Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Apa Pengertian Dari Plagiarisme dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Jasa penulis artikel jogja – Istilah plagiarisme sering dikaitkan dengan dunia tulis menulis, karena plagiarism adalah bentuk dari menjiplak sebuah tulisan orang lain menjadi tulisan sendiri. Tapi plagiarisme juga berlaku bagi semua karya cipta, baik tulisan, lagu, gambar, foto, video ataupun audio. Pengertian plagiarism adalah tindakan atau kegiatan menjiplak atau meniru sebuah karya cipta, dan mengakui serta menjadikannya sebagai karya sendiri.

Penyebab Terjadi Plagiarisme

Plagiarisme ini memang sering dan banyak sekali terjadi, terutama dalam dunia internet. Banyak orang yang mengikuti atau menjiplak karya orang lain yang dirasa bagus, seperti konten sebuah website yang sama dengan website yang lainnya. 

Dalam hal tersebut, Google tidak pernah mengambil tindakan terhadap orang-orang yang melakukan hal tersebut, hingga pada akhirnya pihak Google kebingungan menentukan konten mana yang harus dilakukan. 

Mengapa Anda harus mengetahui sebuah tindakan plagiarism tersebut? Tujuannya adalah agar posisi Anda yang memiliki karya asli tidak direbut oleh orang-orang plagiarism yang tidak bertanggung jawab.

Penyebab hal tersebut bisa dan sering terjadi di Internet adalah persaingan, dan kemudahan dalam mengakses konten berkualitas. Oleh karena itu, orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan berpikir dengan meniru konten orang lain yang berada pada halaman pertama pencarian google. 

Artinya DA (Domain Authority) mereka pun bisa ikut naik. Padahal hal tersebut belum tentu benar adanya.

Website Pendukung Pengecekan Plagiarisme

Agar tidak terjadi plagiarisme baik disengaja maupun tidak disengaja, maka lakukan beberapa hal untuk mencegahnya. Adapun cara mencegahnya adalah dengan mengeceknya melalui beberapa tools berikut ini:

Duplichecker

Salah satu tools pengecek yang cukup ampuh untuk mengecek plagiarism adalah duplichecker. Tools ini digunakan dengan cara memasukkan konten yang akan dicek dalam platform duplichecker ini sebanyak kurang lebih tidak boleh lebih dari 1000 kata.

Small SEO Tools

Tools yang paling umum dan paling sering dijumpai adalah small SEO Tools, yaitu sebuah tools pengecekan konten dengan menggunakan plugin wordpress. Jika website Anda berbasis wordpress, maka Anda bisa langsung menginstall.

Copyscape

Tools terakhir disebut dengan nama copyscape, dimana tools ini bisa mengecek plagiarisme. Perbedaan dengan yang sebelumnya adalah berbeda dalam bagian yang dicek, jika yang sebelum di cek secara salah satu bagian konten tapi dengan tools ini Anda bisa mengecek secara keseluruhan konten. 

Caranya dengan memasukkan alamat website Anda, maka setelah itu otomatis langsung website Anda dicek oleh copyscape. 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Email Newsletter yang Menarik?

Mengatasi Masalah Plagiarisme

Selain cara untuk mengecek, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi plagiarisme yang sudah terjadi. Caranya antara lain melalui berikut ini:

Memanfaatkan Proteksi DMCA

Peraturan atas hak cipta konten digital yang diresmikan di Amerika Serikat disebut DMCA ( Digital Millennium Copyright Act), dimana DMCA ini berfungsi.

Tambahkan Watermark

Pengertian dari watermark adalah tulisan atau logo berbentuk gambar atau simbol, yang terdapat pada konten. Watermark tersebut merupakan identitas seseorang ataupun  website sebagai pemilik konten atau karya tersebut. Dengan adanya watermark, tentu orang-orang akan kesulitan untuk melakukan plagiarism.

Hubungi Orang yang Memplagiat Karya Anda

Hal ini sudah sangat biasa dilakukan, memang sudah seharusnya jika Anda mengetahui karya Anda ditiru orang lain maka Anda harus  menghubunginya dan mengkonfirmasi. Setelah itu, lakukan perundingan untuk tindakan lebih lanjut. 

Dengan mengikuti semua petunjuk mengenai cara-cara mengatasi plagiarisme ini dengan sebaik-baiknya.