Contact Us:

670 Lafayette Ave, Brooklyn,
NY 11216

+1 800 966 4564
+1 800 9667 4558

Pebisnis Wajib Tahu! Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Jasa penulis artikel jogja – Salah satu bisnis online yang terkenal di internet adalah affiliate marketing. Seseorang yang baru belajar internet marketing, seringkali belajar tentang hal ini. Karena proses kegiatan ini lebih mudah daripada membuat serta menjual produk milik sendiri.

Istilah ini sebenarnya merupakan model bisnis yang dari dulu sudah ada. Namun, namanya saja yang sekarang tampak canggih. Padahal sejak dahulu aktivitas bisnis seperti ini telah ada. Dikenal dengan istilah bisnis perantara atau makelar.

Bedanya hanya affiliate marketing bekerja di dunia internet atau via online. Oleh sebab itu, bisnis ini bisa saja disebut makelar online.

Contoh Kasus Makelar Offline

Contoh makelar di dunia nyata yang paling sederhana untuk dijelaskan adalah bisnis jasa pernikahan. Misalnya, salon A merupakan penyedia gaun pengantin sekaligus make up bagi calon pengantin. Si Tini cocok dengan desain gaun pengantin salon A dan memutuskan untuk mengambil paket yang disediakan salon A. Berupa gaun pengantin dan rias pengantin.

Jika pemilik salon A adalah orang yang pintar dalam berbisnis, dia akan menawarkan ke si Tini untuk mengambil sekalian dekorasi panggung pengantin. Pastinya dengan harga yang menurut pemilik salon A adalah murah dan bagus. Tentunya proses booking harus lewat pemilik salon A. Tujuannya agar mendapat biaya lebih murah. Ingat, kata kuncinya ‘lewat‘.

Si Tini setuju untuk memesan dekorasi panggung pengantin lewat pemilik salon A. Belum selesai sampai disini, si pemilik salon A menanyakan kembali ke si Tini, apakah ia sudah memesan mobil pengantin. 

Tentu saja biasanya belum. Karena masih 3 bulan lagi menjelang hari pernikahannya. Akhirnya si Tini selain membeli baju pengantin dan paket rias di salon A, ia memutuskan memesan mobil pengantin serta dekorasi panggung. Pemesanan dilakukan lewat si pemilik salon A.

Si pemilik salon A akan mendapatkan komisi dari owner jasa dekorasi panggung dan owner jasa sewa mobil pengantin. Ini adalah bentuk relasi yang win-win atau sama-sama menang.

Si Tini jadi perlu repot harus mencari jasa dekorasi panggung serta sewa mobil pengantin. Ditambah lagi, ia juga bisa mendapatkannya dengan biaya lebih murah. Si pemilik salon A memperoleh komisi. 

Si penyedia jasa dekorasi panggung dan jasa penyewaan mobil pengantin pun senang. Karena memperoleh order dari pelanggan tanpa harus mencari lagi. Walaupun mereka harus membayar sedikit komisi. Nah, itulah cara kerja makelar offline.

Baca juga: Yuk Kenali Definisi, Cara Memilih dan Apa Keuntungan Niche Blog

Cara Kerja Affiliate Marketing atau Makelar Online

Nah sekarang bagaimana cara kerja affiliate marketing? Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang makelar online. Tugasnya adalah mengirimkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant maupun toko. 

Saat pengunjung melakukan pembelian atau transaksi di website merchant, merchant akan tahu bahwa pengunjung tersebut asalnya dari Anda. Oleh karena itu Anda akan mendapatkan komisi oleh pihak merchant tersebut.

Bagaimana merchant dapat mengetahui visitor tersebut datang dari Anda? Saat seorang visitor datang ke website makelar Anda lalu mengklik link yang membawanya ke website merchant, sebenarnya ada proses yang terjadi. Proses tersebut terjadi di latar belakang.

Sebuah cookie, istilah teknis, yang sebenarnya merupakan file kecil yang ditempatkan di gawai pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie berguna untuk memberitahu merchant bahwa visitor tadi berasal dari makelar yang mana. Tujuannya agar menghindari si merchant salah memberikan komisi ke makelar lain.

Ternyata, Jadi Makelar Online Tidak Selalu Mudah

Sebenarnya sesederhana itulah makelar online. Namun, apakah mudah? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerja keras untuk berhasil di makelar online. Hal ini sama seperti bisnis apapun.

Di luar negeri, hampir semua merchant atau toko yang menjual produk dan jasa memiliki program makelar. Dari nama besar seperti: eBay, Walmart, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang mungkin belum pernah Anda dengar namanya.

Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program makelar online. Sehingga sebagai seorang makelar online, Anda tidak akan pernah kekurangan produk atau jasa yang akan Anda promosikan.

Justru Anda seringkali akan dibingungkan harus mempromosikan produk, jasa, atau penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, oleh sebab itu Anda harus selektif memilih merchant atau program makelar yang mana yang mau Anda promosikan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba bisnis affiliate marketing?