Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Bagaimana Data Penjualan Mempengaruhi Kesuksesan Bisnis?

Penulis artikel seo murah – Supplier jualan online Karena banyak pengusaha mengatakan bahwa kunci untuk mencapai kesuksesan bisnis adalah dengan lebih mengandalkan data. Apakah Anda orang yang mengandalkan data untuk menyelesaikan laporan penjualan usaha dibanding menebak atau membuat estimasi? 

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui pengembangan usaha. Selain itu, Anda juga dapat membuat keputusan yang lebih cerdas. Khususnya dalam meningkatkan laba usaha untuk kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Mengapa Data Penjualan Penting Bagi Bisnis?

Sekarang ini makin banyak pebisnis menyadari pentingnya menggunakan data dalam meningkatkan usaha mereka. Menurut survei yang dilakukan Alteryx serta Retail Wire terhadap 350 usaha ritel, diketahui 81% wirausahawan mengatakan mereka memperoleh data dari pelanggan. Sedangkan 76% mengatakan data itu sangat penting untuk mengembangkan usaha mereka.

Sayangnya, sebagian besar pengusaha tidak tahu bagaimana cara mengumpulkan data pelanggan secara tepat. Beberapa pengusaha lainnya tidak dapat menggunakan data secara efektif. Untuk alasan ini, beberapa tips berikut akan membantu Anda mendapatkan data.

Baca juga: Ayo Tingkatkan Performa Bisnis Dengan Customer Experience

Mencapai Kesuksesan Bisnis Menggunakan Data Penjualan

Anda dapat menggunakan tips berikut untuk keberhasilan usaha Anda. Pertama, mulailah dengan alat yang benar. Anda mungkin kesulitan mendapatkan data usaha. Salah satu alasannya adalah Anda tidak memiliki alat yang tepat untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi. Bisa juga karena Anda memiliki alat yang baik tetapi tidak tahu potensi alat yang Anda gunakan. Cobalah untuk mempertimbangkan alat-alat berikut:

Aplikasi Kasir Online

Apabila sistem kasir Anda hanya dimanfaatkan untuk mencatat penjualan, maka Anda mengalami kerugian yang besar. Sebagian besar aplikasi kasir modern ini menyajikan fitur laporan lengkap. 

Beberapa fitur tersebut adalah penjualan setiap hari, bulan dan tahun, pembelian rata-rata, serta produk paling favorit. Bahkan dengan alat ini Anda dapat mengetahui jumlah dan data pelanggan Anda.

Misalnya, saat Anda melihat laporan penjualan usaha, Anda akan tahu produk yang memberikan keuntungan terbesar. Dengan hasil tersebut Anda dapat berencana untuk membeli lebih banyak stok sesuai dengan penjualan rata-rata produk.

Bandingkan jika Anda tidak memiliki data lengkap, tentu saja Anda tidak dapat membuat keputusan yang tepat dan andal. Ini merupakan salah satu fitur terbaik dari aplikasi kasir online modern. Fitur ini merupakan andalan bagi para pengusaha.

Manfaat besar lainnya? Tentu saja memiliki data yang benar akan membantu Anda memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Laporan produk kesukaan dan data pembelian pelanggan amat mendukung owner dalam mengetahui selera pelanggan.

Anda akan mengetahui lebih banyak mengenai pelanggan. Contohnya, kebiasaan belanja pelanggan serta kesukaan mereka. Mengandalkan data pada aplikasi kasir online dapat membantu Anda menyusun strategi pemasaran. Anda juga dapat membangun relasi baik dengan pelanggan. Bukankah ini dapat meningkatkan laba dan mengembangkan usaha Anda?

Jadi, jika Anda belum melakukannya, jelajahi fitur laporan pada mesin kasir Anda dan pelajari seputar data pelanggan.

Email Marketing

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, Anda dapat menggunakan email marketing. Pastikan Anda mendapatkan email pelanggan dan mengirim email secara teratur. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan laporan pengiriman email.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memantau laporan pemasaran email Anda adalah berapa banyak pelanggan yang membuka email Anda. Anda dapat melakukan klik tautan pada email dan bagaimana interaksi pelanggan ada di email.

Selain email marketing, sekarang Anda dapat mempertahankan hubungan dengan pelanggan dengan fitur aplikasi chat.  Aplikasi tersebut akan membantu Anda menyediakan pembaruan dan promo produk. Manfaatkan berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan. Di samping itu juga dapat meningkatkan kunjungan pelanggan ke outlet Anda.

Nah, itu tadi beberapa tips memanfaatkan data pelanggan untuk kesuksesan bisnis Anda. Selamat mencoba!