Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pengertian dan Tutorial Lengkap Tentang Wp-config (dot) php

Jasa penulis artikel seo murah – File wp-config.php merupakan bagian sangat penting dari situs WordPress beserta keamanannya. Dibutuhkan  pengetahuan dan keterampilan teknis diperlukan untuk mengelola file ini karena prosesnya cukup berisiko. 

Melalui artikel ini, Anda akan belajar cara mengkonfigurasi WordPress tanpa masalah. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonfigurasinya.

Apa Itu File WP-config.php?

Sebelum mengkonfigurasinya, Anda harus terlebih dahulu tahu pengertian file ini. File ini menyimpan konfigurasi basis data di situs web Anda. Informasi yang disimpan adalah host nama, nama pengguna, kata sandi dan basis data.

Sebenarnya, file ini tidak langsung disertakan dalam WordPress, tetapi dibuat selama instalasi. File ini dibuat khusus untuk Anda. Terletak di direktori root situs web Anda. Contohnya disimpan di /public_html.

Untuk mengubah file ini, Anda memerlukan FTP (misalnya FileZilla). Jika Anda menggunakan hoster, Anda dapat menggunakan Hostinger manajer file. Setelah Anda menemukan file tersebut, unduh dan simpan ke hard drive Anda.

Pengaturan MySQL untuk WP-config.php

Konfigurasi basis data Anda ditulis di bagian Pengaturan MySQL di WP-config.php. File ini memuat nama host MySQL, nama database, nama pengguna, dan kata sandi. Saat memindahkan situs ke penyedia hosting web lain, Anda mungkin perlu memperbarui salah satu informasi ini dan mengubah detail MySQL Anda.

Cara lain untuk melihat informasi ini adalah mencarinya di panel kontrol hosting web. Masuk ke akun hosting web Anda, klik Database, lalu pilih Database MySQL.

Kunci Keamanan

File ini adalah file penting karena Anda dapat membuat kunci keamanan serta salt di dalamnya. Keduanya akan melindungi situs web Anda dengan cara yang lebih canggih. Caranya dengan mengenkripsi informasi pengguna.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan kata sandi yang kuat. Anda dapat membuatnya menggunakan generator kata sandi WordPress. Setelah mendapatkan kata sandi, tempel satu per satu dalam tanda apostrof. Tujuannya untuk mengganti kalimat ‘letakkan frasa unik di sini’.

Implementasi ini akan memiliki dampak yang cukup besar. Semua pengguna akan logout dan cookie yang valid akan menjadi tidak valid. Dengan begitu, peretas yang mencoba mencuri informasi tidak akan dapat memasuki situs Anda.

Baca juga: Inspiratif! Inilah 6 WordPress Theme Detector Terbaik yang Recommended

Database Table Prefix

Sebenarnya, WordPress telah menyiapkan tabel awalan di file ini. Anda dapat memperketat perlindungan situs web dengan memodifikasinya.

Untuk keamanan yang lebih baik, Anda harus mengubah prefix saat proses instalasi. Jika mengganti prefix yang ada, proses injeksi SQL akan menjadi lebih sulit.

Ganti prefix WP menggunakan pengaturan karakter acak. Namun, ingat bahwa Anda hanya dapat menggunakan karakter huruf, angka, serta garis bawah. Gunakan kombinasi yang rumit untuk mengganti prefix WP. Tidak ada gunanya Anda mengubah prefix tabel database jika mudah ditebak.

Mode Debugging

Mode debugging secara default tidak diaktifkan. Anda dapat mengaktifkannya jika Anda ingin mempelajari perkembangan WordPress.

Mode ini dimaksudkan untuk memberi tahu pengembang setelah kode dilakukan sehingga mereka dapat mencari bug di situs web. Namun, apabila Anda mempertimbangkan fungsi mode ini,  ternyata mode ini cukup berguna untuk pengguna biasa.

Cari dan Edit Lokasi File

Mengubah lokasi file ini bisa sangat berisiko. Oleh sebab itu, Anda harus membuat cadangan terlebih dahulu. Meski begitu, Anda mungkin perlu memindahkan file ini ke lokasi lain untuk menghindari serangan hacker.

Nah, untuk mengubah lokasi file ini, gunakan aplikasi FTP pilihan Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama, cari file ini di direktori root situs web.
  • Kedua, pindahkan file dengan cara drag-and-drop ke direktori lain yang Anda inginkan. Semakin acak tujuannya akhirnya, semakin baik.
  • Ketiga, setelah melakukan proses tersebut, situs web Anda akan tidak dapat diakses. Ini terjadi karena situs web tidak mengenali lokasi file terbaru. Agar situs web mengenali lokasi aktual file, Anda harus membuat file yang lain di editor teks di PC Anda.
  • Keempat, jangan lupa untuk mengganti direktori di atas dengan lokasi WP-config.php baru Anda.
  • Kelima, unggah file baru ke direktori root Anda, yaitu file wp-config.php asli. Jika file cadangan masih ada, timpang dengan yang baru. Selesai! Konfigurasi WordPress sekarang berada di tempat yang lebih aman.

Nah, kini Anda telah mengetahui bahwa file WP-config.php mempunyai peran yang sangat penting bagi situs WordPress. File ini berisi informasi sensitif yang harus Anda amankan dari kejahatan cyber.