Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Yuk Kenali Definisi, Cara Memilih dan Apa Keuntungan Niche Blog

Jasa penulis artikel tercepat – Apakah Anda pernah mendengar istilah niche blog? Dalam artikel ini, topik website dapat dikategorikan dalam 2 kelompok besar. Pertama, website gaya hidup dan niche blog. Namun, sebenarnya apa arti dari istilah tersebut?

Pengertian Umum Niche Blog

Jika secara harfiah istilah ini ditafsirkan sebagai ceruk. Jadi, istilah ini dapat dikatakan sebagai topik yang selalu diskusikan selama menulis konten website Anda.

Menurut James Robinson ada 4 jenis topik website, yaitu: themed niche, whole niche, broad niche, serta micro niche.

Lantas, apakah perbedaan dari keempat jenis topik website tersebut? Sederhananya begini, apabila Anda membahas mengenai kesehatan, itu disebut whole niche. 

Jika topik lebih spesifik lagi, misalkan kesehatan ibu dan anak. Maka, disebut broad niche. Ketika topik dipersempit lagi, misalnya kesehatan ibu dan bayi newborn. Ini tergolong themed niche

Sementara untuk topik kesehatan bayi prematur termasuk micro niche. Semakin sempit topik bahasan pada website, maka semakin banyak pembaca website yang lebih spesifik juga.

Mengapa Anda Sebaiknya Menggunakan Niche Blog?

Topik website sebenarnya akan membatasi subjek tulisan Anda di website, tetapi tidak berarti membatasi kreativitas Anda. Sebaliknya, Anda menjadi semakin ahli tentang banyak subjek. Hal yang pasti akan menguntungkan website Anda.

Untuk pembaca, ya, mereka tidak perlu pergi ke tempat lain. Terutama jika mereka ingin mencari informasi tentang subjek yang Anda diskusikan.  Dengan demikian, ini akan menjadi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak tayangan dengan topik terbatas ini.

Website gaya hidup cenderung menjaring banyak pembaca. Tetapi tanpa spesifikasi khusus, pengunjung yang kembali akan cenderung kurang. Berbeda dengan niche blog yang akan lebih mudah membangun pembaca setia. Untuk diskusi tentang subjek yang sama, pembaca umumnya akan percaya pada tulisan di niche blog daripada penulisan website gaya hidup.

Baca juga: Jangan Sampai Pembaca Bosan! Ini Cara Artikel Review Produk Jadi Keren

Keuntungan Menggunakan Niche Blog

Setelah mengetahui pengertian dan dan manfaatnya, berikut adalah beberapa kelebihan dari niche blog:

Fokus

Niche blog membuat Anda fokus pada penulisan. Anda dapat berjalan di jalur Anda sendiri. Anda lebih memiliki target, sehingga Anda dapat menggali topik yang lebih dalam.

Branding

Dalam hal branding, tidak akan sulit jika menggunakan niche atau niche blog. Tanpa perlu mengganggu, Anda menerima branding website pada satu waktu dengan menentukan niche blog.

Lebih Mudah Dikembangkan

Misalnya, Anda ingin monetisasi website dengan AdSense. Tampaknya ini bukan lagi rahasia, jika Google Adsense lebih suka website dengan campuran niche blog. Anda ingin dilirik penerbit buku? Penerbit akan lebih suka subjek khusus yang hidup.

Lebih Mudah untuk Optimasi

Karena begitu Anda telah memilih topik konten, kata kunci harus segera ditentukan. Apa yang akan Anda lakukan adalah memvariasikan kata kunci dan mengembangkannya di website.

Baca juga: Jangan Sampai Pembaca Bosan! Ini Cara Artikel Review Produk Jadi Keren

Cara Menemukan Niche website yang Cocok

Anda merasa kesulitan menemukan niche blog yang pas? Simak tipsnya berikut iniL

Ikuti Passion Anda

Ya, kenali minat Anda sendiri, lalu sesuaikan dengan subjek website Anda. Jika Anda tidak memiliki sarana untuk bepergian selalu setiap saat, ya jangan memilih untuk menjadi perjalanan ke website.

Pilih topik yang benar-benar dapat Anda kendalikan. Pastikan membuat Anda bahagia ketika Anda melakukannya dan menulisnya.

Tak melulu tentang hobi. Anda juga dapat menulis tentang pekerjaan Anda. Misalnya, Anda setiap hari bekerja sebagai direktur pemasaran. Nah, Anda bisa membuat konten dengan topik pemasaran.

Melihat Statistik Website Anda

Apa Anda tahu bagaimana cara melihat statistik website milik Anda? Ya, caranya melalui Google Analytics. Pada statistik akan tampak artikel mana yang memiliki banyak pengunjung. Dalam statistik juga dapat terlihat, apa minat pembaca website Anda? Apa yang mereka cari di website Anda juga terlihat bagus?

Jadi, itu tadi beberapa pembahasan tentang niche blog. Pernahkah Anda menentukan niche blog untuk konten Anda?