Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bukan Plagiat! Inilah Pengertian dan Cara Membuat Artikel Rewrite 

Jasa pembuatan artikel termurahRewrite artikel adalah kegiatan menulis kembali. Hal ini biasa dilakukan sudah bukan merupakan hal yang baru di kalangan para blogger. Para blogger pemula maupun profesional biasanya akan menuliskan kembali (rewrite) artikel menarik yang akan digunakan untuk keperluan konten website mereka. 

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa dengan istilah ini mungkin akan beranggapan bahwa menulis ulang hampir sama dengan plagiat. Tetapi sebenarnya menulis ulang bukanlah tindakan yang sepenuhnya sama dengan plagiat.

Nah, bagi Anda yang masih merasa asing dengan istilah rewrite, maka artikel kali ini akan membahas tentang teknik menulis ulang. Topikkali ini akan membahas tentang perbedaan rewrite dan plagiat, serta cara menulis ulang untuk menghasilkan hasil yang menarik dan bebas dari tindak plagiat.

Perbedaan Rewrite dan Plagiat

Jika dilihat secara lebih teliti, rewrite dan plagiat sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Rewrite merupakan kegiatan menulis kembali sebuah karya tulis. Hasil karya tersebut ditulis menggunakan gaya bahasa yang berbeda namun memiliki tema yang sama dengan karya yang dijadikan sebagai referensi.

Teknik menulis ulang ini muncul berdasarkan adanya kesamaan ide, tema, bahkan kata kunci dari karya tulis yang diperlukan. Oleh karena itu, teknik menulis artikel artikel sebenarnya merupakan hal yang wajar di kalangan para writer.

Plagiat adalah tindakan menulis kembali suatu karya tulis tanpa adanya perubahan gaya bahasa. Plagiat biasa disebut juga dengan istilah menjiplak (copy paste). Plagiat dapat termasuk sebagai tindak pencurian (melanggar hak cipta milik orang lain).

Sebenarnya memang tidak ada ide yang benar-benar murni, namun hal ini dapat disiasati dengan melakukan proses penulisan ulang. Hasil karya rewrite dengan hasil karya plagiat tentu memiliki kualitas yang berbeda.

Gaya bahasa yang digunakan pada karya plagiat akan terkesan kaku, karena tulisan yang dihasilkan merupakan kumpulan hasil copy paste tanpa penyuntingan. Sedangkan gaya bahasa pada hasil tulisan ulang terkesan lebih santai karena menggunakan gaya bahasa si rewriter.

Penulis tentu harus mumpuni, karena sebelum membuat penulis harus membaca isi referensi secara keseluruhan agar bisa melakukan rewrite.

Baca juga: Agar Faktual dan Analitis, Ini Cara Menulis Artikel Berita yang Tepat

Gunakan Plagiarism Checker Tools agar Tidak Terjadi Plagiat 

Jika tidak jeli dalam melakukan penulisan ulang, maka bisa saja hasil karya Anda akan terdeteksi sebagai karya plagiat oleh Google. 

Setelah melakukan rewrite, Anda dapat mengecek tulisan dengan menggunakan plagiarism checker tools seperti: Quetext, Duplichecker dan Grammarly. Pastikan hasil penulisan ulang bebas plagiat supaya artikel bisa dikategorikan unik atau asli.

Cara Tepat Menulis Kembali Artikel agar Hasil Menarik

Setelah mengetahui perbedaan antara rewrite dan plagiat, berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk menulis ulang artikel:

Gunakan banyak referensi. Penggunaan banyak referensi saat berkarya dapat membuat hasil tulisan jadi lebih berkualitas, hal ini dapat membuat tulisan terhindar dari kemiripan dengan artikel tertentu. Selain itu Anda juga bisa memberi judul yang menarik pada hasil tulisan ulang.

Gunakan heading. Tulisan akan terlihat lebih nyaman dibaca dan memudahkan Anda dalam melakukan rewrite. Kemudian, tulis dengan gaya bahasa dan sudut pandang yang berbeda dari referensi. Hal ini secara umum dapat menghindarkan tulisan Anda dari deteksi plagiat.

Memodifikasi data dari karya referensi. Jika menggunakan banyak karya referensi untuk rewrite artikel, maka Anda dapat melakukan modifikasi untuk menambah kualitas artikel dengan mengambil poin-poin penting yang unik dari setiap referensi.

Jangan menuliskan kalimat yang sama persis dengan karya referensi. Ini dapat membuat karya terdeteksi plagiat.

Melakukan rewrite artikel tentunya tidak semudah melakukan copy paste karya orang lain. Oleh karena itu, semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat bagi Anda. Hindari tindakan plagiat ya.