Wp-admin Tidak Bisa Diakses? Ini Cara Mengatasinya
Wp-admin Tidak Bisa Diakses? Ini Cara Mengatasinya

Jasa content writer – Pernahkan Anda mengalami wp-admin tidak bisa diakses? Merasa putus asa karena tidak berhasil saat login WordPress? Artikel ini akan membahas tentang semua yang mungkin terjadi beserta solusinya ketika wp-admin tidak bisa diakses.

Sebelum memulainya, beberapa hal perlu dipastikan dahulu untuk memastikan kelancaran prosesnya. Yaitu dengan memulihkan backup situs, kemudian buat backup website untuk berjaga-jaga, kemudian install klien FTP seperti FileZilla, yang bisa digunakan untuk mengakses web server melalui environment lokal secara manual.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa hal yang dapat memungkinkan terjadinya gagal login atau wp-admin tidak bisa diakses. Dibawah ini adalah beberapa penyebab serta cara mengatasinya:

Kredensial Login Salah

Ini adalah penyebab yang paling umum wp-admin tidak bisa diakses. Kredensial login ini kepekaan terhadap jenis atau besar kecilnya huruf sehingga rawan kesalahan. Biasanya kredensial ini disembunyikan saat kita menuliskannya sehingga tidak terlihat apakah karakter yang diketikkan sudah benar atau salah.

Anda harus memastikan apakah caps lock dan num lock masih aktif di keyboard. Anda juga harus lebih cermat saat mengetikkan angka dan karakter yang digunakan sebagai sandi. Jika masih bermasalah, coba menggunakan aplikasi pengelola kata sandi.

Kata Sandi Tidak Berfungsi dan Pemulihan Gagal

Lupa kata sandi adalah hal yang juga sering menjadi penyebab wp-admin tidak dapat diakses. Atau kemungkinan yang lebih buruk lagi, seseorang membobo website Anda dan mengganti kata sandinya.

Hal ini bisa diatasi dengan mengklik tombol “Lost Your Password?”. Namun jika solusi ini tidak berhasil, Anda dapat mengubah kata sandi melalui control panel hosting.

Baca juga: Amankan Web Dengan Block IP Pakai IP Manager dan htaccess

Kehilangan Hak Istimewa Admin

Saat mencoba login namun wp-admin tidak bisa diakses, dan muncul keterangan bahwa nama pengguna Anda tidak ada. Hal ini dapat disebabkan hak admin Anda dicabut oleh pemilik situs, atau bisa juga hacker telah meretas situs Anda. Jika penyebabnya, Anda harus menambahkan pengguna admin baru ke database WordPress melalui phpMyAdmin.

Terlalu Banyak Percobaan Login

Plugin yang membatasi jumlah percobaan login dapat menyebabkan error. Plugin tersebut efektif mencegah serangan brute-force, namun juga bisa membuat Anda sendiri kesulitan untuk masuk ke dashboard WordPress. Form login akan berfungsi kembali setelah beberapa saat. Jika tidak ingin menunggu, gunakan klien FTP untuk menonaktifkan plugin.

URL WordPress Salah

Ketika wp-admin Anda tidak bisa diakses setelah melakukan perubahan nama domain situs, coba untuk mengecek apakah URL situs sudah sama dengan URL yang tersimpan dalam database MySQL. Jika belum, Anda tinggal memperbarui URL dalam database untuk mengatasinya.

Error Saat Membuat Koneksi Database

Masalah ini mempengaruhi seluruh situs dan menyebabkan error. Ketika koneksi ke database tidak berhasil, semuanya menjadi tidak berfungsi. Error ini disebabkan oleh server buruk dan bisa juga karena corrupted file akibat plugin bermasalah.

Atasi dengan mengecek pengaturan lewat control panel hosting atau mengaktifkan konfigurasi perbaikan bawaan dari WordPress. Jika belum berhasil, coba untuk menonaktifkan semua plugin yang sudah Anda instal sebelum masalah terjadi.

White Screen of Death (WS)

White Screen of Death adalah layar putih kosong saat membuka situs WordPress. Penyebabnya mulai dari plugin yang tidak berfungsi, atau memori website yang penuh dan menyebabkan tidak bisa login. Anda dapat menambah batas memori situs, menonaktifkan semua plugin yang baru diinstal, dan menginstal tema default melalui phpMyAdmin.

Parse Error: Syntax Error

Penyebab hal ini adalah kesalahan kode meski hanya satu huruf saja. Cari tahu sumbernya dengan mengecek perubahan kode apakah salah sintaksis atau penempatan. Perbaiki kode menggunakan klien FTP.

Dengan mengetahui hal ini, tentunya Anda bisa lebih memaksimalkan pengaturan website. Selamat mencoba!