Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Penjelasan dan Cara Kerja Pingback WordPress

Jasa penulis artikel satuan – Apakah Anda paham apa pengertian Pingback WordPress? Pasti banyak yang masih awam dengan istilah tersebut. Fungsi utama pingback yakni sebagai pemberitahuan akan tag atau mention, namun sedikit lebih kompleks. 

Misalkan Anda pingback sebagai tag atau mention di Facebook dan Instagram. Pingback tersebut akan mengirimkan notifikasi ketika blog post Anda di tag atau mention.

Pengertian Pingback WordPress yakni sebagai tipe komentar khusus yang dibuat ketika blog post Anda bertautan dengan postingan blog lainnya. Anda harus mengaktifkan fitur ini agar dapat menjalankan fungsinya.

Cara Kerja Pingback WordPress

Notifikasi pingback aktif secara otomatis setelah Anda mengaktifkan fitur ini. Cara kerja Pingback WordPress yaitu ketika Anda menulis postingan dan menautkannya ke postingan di website lain. Maka ketika Anda mempublish postingan tersebut, WordPress akan mengirimkan pingback ke website yang tertaut dengan postingan Anda.

Pingback WordPress tersebut akan muncul dibagian bawah komentar dari postingan yang tertaut. Yang penting Anda ketahui yaitu pingback adalah fitur asli atau fitur bawaan dari platform WordPress. 

Sedangkan platform lain seperti Blogger menggunakan istilah trackback. Yang berbeda, trackback tidak bekerja secara otomatis seperti pingback.

Baca juga: Kenali Pengertian DNS Agar Dapat Memaksimalkan Penggunaannya

Jika Anda sebagai user WordPress menulis postingan dan menautkannya ke website Blogger, Anda dapat menemukan URL trackback di sekitar area komentar. Salin URL trackback dan memasukkannya ke visual editor WordPress.  Lalu Anda dapat mempublikasikan artikel dan trigger pingback agar muncul di postingan Blogger.

Secara fisik tampilan trackback berbeda dengan pingback karena memuat kutipan konten. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan URL yang lebih spesifik untuk trackback daripada menggunakan URL dari kolom address bar dari browser.

Konfigurasi Pingback WordPress

Agar dapat mengontrol fitur ini dengan leluasa, Anda harus mengenali beberapa pengaturan yaitu mengaktifkan dan menonaktifkan pingback. Anda dapat membuka Setting > Discussion, kemudian tinggal Anda centang atau hilangkan dari kotak aktivasi.

Anda kemudian mendapat permintaan persetujuan dari WordPress terkait apakah Anda menerima atau tidak pingback yang dikirimkan. Setelah menyetujui pingback tersebut, maka secara otomatis pingback akan aktif. 

Dengan membuka Discussion Settings, kemudian cari Comment Moderation>Moderation queue. Ada istilah self-ping, yaitu ketika menautkan postingan sendiri, Anda akan mendapatkan permintaan persetujuan. 

Sehingga ketika Anda rajin menulis konten dan menautkan link ke postingan sebelumnya, maka permintaan persetujuan dari pingback akan terus muncul. Untuk menonaktifkan pingback, Anda dapat mengubah URL lengkap dengan slug post. 

Dengan demikian, permohonan persetujuan setiap postingan yang ada di blog Anda akan nonaktif. Meskipun kadang visual editor secara otomatis menuliskan kembali URL lengkap, namun menggantinya dengan slug dapat menjadi solusi.

Selain menggunakan cara tersebut, ada juga cara lain yang dapat Anda coba lakukan, yaitu menggunakan plugin seperti Disabler dan Self Pings. Setelah paham cara konfigurasinya, lalu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan penggunaan fitur pingback WordPress ini?

Pingback menjadi tool yang powerful untuk website yang sedang berkembang. Para pembaca postingan yang tertaut dengan blog Anda akan mengklik pingback dan membuat jumlah trafik website semakin bertambah. Komentar otomatis yang muncul juga dapat meningkatkan engagement Anda pada lingkup blogger.

Yang menjadi kekurangan dari pingback yaitu dapat menjadikan website Anda riskan terhadap spam dan serangan berbahaya lainnya. Namun Anda dapat menghindarinya dengan menginstall plugin keamanan seperti Disable XML-RPC dan Cloudflare. Terlepas dari aktif atau tidaknya pingback, selalu utamakan keamanan website Anda.