Pengertian Black Friday dan Strateginya Dalam E-Commerce
Pengertian Black Friday dan Strateginya Dalam E-Commerce

Jasa content writer – Ketika Anda sedang asik menjelajahi situs e-commerce, Anda sudah pasti mendengar istilah Black Friday. Namun, apakah Anda sudah tahu tentang apa itu Black Friday? Mari simak lebih jelas tentang istilah tersebut. 

Sejarah Black Friday

Menurut sejarah istilah itu sebenarnya hanya ada di Amerika Serikat. Namun, sekarang ini event ini mulai di adakan di dunia, dan itu termasuk Indonesia. Menurut sejarah, arti dari Black Friday yaitu Jumat Hitam. 

Itu adalah hari dimana event ini dimulai jatuh setelah hari Thanksgiving dan diadakan ketika dimulainya musim liburan Natal. Menurut sejarahnya sendiri, kejadian ini bermula ketika malam natal tiba dan terjadi kemacetan lalu lintas di sana karena banyak orang yang sedang berbelanja. 

Pada akhirnya para petugas disana harus bekerja lembur. Nah ketika hari jumat tiba tepat ketika mereka masih bekerja hingga akhir pekan, mereka menyebut hari jumat itu sebagai Black Friday untuk merayakan kesedihan mereka yang masih harus bekerja lembur sampai akhir pekan.

Persiapan Menjelang Event Black Friday

Setelah Anda mengetahui perihal pengertian dan sejarahnya, Anda mungkin akan tertarik terlibat dalam event ini. Nah ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan event tersebut beserta cara cara agar mendapatkan keuntungan dari event diskon Black Friday yang diadakan oleh e-commerce kesayangan Anda.

  1. Mempersiapkan daftar apa yang ingin dibeli
  2. Menentukan strategi untuk diskon pada toko
  3. Mempersiapkan diri untuk traffic yang padat
  4. Memaksimalkan penggunaan website toko untuk menunjang penjualan
  5. Mempermudah proses checkout barang

Setelah semua persiapan itu dilakukan, Anda diharapkan bisa menghadapi keramaian Event Black Friday ini dengan tenang.

 Cara Meningkatkan Profit Toko Ketika Black Friday Event

Untuk Anda seorang pebisnis, event Black Friday merupakan event yang harus dipergunakan dengan sangat baik agar manfaatnya tidak dilewatkan begitu saja. Beberapa langkah yang Anda butuhkan agar terhindar dari kerugian saat event, adalah sebagai berikut. Pertama yaitu membuat mailing list serta segmen untuk toko Anda sehingga dapat membantu menginformasikan tentang promo yang sedang dilakukan. 

Baca juga: Kupas Tuntas Pengertian cPanel dan Panduan Mengaplikasikannya

Yang kedua yaitu selalu aktif di sosial media. Dengan aktif di sosial media Anda secara langsung mempromosikan tentang program atau brand milik Anda. Membangun sebuah komunikasi untuk pelanggan sangat direkomendasikan

Berikutnya adalah membuat strategi dan mengatur jadwal untuk marketing. Pastikan untuk Anda melakukan hal hal yang sesuai dengan list di atas, dengan begitu Anda bisa tidak hanya meningkatkan kinerja toko maupun meningkatkan penghasilan. Anda juga dapat memiliki pelanggan pelanggan baru yang akan dengan setia membeli barang barang toko Anda.

Strategi Marketing Meningkatkan Penjualan Saat Black Friday

Ada beberapa cara agar penjualan Anda dapat meningkat saat event berlangsung, yaitu sebagai berikut:

  1. Memulai dengan meningkatkan kinerja email marketing saat Black Friday
  2. Menggunakan sosial media sebagai sarana marketing
  3. Timbulkan rasa ingin membeli dari pelanggan
  4. Meningkatkan keinginan pembeli untuk menambah daftar belanjaan
  5. Mengupdate desain toko Anda ketika Black Friday berlangsung
  6. Buat agar pelanggan tidak meninggalkan daftar belanjaan di keranjang tanpa checkout

Setelah Anda mengetahui pengertian dari Black Friday, diharapkan untuk Anda mampu untuk mengoptimalkan kesempatan ini lebih baik lagi. Dengan begitu tidak hanya Anda mengerti apa itu Black Friday, namun juga memahami ide serta strategi ketika berjualan. Kesimpulannya, istilah ini tidak selalu merujuk pada hal negatif, tetapi bisa digunakan sebagai momen mendulang omzet yang lebih besar.