Tahukah Anda Tentang Sidebar Wordpress Ini Jawabannya
Tahukah Anda Tentang Sidebar Wordpress Ini Jawabannya

Jasa content writer online bahasa inggris dan indonesia – Pernahkah Anda mencoba menggunakan sidebar WordPress? Umumnya, definisi kolom samping mengacu pada area penempatan widget. Inilah sebabnya mengapa nama lain terkadang digunakan untuk merujuk ke kolom samping, area siap widget.

Tentang Sidebar WordPress

Salah satu fungsi sidebar WordPress adalah untuk melengkapi konten utama yang ditampilkan di tengah blog. Karenanya, kolom samping sebenarnya tidak perlu dikustomisasi. Namun, jika Anda ingin memberikan informasi tambahan pada halaman tersebut, penyesuaian ini akan sangat membantu.

Ingat juga bahwa definisi kolom samping berlaku untuk semua platform situs web, termasuk blog. Anda bisa menempatkan konten apapun di website Anda, selama ada widget khusus yang mendukungnya. 

Namun nyatanya kolom samping tidak harus berada di satu sisi. kolom samping dapat ditempatkan di dekat footer atau di area widget mana pun di halaman situs web. Anda juga perlu mengingat satu hal: Jangan menjejalkan konten ke kolom samping secara tidak sengaja. Tambahkan konten atau informasi yang menurut Anda akan meningkatkan nilai situs. Jika tidak, pengalaman pengguna situs web mungkin terancam.

5 Fungsi Sidebar WordPress

Sekarang kita tahu apa itu kolom samping, sekarang mari kita bahas tujuannya. Namun sebelumnya, tahukah Anda bagaimana cara membuat kolom samping di blog atau website? Untuk melakukan ini, buka Appearance> Widgets, dan seret dan lepas widget yang Anda inginkan.

Baca juga: Informasi Lengkap Seputar Pengertian dan Fungsi Web Host Manager

Jika Anda ingin membuat lebih banyak area, gunakan plugin “Custom Sidebar”. Plug-in ini memungkinkan Anda untuk mengedit kolom samping tanpa menambahkan pengkodean, dan efeknya juga luar biasa.

Setelah memberikan “lokasi”, apa yang harus Anda tambahkan ke area ini? Ya, Anda dapat menambahkan iklan atau konten lain seperti berikut:

Pertama, bacaan yang direkomendasikan. Setelah membaca artikel, jangan biarkan pengunjung pergi begitu saja. Cobalah untuk menarik perhatian mereka ke postingan populer yang masih berhubungan dengan artikel yang baru saja mereka baca. 

Tidak hanya meningkatkan lalu lintas, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja SEO Anda. Semakin lama pengunjung bertahan di situs web Anda, semakin tinggi peringkat mesin pencari.

Kedua, langganan email. Jika pengunjung menyukai konten Anda, mereka dapat menemukan lebih banyak informasi tentang situs web Anda. Coba tambahkan email langganan di kolom samping. Pengunjung web juga dapat berlangganan agar mendapatkan informasi atau konten terbaru Anda.

Ketiga, fitur media sosial. Konten yang bagus dapat membuat pengunjung tertarik membagikannya. Tambahkan fitur berbagi media sosial di kolom samping sehingga pengunjung dapat membagikan konten Anda. Jika Anda memiliki saluran media sosial, Anda juga dapat menambahkan widget agar pengunjung dapat mengakses media sosial Anda.

Keempat, reputasi situs web. Jangan malu untuk menunjukkan reputasi Anda. Baik itu statistik langganan atau testimonial, Anda dapat menampilkan semuanya. Menampilkan reputasi situs web Anda di kolom samping dapat membangun kepercayaan, terutama bagi pengunjung baru.

Kelima, Sticky Sidebar. Dengan asumsi posting Anda cukup panjang. Saat pengunjung membaca dan melihat-lihat postingan, kolom samping akan tetap di tempatnya. 

Kesimpulan Tentang Sidebar WordPress

Meskipun memiliki fitur yang sangat berguna, sidebar WordPress terkadang kurang dimanfaatkan. Padahal, jika Anda tahu cara menggunakannya dengan benar, kolom samping akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan traffic website Anda.

Nah, setelah memahami kolom samping serta fitur dan saran yang bisa diterapkan, semoga sekarang Anda bisa mengoptimalkan penggunaan kolom samping untuk website atau blog Anda. semoga berhasil!