Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bagaimana Perbandingan Antara White Hat Seo dan Black Hat Seo?

Jasa penyedia Artikel – White Hat SEO merupakan salah satu teknik yang digunakan oleh sebuah website agar kontennya dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencarian google. Hal ini bertujuan agar ranking dari halaman website tersebut bisa meningkat. 

Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu SEO, SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik yang digunakan oleh sebuah website. Fungsinya adalah untuk meningkatkan rankingnya. 

Jadi, website tersebut akan bisa mendapat tempat teratas di kolom pencarian pada mesin pencarian Google. Dengan demikian, halaman website bisa lebih terkenal dan memiliki traffic website yang lebih banyak.

Dalam mengoptimasi pencarian (SEO) terdapat dapat 2 jenis teknik yaitu teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO. Mungkin Anda mulai mempertanyakan, seperti apa kaitan atau apakah kedua jenis SEO ini sebanding. Untuk itu mari langsung saja kita bahas perbandingan dari kedua teknik pengoptimasi mesin pencarian ini

Teknik Black Hat SEO

Black Hat SEO merupakan strategi pengoptimasi pencarian yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pihak Google. Teknik ini sangat tidak disarankan untuk dipakai untuk meningkatkan rating website Anda. 

Teknik Black Hat SEO bisa dibilang sebagai teknik yang kasar karena memaksa mesin pencarian google untuk melihat konten dari sebuah halaman website agar rangking dari halaman website tersebut bisa meningkat dengan cepat. 

Penggunaan teknik Black Hat SEO yang berlebihan dapat menyebabkan website Anda tidak bertahan lama, karena website Anda akan mendapat hukuman pinalti. Hukuman pinalti ini akan menyebabkan website Anda tidak bisa ditemukan di hasil pencarian google atau bisa juga disebut deindex. Selain itu website Anda juga akan mengalami penurunan ranking hingga terancam akan dihapus oleh pihak developer.

Ciri website dengan teknik Black Hat SEO yakni: 

  • Adanya tindakan plagiat atau menjiplak karya orang lain tanpa izin. Hal ini merupakan salah satu sikap tidak terpuji karena tidak menghargai hasil karya orang lain.
  • Penggunaan kata kunci pada isi artikel secara berlebihan atau keyword stuffing untuk mengelabui mesin pencarian google.
  • Memuat konten yang berisi pengulangan judul. Teknik ini juga digunakan untuk mengelabui mesin pencarian agar website bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.
  • Memuat konten yang hanya berisi kumpulan link (link farming) untuk mengelabui pengguna web.

Teknik White Hat SEO

Berbeda dengan teknik Black Hat SEO, White Hat SEO merupakan teknik yang baik, bahkan sangat disarankan oleh pihak google, maupun mesin pencarian lainnya untuk dipakai demi menaikkan rangking website Anda. Hal ini dikarenakan teknik ini berjalan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak google.

Teknik White Hat SEO ini merupakan teknik SEO yang natural. Karena teknik ini mengandalkan keyword yang sering ditulis oleh banyak orang di mesin pencarian dan juga tidak memuat artikel hasil plagiat. 

Dengan kata lain, website tersebut hanya memuat karya yang benar-benar murni tanpa copy paste. Caranya yaitu membuat konten yang sesuai dengan keyword yang sering dicari oleh banyak orang. 

Baca juga: Mengapa SEO Sangat Penting Untuk Bisnis? Inilah Jawabannya

Hal ini akan membuat potensi peningkatan rangking website Anda semakin tinggi karena website anda akan sering dikunjungi oleh banyak orang. Jadi, gunakanlah teknik ini agar traffic meningkat secara natural. 

Ciri website yang menggunakan teknik White Hat SEO:

  • Menyajikan artikel-artikel berkualitas, no copas, menarik, dan memiliki ciri khas tersendiri yang membuat website terkesan berbeda dari yang lain.
  • Tidak menipu pengguna dengan artikel yang hanya berisi judul yang selalu diulang demi menemukan keyword baru.
  • Tidak memanipulasi mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci yang berlebihan demi meningkatkan ranking web secara instan.
  • Membuat halaman website yang ditujukan untuk pengguna, bukan mesin pencari.

Sekian ulasan tentang 2 jenis teknik pengoptimasi pencarian (SEO). Semoga Anda bisa memilih teknik yang terbaik untuk mengoptimalkan website.