Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pengertian WAMP dan Panduan Menggunakan Bagi Pemula

Jasa penulis artikel satuan – Dalam sebuah website dikenal adanya istilah WAMP, apakah Anda mengetahui pengertian istilah tersebut. WAMP merupakan akronim dari Windows, MySQL, dan PHP. Bisa juga disebut sebagai kumpulan dari software-software. 

Namun, sebelum Anda menginstall WAMP Anda juga harus memasang apache, MySQL dan PHP tadi dalam satu paket pada sistem operasi. Jika Anda seorang pemula dalam bidang website, server dan sejenisnya, maka Anda bisa menjadikan pembahasan ini sebagai panduan dalam mengelola sebuah website. 

Pengertian Detail WAMP

Sebelum terdapat WAMP, sudah terdapat istilah LAMP. Dimana perbedaannya adalah terdapat pada sistemnya, WAMP terdapat pada sistem windows dan LAMP pada Linux serta MAMP dengan sistem Macnya. 

Lebih detail lagi, WAMP bisa dibedah dari singkatan masing-masing huruf. Masing-masing huruf tersebut memiliki pengertian dari WAMP lebih jelas lagi. 

Dimulai dari W, yaitu merupakan singkatan dari windows adalah sistem dari perangkat ini. seperti yang sudah dijelaskan, bahwa windows lah wadah dari istilah ini. 

Huruf kedua adalah A, dari kata apache yang artinya sebuah software server. Fungsi dari apache adalah sebagai bagian dari server yang bertanggung jawab terhadap tampilan halaman website.

Berikutnya adalah M, yaitu MySQL yang merupakan sistem manajemen database sebuah server sebagai tempat penyimpanan semua informasi seperti contohnya konten website, profil dari user dan banyak lagi informasi penting lainnya. Terakhir adalah P dari kata PHP, yang artinya sebuah bahasa pemrograman untuk menulis pada wordpress. Fungsinya adalah merekatkan semua jenis software yang eksis, hubungan dengan software lainnya yaitu berjalan dengan PHP dan saling melakukan komunikasi dengan MySQL.

Jika Anda pernah memasang wordpress di akun hosting, hal tersebut tidak diperlukan dengan adanya WAMP. Karena, Anda bisa melakukan penginstalan di komputer pribadi yang disebut localhost.

Baca juga: Memahami Pengertian, Cara Kerja, dan Contoh Query Database

Fungsi Dari WAMP

WAMP sebagai server virtual yang dioperasikan pada komputer, memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan oleh user. Namun, WAMP juga memiliki banyak fungsi yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Jika Anda ingin lebih jelas mengetahui apa dan bagaimana saja fungsi dari WAMP tersebut, antara lain seperti:

Mempercepat dan Mempermudah Pekerjaan

Dalam menggunakan WAMP, bagi seorang developer web ataupun desainer tema dapat diuntungkan. Karena, sistem ini dapat mempermudah dan mempercepat dalam melakukan pekerjaannya. Bahkan, WAMP bisa digunakan untuk mengeksplorasi situs atau website tersebut.

Mengetes Fitur WordPress

Untuk penggunaan wordpress, fungsi dari WAMP sendiri adalah untuk mengetes fitur-fitur yang terdapat pada wordpress tanpa masalah atau resiko yang Anda bisa temui. Karena, penggunaannya hanya ada pada komputer pribadi Anda. Tanpa akses internet pun bisa dilakukan.

Proses Backup Lebih Mudah

Saat Anda memanfaatkan atau mengandalkan WAMP, maka proses backup yang Anda lakukan juga lebih mudah ketika Anda mengupload file ke situs tanpa harus lama menunggu.

Menghemat Waktu Dalam Memantau Perkembangan Website

Tidak hanya proses backup, melainkan dalam mengawasi perkembangan sebuah website Anda tidak perlu banyak membuang waktu. Karena, dengan melakukan upload terlebih dulu pada sebuah situs akan menjadi tidak hemat waktu. Dengan mengandalkan WAMP, pastinya hal tersebut tidak terjadi.

Beberapa fungsi tersebut yang memang akan didapat dari penggunaan WAMP secara tepat, maka Anda akan menjadi lebih praktis dalam mengelola sebuah website. Yang lebih penting lagi, pemanfaatan WAMP ini dapat dilakukan secara gratis tanpa biaya apapun.