Tips Embed Video YouTube Pada Laman Wordpress Anda
Tips Embed Video YouTube Pada Laman Wordpress Anda

Jasa penulis artikel tercepat – Selain menyisipkan gambar, embed video YouTube juga dapat membuat orang tertarik mengunjungi WordPress Anda. Media ini pun dapat membuat halaman Anda mendapatkan posisi peringkat yang lebih baik di Google. Oleh karena itu, simak beberapa cara untuk menyematkan media dari situs web ke WordPress.

Cara Embed Video YouTube di Post Maupun Halaman

Berikut adalah beberapa cara embed video YouTube yang dapat Anda lakukan:

Metode oEmbed

oEmbed adalah cara yang memungkinkan untuk menyematkan media gambar, gambar bergerak, teks, dan sebagainya dari situs A ke B hanya dengan memasukkan URL sumber.

Metode ini adalah cara termudah untuk menyematkan gambar bergerak di WordPress. Anda tidak perlu memahami pengkodean untuk melakukan ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyematkan video YouTube:

Pertama masuk ke situs media yang akan Anda sematkan. Kedua, temukan media yang ingin Anda sematkan. Ketiga, arahkan pointer mouse Anda ke bilah URL dan salin URL media tersebut. Keempat, pergi ke editor visual WordPress

Terakhir, paste (tempel) URL media yang Anda salin. Selesai! WordPress akan menyematkan media secara otomatis.

Metode Inframe

Metode ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan media pada post atau halaman. Anda dapat melakukan metode inframe dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, klik tombol Bagikan yang terletak di atas tombol berlangganan. Kedua, klik opsi embed. Anda akan menemukan kode untuk inframe serta beberapa kotak opsi. Kotak pertama akan memungkinkan untuk embed video YouTube pada menit-menit tertentu. 

Baca juga: Biar Artikel Nyaman Dibaca, Kenali 8 Software Cek Grammar Inggris Ini

Untuk menyesuaikan waktu, Anda perlu menonton media terlebih dahulu dan jeda di menit yang Anda inginkan. Anda juga dapat menampilkan tombol kontrol dari pemutar dengan memeriksa kotak kedua. 

Ketiga, salin kode inframe. Keempat, masuk ke visual editor pada WordPress dan ganti mode visual menjadi teks. Terakhir, paste kode tersebut.

Menyematkan Media di Sidebar WordPress

Kadang-kadang, Anda lebih suka menambahkan media Anda ke sidebar, alih-alih menambahkannya ke pos. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk pin media ke sidebar WordPress Anda:

  • Pertama, dari dashboard admin, klik Appearance.  Kemudian klik Customize. Pilih Widget. 
  • Kedua, Anda mungkin memiliki beberapa area bilah sisi untuk menambah video. Pilih bilah sisi yang diinginkan, dan klik Tambah tombol widget.
  • Ketiga, ketikkan ‘video’ di kotak pencarian.
  • Keempat, Anda akan menemukan widget video di sebelah kiri. Klik Tambah Video, dan pilih Sisipkan dari URL.
  • Kelima, salin URL media dari situs. Kemudian tempelkan di dalam kotak.
  • Keenam, pratinjau video akan ditampilkan, klik Tambahkan ke Widget untuk mengonfirmasi.
  • Jika Anda ingin menambahkan judul video, judul dapat ditambahkan di sisi kiri widget.
  • Terakhir, klik Simpan & Publikasikan untuk menghubungkan media.

WordPress juga mendukung penyematan otomatis untuk berbagai platform. Anda juga dapat menyematkan media dari Facebook serta Twitter di WordPress

Nah, itu tadi beberapa cara embed video Youtube untuk laman WordPress Anda. Mudah, bukan? Gambar bergerak memang salah satu media untuk memperkaya konten dan memberikan nilai pada situs web Anda. 

Meskipun Anda dapat mengunggah media tersebut secara langsung ke WordPress, menyematkan media tentu saja lebih direkomendasikan. Karena Anda juga telah belajar beberapa cara untuk menyematkan media dari situs web ke WordPress, kini saatnya Anda mencobanya. 

Apakah Anda memiliki pengalaman menyematkan media sebelumnya? Bagikan kisah Anda di kolom komentar.