku terbit, judul buku, nama kota dan nama penerbit. 

Nama penulis di awali dengan nama belakang. Kemudian diikuti tahun buku terbit dan judul buku. Judul buku ditulis miring (Italic). Setelah judul buku, dilanjutkan dengan nama kota dan penerbit buku.

Daftar pustaka dari artikel media cetak dapat dicantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, dan nama kota serta nama penerbit. Hampir sama dengan penulisan dari sumber buku, hanya saja urutannya berbeda.

Yang terakhir adalah daftar pustaka dari internet. Pada penulisan untuk daftar pustaka ini, Anda hanya perlu mencantumkan 5 hal. Nama, Tahun penayangan, Judul, URL dan Waktu pengambilan. URL ditulis miring (Italic). Nama penulis dan tahun penayangan diakhiri dengan tanda titik. Sedangkan judul artikel dan URL diakhiri dengan tanda baca koma. 

Demikian tata cara penulisan artikel konseptual. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi Anda yang ingin menulis artikel jenis ini.