Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ayo Tingkatkan Performa Bisnis Dengan Customer Experience

Jasa artikel bahasa inggris – Memiliki bisnis yang sukses adalah keinginan setiap ownernya. Berbagai riset dilakoni untuk mencari rumus jitu bagaimana meningkatkan penjualan, bagaimana mencari customer yang loyal, dan lain sebagainya. 

Ada banyak cara yang dilakukan oleh para businessman disana. Namun apakah kamu tahu bahwa ada cara jitu yang menjadi andalan para bisnis raksasa yang sukses menjalankan bisnisnya? Customer experience adalah kuncinya. 

Anda pasti pernah belanja, baik offline maupun online. Mungkin tak banyak yang diingat, selain pengalaman yang berkesan, mendapatkan pelayanan istimewa dan sangat memuaskan contohnya. 

Ketika Anda sebagai pelanggan diperlakukan seperti raja, mulai dari mendapatkan informasi produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan, menjawab keraguan atas fitur produk dengan gamblang, mendapatkan garansi, mengetahui akses komplain dengan tepat dan cepat dimana dan sebagainya. 

Semua memori bahagia selagi belanja tersebut bisa membuat Anda puas belanja disitu dan bahkan tak jarang melakukan testimoni mandiri dengan mengunggahnya di sosial media maupun sekedar berbagi informasi ke tetangga. Nah, ilustrasi tadi mewakili dengan apa yang akan dibahas di tulisan ini, yaitu tentang customer experience

Customer experience adalah istilah khusus yang dipakai di dunia bisnis, yaitu untuk menyebutkan pengalaman pelanggan yang berkesan sehingga memberikan efek positif pada perusahaan bisnisnya. Mengapa customer experience ini menjadi penting? 

Karena seperti yang Anda tahu bahwa bisnis ini tak lepas dengan urusan manusia. Manusia yang menjadi pelanggan Anda. Dengan memberikan pengalaman bahagia pada sisi emosinya, mereka akan merasa terenyuh sehingga membekas dalam ingatannya. Teori tersebutlah yang akan Anda pakai untuk meningkatkan performa bisnis. 

Bagaimana mempraktekkan jurus customer experience ini ke dalam bisnis Anda? Sebelumnya, Anda bisa belajar dari beberapa bisnis yang sudah mendunia, Amazon misalnya. 

Ada keistimewaan yang bisa dicontoh darinya. Sebagai e-commerce raksasa, mereka selalu punya inovasi di bidang pelayanan pelanggannya. Fitur Amazon prima yang memudahkan pelanggan, memberikan free ongkir untuk tujuan pengiriman tertentu, one-stop shopping  dengan Kindlon dan lain-lain sehingga membuat mudah karena bisa membeli dan membaca buku dalam satu perangkat. 

Jika dilihat inti dari semua inovasi tersebut adalah pada perhatian khusus terhadap pelanggan. Jadi, Anda bisa menerapkannya pada bisnis dengan cara unik masing-masing. 

Meningkatkan Performa Bisnis Dengan Customer Experience

Apa yang menjadi target pasar, temukan kebutuhannya, beri keistimewaan berupa tawaran menarik lainnya, dan jangan lupa full service kepada mereka. Ingat istilah yang masih relevan, “pembeli adalah raja”, sehingga sebisa mungkin Anda berikan pelayanan yang optimal. 

Baca juga: 7 Strategi Memperkuat Branding yang Jitu Beserta Contohnya

Berikut adalah 3 tips untuk meningkatkan performa bisnis dengan customer experience:

Bangun Budaya Internal yang Mendukung

Anda menjalankan bisnis bukan hanya seorang diri. Perilaku banyak manusia yang terpola akan menjadi budaya di lingkungan tersebut. Jika budaya bisnis pada tim internal mendukung untuk sukses, maka Anda akan mudah menciptakan tim solid yang mau diajak sukses bisnis bareng. 

Pahami Target Pasar

Anda menjual jasa atau produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembeli. Maka mustahil jika mengabaikan faktor pelanggan. Cara mudah memahami target pasar adalah dengan membuat buyer persona. 

Misalnya deskripsi atau identifikasi calon pembeli. Bisa dengan menjawab pertanyaan siapa target pasar yang hendak disasar, berapa usianya, apa pekerjaannya, gendernya, kesukaannya, yang mereka butuhkan untuk keperjaannya, peran di keluarga atau sosialnya dan lain sebagainya. 

Dengan mengumpulkan data tersebut Anda akan mengetahui secara jelas apa kebutuhan target pasar sehingga akan mudah dalam memberikan pelayanan yang memuaskan. 

Bangun Kedekatan Emosi Pelanggan

Setelah mengetahui buyer persona, Anda bisa menentukan dengan lebih akurat, apa yang menjadi kebutuhan sekaligus keinginan calon pelanggan. Membangun kedekatan emosi bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan spesial kepada spesifik satu pelanggan. 

Misal mengucapkan selamat di hari ulang tahunnya, atau memberikan e-mail ucapan terima kasih atas belanjanya, atau mengucapkan belasungkawa atas musibah yang diterima dan lainnya. 

Kunci utama customer experience positif yaitu harus mengetahui moment pelanggan, dan itu bisa dicari dengan mudah di era serba internet seperti sekarang. Selamat mempraktekkan.