Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Gratis, 9 SEO Tools Ini Bisa Untuk Riset Keyword Terbaik Anda

Jasa penulis artikel jogja – Banyak perusahaan yang rela membayar mahal untuk SEO tools perusahaannya. Itu karena SEO adalah hal penting agar konten Anda bisa masuk di jajaran rekomendasi tertinggi jika ada orang yang mencari dalam mesin penelusuran. 

SEO sendiri caranya dengan hanya masukkan kata kunci dalam tulisan dengan sendirinya Google akan mengindex dan muncul rangking sendiri. Hal yang tidak mudah adalah mencari kata kunci apa yang pas agar konten naik di urutan atas. 

9 SEO Tools Gratis yang Layak Dicoba

Harga untuk membayar analisa keyword pada SEO beragam, bisa mulai 1,5 juta hingga belasan juta rupiah. Kabar baiknya, sebelum Anda merogoh kantong untuk investasi di SEO tools, ternyata ada beberapa SEO tools gratis yang bisa Anda coba. Berikut 9 SEO Tools itu:

Google Keyword Plan

Tools ini didesain khusus untuk kepentingan bisnis. Biasanya muncul pada form iklan Google. Akses keywordnya juga lengkap, inilah yang disukai penggunanya. Selain itu dengan menggunakan ini, Anda bisa mendapatkan empat hal ini, yaitu:

  • Alternatif ide kata kunci berupa kalimat, URL website maupun kategori produk.
  • Tren kata kunci lengkap dengan rekomendasi jumlah kata kunci.
  • Alternatif ide kata kunci dari beberapa keyword.
  • Kemungkinan performa kata kunci, jumlah klik, dan biaya jika beriklan di Google Ads. 

Google Search Console 

Tools ini masih dari Google yang bisa Anda pakai. Disini bisa lebih banyak yang Anda dapatkan, tidak cuma riset keyword tapi juga bisa memantau website, meningkatkan performanya dan mencari solusi atas masalah pencarian di Google. 

Banyak layanan yang disajikan untuk optimasi konten. Di sana ada rekomendasi yang dilengkapi juga peringatan atas langkah optimasi yang Anda lakukan jika dirasa tidak wajar. 

Baca juga: Black Friday: Apakah Esensi Pentingnya Dalam Bisnis?

Ubersuggest

Terkesan memiliki banyak tombol, namun Tools ini jangan membuat Anda panik. Anda bisa memanfaatkan 3 fitur berikut di sini:

  • Keyword ideas, di sini muncul alternatif ide keyword yang bisa Anda pakai, lengkap juga dengan perkiraan jumlah klik, biaya promosi, dan performa keyword dalam persaingan di internet. 
  • Content ideas, cara kerjanya masih sama dengan poin keyword ideas. Bedanya mereka juga menampilkan konten-konten yang mengadopsi kata kunci tersebut. Sehingga tugas Anda merevisi konten hingga menjadi lebih baik dari milik kompetitor. 
  • Keyword, memunculkan kata kunci di semua konten, lengkap beserta performanya. Anda bisa memilih memakai kata kunci mana yang menurut Anda memiliki kinerja maksimal. 

Keywordtool.io

Tools yang ini menawarkan kata kunci yang longterm. Keunggulannya, selain Anda bisa memakai untuk jangka panjang, disini juga menampilkan keyword untuk media YouTube, Blog, Amazon, eBay, Playstore, Instagram, dan Twitter. 

Fitur yang disediakan oleh Tools ini lengkap. Pengaturan bahasa dan lokasi juga lebih beragam. Anda bisa menambah fitur yang hendak digunakan dengan berlangganan di Keyword Tool Pro

Wordstream

Tools ini sangat membantu untuk kebutuhan marketing via online. Fiturnya lengkap untuk bisnis skala kecil, menengah, dan besar. Kebutuhan pembuatan iklan, biaya, peningkatan performa, mengatasi masalah penelusuran, bisa Anda cari disini. Cara kerjanya sama, tinggal memasukkan keyword, tunggu, dan akan muncul hasil analisanya. 

Wordtracker

Tools ini tidak cuma untuk SEO, namun sekaligus market research tools. Hampir mirip Google Keyword Plan, ia memberikan data kata kunci untuk SEO beserta keperluan iklannya. Kelebihannya, tools ini bisa merekomendasikan 10.000 kata kunci dan bisa menyimpan kata kunci yang sudah diriset. 

KW Finder

Hal yang menonjol pada tools ini adalah tampilannya yang unik dan jauh dari kesan kaku. Biasanya cocok dipakai untuk pemula menemukan kata kunci yang pas untuk SEO. Tidak banyak membingungkan, tools ini akan membantu Anda mendapatkan keyword beserta tren pemakaian selama 12 bulan. 

Google

Yang biasanya kita lakukan, mengetik apa yang dicari pada kolom Google, ternyata juga menjadi tools gratis untuk riset keyword pada SEO. Caranya yang praktis, menampilkan secara instan kata kunci yang banyak diketikkan pengguna mesin telusur ini. 

LSI Keyword

Tools rekomendasi riset terakhir ini, bukan hanya menawarkan kata kunci, tapi juga topik yang relevan dengan konten. Jadi Anda bisa membuka konten yang relevan dengan kata yang Anda ketikkan, kemudian Anda bisa memilih untuk memakai keyword yang mana pada konten Anda. Lengkap dengan riset performa kata kuncinya dalam mesin penelusuran.