Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Ternyata, Content Delivery Network (CDN) Sangat Penting Untuk Website

Jasa penulis artikel seo murah – Pernahkah Anda mendengar istilah “Content Delivery Network”? Mungkin sebagai pemula, Anda pasti ingin tahu apa itu CDN. CDN adalah sekelompok server yang didistribusikan di berbagai lokasi untuk mendistribusikan konten Web di wilayah geografis yang luas.

Mengenal Content Delivery Network

CDN sering disebut sebagai “jaringan distribusi”. Fungsinya menyediakan beberapa titik kehadiran (PoP) di luar server asli. Karena situs web dapat dengan cepat memproses permintaan pengguna, itu dapat mengelola lalu lintas dengan baik. Pengalaman pengguna juga akan meningkat.

Setiap kali Anda mengunjungi situs web seperti Amazon atau bertukar salam dengan teman di Facebook, Anda langsung menggunakan CDN. Pusat data tersebut memastikan bahwa seluruh penjuru dunia terhubung dengan mendekatkan konten kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkannya. Tanpa terhalang oleh jarak dari setiap pengguna atau server situs utama.

Dengan menerapkan sistem pengiriman dalam skala besar, situs web dapat mengurangi penggunaan bandwidth yang berlebihan dan waktu buka halaman, sehingga mengurangi waktu untuk mengelola permintaan pengguna menjadi beberapa detik.

Bagaimana Cara Kerja Content Delivery Network?

Cyberspace adalah konsep yang sulit dipahami oleh pengguna pemula. Misalnya, lokasi Anda saat ini sedang duduk dan bersantai di sebuah rumah di Jakarta, Indonesia. Kemudian, Anda membawa ponsel cerdas atau laptop Anda ke mesin pencari dan memasukkan permintaan. Atau Anda memasukkan URL di bilah URL. Setelah itu tinggal tekan Enter dan tunggu sebentar.

Server yang jauh dari rumah Anda menerima permintaan Anda. Jutaan informasi didistribusikan antara server awal dan komputer atau perangkat seluler. Sulit untuk mengelola proses ini secara efektif dengan konten statis. Sebagian besar halaman web berisi ratusan elemen, mulai dari teks biasa hingga konten multimedia interaktif.

Baca juga: Apa itu Top Level Domain atau TLD Inilah Ulasannya

Permintaan tersebut dikelola oleh server web yang paling dekat dengan komputer yang mengirimkan permintaan tersebut. Dengan menyimpan data dan menyebarkan permintaan untuk informasi yang sama melalui jaringan alih-alih server, beban lalu lintas lebih seimbang. Dengan cara ini, masalah yang sering muncul dapat diatasi, seperti pemuatan halaman yang lambat, kerusakan browser, dan gangguan layanan.

Kegunaan Content Delivery Network

Terdapat 4 kegunaan CDN, yaitu pertama, mengurangi bandwidth. Salah satu fitur anggaran tinggi dari beberapa penyedia hosting adalah bandwidth. Mengurangi jumlah bandwidth untuk mengelola lalu lintas masuk dengan meningkatkan titik kehadiran akan menghemat biaya langganan hosting Anda.

Umumnya, bandwidth dapat disederhanakan dengan menggunakan alat pengoptimalan (seperti caching) untuk menempatkan data di penyimpanan sementara di komputer atau perangkat seluler untuk memudahkan akses.

Kedua, meningkatkan pertumbuhan. Latensi adalah salah satu kontributor terbesar untuk rasio pentalan tinggi. Latensi mengacu pada peningkatan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan informasi dari pengguna ke sumber dan kembali ke pengguna.

Ketiga, meningkatkan keamanan. Jika Anda memproses transmisi data dari server, jaringan Anda akan rentan terhadap serangan online berbahaya, seperti serangan penolakan layanan (DDoS).

Kerentanan ini disebabkan oleh permintaan koordinasi yang dikirim dari beberapa lokasi dan pengguna pada waktu tertentu; tetapi terkadang bot juga dapat digunakan untuk menyelesaikan permintaan ini secara otomatis. Tujuannya adalah untuk menyebabkan masalah server dengan meningkatkan lalu lintas.

Keempat, meningkatkan distribusi konten. Lalu lintas yang tinggi dan kegagalan perangkat keras adalah kombinasi yang buruk karena situs web sering down. Dengan menyebarkan beban di antara sistem distribusi konten yang berbeda, setidaknya beban infrastruktur dan server akan sedikit lebih ringan.

CDN Dapat Menyelesaikan Beberapa Masalah

Jika Anda ingin mempertahankan tingkat layanan dan mengembangkan citra web, disarankan Anda menggunakan CDN. Perangkat lunak ini dapat diandalkan dan dapat dikembangkan.

Content Delivery Network dapat menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh penundaan dan dapat menyediakan situs web yang lebih cepat, berkinerja terbaik, dan konsisten.