Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Agar Tak Salah, Ketahui Perbedaan Wordpress(dot)com dan Wordpress(dot)org

Jasa penulis artikel jogja – WordPress merupakan content management system yang cukup populer, dimana WordPress menyediakan fitur yang digunakan langsung oleh pengguna. Bahasa program yang digunakan oleh WordPress adalah PHP dan MYSQL, yaitu bahasa untuk penyimpanan data. 

Dengan penggunaan WordPress, maka Anda pun tidak perlu membangun website dari nol sehingga akan mempersingkat waktu.  Pada dasarnya banyak lagi manfaat dari WordPress yang perlu Anda ketahui, banyak juga hal-hal yang terlewati oleh Anda sebagai seorang yang memiliki website. 

Mengapa demikian? Karena, WordPress juga akan mempermudah Anda membuat website dan mengelola semua konten secara online. Bukan hanya orang yang mengerti bahasa pemrograman, orang awam pun bisa mengikuti petunjuk dalam menggunakan WordPress ini dengan baik. Selama dia mau mengikuti dengan tekun semua arahannya.

Fakta Mengenai WordPress

Anda sudah mengenal apa itu WordPress, dan Anda juga sudah mengetahui manfaatnya. Kini Anda juga harus mengetahui semua fakta tentang apapun yang berhubungan dengan WordPress. Karena, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada website Anda kedepannya. Beberapa informasi yang menjelaskan mengenai WordPress sebagai sebuah fakta, yaitu adalah sebagai berikut:

  1. WordPress bisa dimodifikasi tanpa batas, secara tampilan maupun fitur. Tergantung apa saja kebutuhan dari pengguna.
  2. Banyak tema dan plugin yang disediakan
  3. Mudah dipelajari dengan baik
  4. Selalu berkembang
  5. Punya komunitas pengguna terbesar

Beberapa fakta tersebut menjelaskan bahwa WordPress memang sangat bermanfaat, tidak heran jika menjadi sangat populer. 

Namun, untuk sekarang yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih dari dua jenis berikut antara WordPress.com dengan WordPress.org. Sebelum Anda bisa memilih, ada baiknya Anda melihat kelebihan dan manfaat masing-masing yang terlihat dari perbedaannya.

Baca juga: Mengenal Cornerstone Content yang Biasa Digunakan Penggiat SEO

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Selain beberapa fakta dan kelebihannya, antara WordPress.com dengan WordPress.org adalah dua hal yang berbeda. WordPress.com merupakan layanan hosting WordPress, sedangkan WordPress.org merupakan plarform open source gratis yang bisa dipasang sendiri pada website hosting. 

Untuk itu, perbedaan yang jelas antara WordPress.com dengan WordPress.org adalah:

Mengendalikan Website

Dalam mengendalikan website, WordPress.org dapat dikendalikan oleh penyedia hosting Anda sendiri. Pengontrolan website memang sangat bergantung pada layanan hosting. Beda halnya dengan WordPress.com yang bisa mengendalikan keseluruhan bukan hanya berdasarkan layanan hosting.

Jumlah Tema dan Plugin

Tema dan plugin yang dimiliki WordPress.com diketahui sangat variatif tapi terbatas, tapi Anda masih bisa mendapatkan dengan cara membeli sesuai dengan kebutuhan. Namun, sebaliknya pada WordPress.org memiliki tema dan plugin tanpa batas tertentu.

Maintenance Website

Faktor berikutnya adalah maintenance website atau pengelolaan website, dimana perbedaannya hanya pada yang melakukan. Pada WordPress.com dilakukan dengan tangan hosting, sedangkan WordPress.org dilakukan sendiri semaksimal mungkin.

SEO

Pada penggunaan SEO,  berdasarkan WordPress.com bisa melalui orang ketiga tapi tidak dengan WordPress.org. Yaitu, dengan menginstal fiturnya sendiri. Tapi pemanfaatan SEO mungkin lebih mudah dan cepat dengan WordPress.org, karena menggunakan fitur sendiri.

Penggunaan Biaya

Hal terakhir adalah penggunaan biaya, pada WordPress.com biayanya lebih kecil daripada WordPress.org. Karena, wordpres.com hanya sebatas membayar hosting yang bisa dilakukan setiap bulan. Namun, untuk WordPress.org mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena harus membayar biaya hosting dan desain.

Terlihat dengan sangat jelas, perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Sehingga, Anda bisa menilai mana yang lebih bermanfaat menggunakan WordPress.com atau WordPress.org. Perbedaan ini dapat Anda jadikan pertimbangkan pada saat akan membuat dan mengelola website.