Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Tips Aman Tambah File Scalable Vector Graphics ke Wordpress

Jasa penulisan artikel – Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika mengunggah file scalable vector graphics ke WordPress? Ini terjadi karena WordPress tidak mendukung format SVG sama sekali. 

Alasan  menggunakan SVG adalah skalabilitas. Karena pada dasarnya gambar dengan format SVG, kualitasnya akan tetap sama walau resolusi layar  setiap perangkat berbeda. 

Oleh sebab itu, file dengan format ini menjadi pilihan untuk web. Pada artikel ini, akan diberikan tips agar gambar dengan format SVG dapat ditambahkan ke WordPress. 

Apa Itu Scalable Vector Graphics?

Scalable vector graphics atau SVG merupakan format gambar vektor berbasis teks XML. Biasanya, gambar yang kita lihat di Internet hadir dalam format seperti JPG serta PNG. 

Kedua format ini terbuat dari sejumlah ‘kotak’ yang disebut piksel. Sementara format SVG tergantung pada markup XML. Tujuannya untuk menggambarkan garis, bentuk, dan lainnya.

Keunggulan penggunaan file SVG adalah format ini didukung banyak platform. Misalnya seperti Chrome, Firefox, Safari, serta Chrome untuk Android.

Baca juga: Kenali 8 Generator Name Domain yang Recommended

Cara Mengunggah Scalable Vector Graphics ke WordPress

Cara terbaik dan teraman untuk mengunggah file SVG ke WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Safe SVG adalah plugin yang akan secara otomatis ‘membersihkan’ file SVG yang akan diunggah. Caranya adalah menghapus kode atau hal-hal lain yang membahayakan keamanan situs. Selain itu, plugin ini akan menampilkan gambar SVG di Library sehingga Anda dapat menambahkannya dengan mudah.

Plugin WordPress ini menyediakan versi premium dengan fitur pembatasan pengguna. Dengan fitur ini, pengguna yang diizinkan dapat mengunggah gambar SVG. 

Fitur ini juga sangat berguna jika ada banyak orang atau admin yang berkontribusi pada situs web Anda. Cukup berikan akses ke pengguna yang Anda percayai. Dalam versi premium ada juga SVGO. Di mana ukuran file dapat dikurangi.

Plugin ini dapat ditemukan di repository WordPress atau melalui Dashboard Admin WordPress. Anda tidak perlu melakukan berbagai pengaturan dan penyesuaian saat menginstal dan mengaktifkan plugin ini. Cukup unggah format gambar SVG dan plugin akan membersihkannya secara otomatis.

Misalnya, Anda mengunggah gambar SVG sebelum menginstal plugin SVG. Hasilnya, WordPress tidak dapat mengunggah karena alasan keamanan.

Namun, setelah menginstal plugin SVG, gambar format SVG dapat diunggah tanpa kesulitan yang signifikan. Alih-alih ikon file (yang ditampilkan jika plugin SVG lain diinstal), dengan safe SVG Anda dapat melihat pratinjau gambar SVG.

Scalable Vector Graphics menawarkan banyak keunggulan untuk dipasangkan di situs WordPress Anda. Namun, karena formatnya berbasis teks, orang dapat menambahkan kode injeksi. 

Hal ini membuat situs web Anda lebih rentan terhadap serangan online yang berbahaya. Ini adalah alasan utama mengapa sampai sekarang WordPress tidak memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar SVG.

Jika Anda ingin mengunggah gambar SVG ke WordPress, Anda harus melakukannya dengan bantuan plugin bernama Safe SVG. Plugin ini adalah plugin WordPress dan akan membersihkan format gambar SVG secara otomatis dari kode berbahaya. Dengan cara ini, gambar SVG yang Anda lampirkan tidak akan membuat situs web Anda mudah diretas.

Meskipun plugin ini menjamin keamanan mengunggah SVG, Anda masih harus berhati-hati dan jangan ceroboh. Jika Anda ingin menunjukkan gambar SVG gratis, selalu periksa sumber daya terlebih dahulu. Apakah sumber tersebut dapat dipercaya atau tidak? Jangan lupa untuk melindungi situs web Anda selalu.