Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bagaimana Strategi Lengkap Meningkatkan Customer Experience?

Jasa artikel bahasa inggrisCustomer experience adalah sebuah pengalaman seorang konsumen dalam menerima pelayanan dari produsen pada saat melakukan pembelian produk, baik pengalaman baik maupun pengalaman buruk.

Pastinya semua konsumen ingin mendapatkan pengalaman yang menarik dan menyenangkan, baik dari segi pelayanan yang diberikan maupun kegiatan transaksi pada saat membeli. 

Berikut ini, ada beberapa strategi lengkap untuk bisa meningkatkan customer experience yang bisa Anda lakukan:

Membangun Budaya Customer Obsession

Strategi pertama dalam menciptakan dan meningkatkan customer experience adalah membangun budaya customer obsession, yang artinya Anda harus mementingkan nilai customer atau customer value

Apapun yang dibutuhkan oleh konsumen, sudah kewajiban Anda untuk memenuhinya sesuai dan berkaitan dengan produk atau bisnis yang sedang Anda jalani. Budaya bisnis yang mengutamakan atau mewajibkan kepentingan konsumen, adalah budaya yang sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pebisnis.

Memahami Target Audience

Berikutnya dalam meningkatkan customer experience adalah memahami target audiens, yaitu dengan cara membuat buyer personal. Anda harus mengenal pelanggan Anda dengan baik sebelum memberikan pelayanan yang mereka butuhkan. 

Cara membuat buyer personal adalah dengan merinci data diri pelanggan tersebut yang akan dihubungkan dengan pelayanan dan fasilitas yang Anda berikan pada mereka. Ada baiknya Anda melakukan survey terlebih dulu, dalam mengenal lebih jauh mengenai konsumen atau pelanggan Anda ini agar kedepannya bisa menjadi pelanggan tetap yang setia.

Menentukan USP Yang Berfokus Terhadap Pelanggan

USP adalah Unique Selling Point, yang sangat dibutuhkan oleh para pelanggan dan berfokus terhadap pelanggan. Untuk bisa menciptakan customer experience yang maksimal, maka dibutuhkan membuat USP yang sangat mementingkan kepuasan pelanggan tersebut. Caranya adalah tidak hanya selalu mengenai produk, tapi bisa Anda alihkan pada peningkatan kualitas pelayanan atau fasilitas lainnya.

Baca juga: Ayo Tingkatkan Performa Bisnis Dengan Customer Experience

Buat Pelanggan Menjadi Spesial

Dalam berbisnis, pelanggan memang yang menjadi fokus utama. Sehingga, dikatakan bahwa pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, buatlah pelanggan merasa sangat spesial dengan berbagai fasilitas dan layanan yang Anda berikan. 

Misalnya saja dengan ucapan terima kasih atas kesetiaan para pelanggan tersebut melalui email, atau memberikan promo voucher pada saat ulang tahun. 

Bentuk Hubungan Emosional

Untuk mendapatkan customer experience yang baik, Anda perlu membentuk atau menciptakan hubungan emosional yang sangat kuat dengan pelanggan atau konsumen Anda. Karena, berdasarkan informasi dan pengetahuan marketing yang pernah diberikan bahwa dengan emosional yang kuat bisa meningkatkan penjualan hingga mencapai 85 persen. 

Banyak cara untuk membangun emosional dengan pelanggan, antara lain dengan memberikan sedikit perhatian terhadap pelanggan tersebut diluar kegiatan jual beli. 

Meningkatkan Kualitas Customer Service

Dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen, Anda membutuhkan seorang customer service yang khusus melayani semua konsumen Anda. untuk itu, Anda perlu meningkatkan kualitas customer service tersebut, agar pelayanan Anda terhadap konsumen pun juga semakin ditingkatkan.

Bertanya Langsung Pada Konsumen

Untuk mengetahui dengan jelas, apakah konsumen Anda puas atau tidak dengan pelayanan yang Anda berikan ada baiknya Anda menanyakan langsung pada mereka. Jangan Anda lakukan dengan menduga atau mengira-ngira, Anda bisa bertanya melalui testimoni yang mereka berikan ataupun melalui live chat.

Dengan melakukan poin-poin di atas artinya Anda peduli terhadap konsumen atau pelanggan Anda, hal tersebut sudah seharusnya dilakukan karena Anda memang membutuhkan pelanggan yang setia agar bisnis Anda tetap konsisten dan makin berkembang.